Cara Mengatasi Android Mati Kehujanan

Tips Smartphone - Bagaimana langkah mengatasi HP yang kena air? Meskipun saat ini sudah banyak hp anti air, tetapi tidak semua benar-benar tahan air. Karena beberapa HP android yang tahan iar hanya tahan terhadap air hujan dan cipratan air saja, tetapi jika masuk ke dalam air bahkan hingga kedalaman beberapa meter tentu tidak semua ponsel memiliki kekuatan yang sama. Lalu bagaimna jika ponselmu mati total karena terendam air?

HP yang terendam air atau Kehujanan biasanya akan mengalami mati total dan tidak bisa dinyalakan, tetapi ada beberapa hp atau smartphone yang masih bisa diselamatkan meskipun sudah 'nyemplung ke air'. Untuk memperbaiki hp terendam air memang akan sangat bergantung pada sepsifikasi hp anda dan ketahanan dari ponsel tersebut. Ada baiknya buku petunjuk panduan dan daftar spesifikasi perlu dibaca agar kita mengetahui kemampuan dan spesifikasi ponsel yang kita miliki.

Meski beberapa smartphone dikatakan tahan air, namun yang dimaksud tahan air biasanya hanya terkadang jika terkena air hujan atau terkena air dalam intensitas yang rendah. Bagaimana jika hp yang jatuh ke kloma renang misalnya? apakah masih mampu? Apakah ponsel anda mendukung tahan air dengan kedalaman tertentu? nah pastinya kemampuan masing-masing berbeda sesuai dengan sepsifikasi yang tertulis dari pabrikannya. Terlebih bila smartphone yang ktia miliki masuk dalam kategori kelas menengah ke bawah tentunya spesifikasi yang ktia dapatkan minim sekali. Ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara mengatasi hp yang masuk ke air agar jika terjadi hal itu kita bisa melakukan pertolongan pertama dengan benar dan lebih cepat.

Untuk mengecek hp mati terkena air perlu hati-hati dalam melakukan pengecekan agar tidak menambah masalah, seperti hubungan arus pendek, dll. Hal yang pertama dilakukan seharusnya adalah segera melepas baterai dari ponsel dan buka semua casing agar air tidak masuk ke area yang lebih dalam yang dapat membuat konsleting pada jalur electrical atau dapat menimbulkan kerak nantinya. Untuk itu perlu melakukan step dan langkah-langkah berikut untuk mengatasi hp mati karena air. Jika kita dapat melakukan sendiri, tidak harus datang ke tukang service yang akan memakan biaya yang tidak kecil. Selain itu juga bisa kita lakukan sesegera mungkin usai terkena air sehingga kita dapat mencegah air masuk.

Cara Memperbaiki HP Mati Kehujanan

Cara Memperbaiki HP kena Air



Berikut langkah-langkah perbaikan dalam menangani Cara memperbaiki HP kena air :

Servis HP yang Kehujanan

1. Seperti yang dikatakan sebelumnya, hal pertama adalah melepas baterai sesegera mungkin. Memutuskan  aliran sumber daya adalah salah satu langkah penting untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan yang akan terjadi pada ponsel.

2. Lepas juga kartu SIM agar kartu SIM tetap bisa digunakan. Jika Kartu SIM error bisa anda menggunakan langkah atasi Kartu SIM rusak pada cara mengatasi Kartu SIM error

3. Kemudian buka casing dan bongkar ponsel kamu. Gunakan obeng kecil untuk membukanya. Buka semua komponennya, tetapi ingat-ingat agar tidak lupa waktu merangkainya kembali. Buka mulai dari PCB nya sampai socket-coket semuanya dilepas.

4. Setelah itu keringkan. Bisa menggunakan kompresor, atau hair dryer. Jika tidak ada bisa dengan dijemur dan terkena matahari langsung.

5. Setelah itu lakukan blower dengan memberikan cairan IPA sebelumnya. Jika tidak ada IPA bisa menggunakan butiran silika untuk menyerap air yang tersisa pada sela-sela di dalam komponen.

6. Setelah benar-benar kering, gunakan power supply untuk mengecek tegangan. Jika tegangan masih diatas 50mA, berati masih ada kemungkinan hidup, artinya biasanya cukup dilakukan flash ulang akan kembali normal.

7. Jika masih tidak menunjukkan 50mA maka kemungkinan besar perlu ganti salah satu komponen hardware. Penggantian komponen biasanya menghabiskan biaya berbeda untuk masing-masing tipe dan merk ponsel. Disarankan untuk dibawa ke tukang service terdekat dan terpercaya jika anda tidak memiliki pengalaman melakukan penyolderan atau penggantian komponen.

Cara diatas hanya untuk menentukan kerusakan agar lebih mudah dalam mengetahui letak dan jenis kerusakan yang di alami ponsel anda sehingga kita mengetahui apakah perlu dilakukan penggantian part atau tidak. Karena jika bisa kita lakukan sendiri dahulu, kita tidak harus ke tukang service yang memakan biaya besar dan tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika anda pernah mengalami hp yang tiba-tiba mati total karena kebahisa baterai, mungkin anda bisa membaca Cara Memperbaiki hp yang mati total setelah kehabisan baterai

Demikian Cara Mengatasi HP Mati Terendam Air atau hp yang kemasukan air. Metode perbaikan yang benar dapat membantu mengurangi kerusakan pada komponen lainnya. Pastikan selalu merawat smartphone anda dengan benar. Meskipun memiliki fitur tahan air, namun tingkat ketahanannya tentu akan berubah seiring penggunaan yang cukup lama. Selain itu juga tentunya casing tau penutup yang mungkin sudah retak atau terkena benturan juga akan mempengaruhi tingkat kekuatan dalam fitur tahan air tersebut. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Android Mati Kehujanan"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah