Cara Mengatasi Wifi Android Rusak Tidak Bisa Menyala

Tips Smartphone - Apakah Sinyal Wifi di HP androidmu bermasalah? Bagaimana Cara Mengatasi Wifi yang Error di Android? Sebagian teman-teman pengguna smarthone Android ada yang mengeluhkan tentang bagaimana cara menyeting Wi-Fi di android. Ada juga yang mengalami masalah Wifi yang sering error atau tidak muncul. Ada juga yang setelah dimatikan lalu saat HP Android dinyalakan lagi muncul tulisan 'Error' pada jaringan Wifi-nya. Banyak penyebab yang bisa menyebabkan masalah ini terjadi. Masalah semacam ini dialami oleh pengguna lain dengan perangkat yang berbeda saat menggunakan OS Android versi ersi lain atau istilahnya diupgrade menjadi versi android terbaru kemudian malah Wi-Finya tidak berfungsi atau tidak bisa diaktifkan.

Wi-fi android tidak bisa aktif biasanya sebenarnya ada banyak faktor yang melatarbelakangi munculnya kasus ini. Bisa dari software atau hardwarenya, tetapi jika tidak ada masalah sebelumnya secara fisik misalnya terjatuh atau terkena benturan benda keras, kemungkinan besar hanya software. Jadi tidak perlu khawatir, asal bukan hardware dari perangkat WiFi nya yang rusak, masih bisa diperbaiki.

Untuk memperbaiki Wifi rusak atau mati memang kita harus emngetahui tanda-tanda sebelumnya. hal ini akan membantu menganalisa kerusakan yang terjadi atau mengenal faktor penyebab yang mengakibatkan masalah ini muncul sehingga ketika kita memperbaiki tidak salah dalam menganalisa masalah. Lalu bagaimana cara memperbaiki WiFi Hp Android? Kita perlu mengenai kasus atau masalah yang menimpa android anda.

Tanda-tanda WiFi Error

Selain dari jendela kesalahan yang akan muncul, berikut ini adalah tanda-tanda dan gejala yang Anda alami sebelum terjadi masalah Error WiFi Authentication.
  • WiFi menolak untuk menghubungkan tanpa alasan yang jelas.
  • Selalu gagal terhubung.
  • Koneksi secara acak tetes.
  • WiFi menghubungkan tetapi segera memutus setelah memperoleh alamat IP. 
  • Loading atau menghubungkan dalam jangka waktu yang lama
Jika Wi-Fi tidak muncul anda juga tidak perlu panik dahulu. Untuk mengatasi Wifi Android tidak muncul sebenarnya mudah. Satu hal yang perlu dilakukan sebelum menyeting ke yang lebih spesifik. Silakan coba cek pengaturan. Jika pengaturan semua sudah benar dan sesuai, maka baru melangkah ke tahap perbaikan selanjutnya.

Cara memperbaiki error wifi HP android kebanyakan dikeluhkan oleh pengguna Android HP Samsung. Nah salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan mematikan Wifi, setelah itu hidupkan kembali (Off-On Wifi). Bila masih belum berhasil, bisa dengan matikan ponsel, lepas baterai dan biarkan baterai keluar selama sekitar 30 detik, lalu pasang lagi kemudian nyalakan lagi.

Jika langkah ini belum menyelesaikan, berikut beberapa cara mengatasi WiFi yang Error :

Cara Memperbaiki Settingan Wifi Mati di Android


Berikut beberapa cara mengatasi Wifi yang Error :

Cara Memperbaiki Settingan Wifi Error di Android

  1. Buka aplikasi untuk menelpon
  2. Tekan *#*#526#*#* dan tekan tombol Call
  3. Setelah itu akan muncul proses Unload dan loading kembali setingan WLAN pada HP tersebut
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
  5. Setelah itu restart Ponsel 
  6. Setelah ponsel menyala, cobalah untuk nyalakan Wifi-nya

Cara diatas jika dilakukan sekali belum berhasil, lakukan beberapa kali karena kadang bila hanya sekali akan muncul Unsuccessfull. Jika sudah melakukan 3 kali belum berhasil lanjut ke langkah selanjutnya.

Cara memperbaiki wifi android yg tidak bisa nyala


Lakukan langkah dengan begini :

1. Tekan *#*#526#*#* lagi dan klik tombol pilihan pada ponsel (biasanya tombol yang kiri)
2. Pilih uji Rx.
3. Selanjutnya pilih Saluran 9
4. Klik Start dan kemudian keluar.

Namun jika sudah berkali-kali masih tetap Wifi belum mau menyala atau error, kemungkinan besar dari Hardware pada Wifinya, berarti harus ganti komponen penangkap sinyal Wifi-nya. Ada baiknya diganti atau dibawa ke bagian service. Untuk biaya penggantian bervariasi tergantung tipe dan merk ponsel atau tablet anda.Disarankan untuk membawa ke tukang sevice yang anda percaya atau lebih jelasnya ke Service center resmi jika masih garansi. Biasanya hanya terkena biaya pembelian part saja, tanpa biaya jasa. Tetapi biasanya dilakukan dari segi software dahulu, misalnya reporgram, dll. Jika sudah tidak bergaransi biasanya akan terkena biaya layanan jasa, selain juga terkena biaya pembelian pemasangan dan penggantian part.

Apakah reset factory akan menjamin? Jika permasalahannya pada software ada kemungkinan wifi akan kembali aktif dan normal, namun jika secara fisik atau hardware, tetap ujung-ujungnya harus datang ke tempat service center untuk dilakukan penggantian pada unit wifi di dalam smartphonemu.

Jika masalah anda pada bluetooth yang error, anda bisa membaca pada Cara Mengatasi Bluetooth android mati.

Demikian cara mengatasi masalah Wifi di Android yang tidak mau muncul atau error, atau Wifi tidak mau konek (connect) meskipun di area atau jaringan Wifi. Semoga langkah diatas berhasil dan dapat menyelesaikan masalah pada wifi di hp atau tablet anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Wifi Android Rusak Tidak Bisa Menyala"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah