Cara Memperbaiki Tombol Power dan Volume pada HP Android

Tips Smartphone - Bagaimana Cara Memperbaiki Tombol Power dan Volume pada HP Android? angat menyebalkan tentunya jika ponsel  android kita tiba-tiba tombol powernya atau tombol volume yang berada di samping pad aponsel tiba-tiba rusak atau tdiak bisa dioperasikan. Apa yang mempengaruhi hal itu? Banyak hal yang mempengaruhi terjadinya tombol power rusak, diantaranya mungkin akibat hp terendam air, atau terlalu sering restart dengan tombol dan penggunaan tombol volume yang berlebihan. Bisa juga diakibatkan oleh penggunaan yang tidak benar seperti sering dimasukkan dalam saku celana yang sempit.

Tombol Power dan Volume Rusak pada HP Android memang sangat mengganggu dalam penggunaan. Apalagi untuk membuka dan mengunci layar hp yang terkunci tentunya harus menggunakan tombol power untuk menyalakan lampu layar. Memang pada kebanyakan ponsel saat ini yang menggunakan desain layar sentuh, tombol power dan tombol volume up down berada di samping, lebih tepatnya di samping kanan. Hal ini menyebabkan mudahnya tertekan saat kita memasukkan ponsel ke dalam saku apalagi saku yang berbahan keras sehingga terkena tekanan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Selain itu, desain saat ini membuat tombol atau casing untuk volume dan power yang menyatu dengan casing membuatnya mudah lepas sehingga biasanya lebih mudah terkena kotoran masuk. Hal ini menyebabkan mudahnya kemasukan debu dan kotoran yang nantinya mengerak dan membuat ytombol tidak berfungsi. Lalu bagaimana cara mengatasi Tombol power tidak berfungsi atau rusak? Nah kali ini kita akan membahas mengenai masalah ini dan cara memperbaikinya.

  Memperbaiki Tombol Power dan Volume HP Android

memperbaiki tombol power hp

Ada beberapa alat yang harus dipersiapkan, diantaranya:
  1. Obeng HP
  2. Lem
  3. Pinset
  4. Cutter

Untuk mengatasi tombol power dan volume rusak pada hp android atau smartphone layar sentuh, berikut langkah-langkah yang bsia dilakukan :

1. Langkah pertama, buka casing. Di beberapa ponsel, dengan membuka casing sudah terbuka juga tombol power dalamnya atau plat metal pada tombol. Namun jika belum atau ponsel yang tombolnya masih menempel dengan plat, maka harus membuka baut casing juga.

2. Selanjutnya, buka plat konduktor atau pelapis plat untuk tombol yang rusak baik tombol power atau tombol volume yang ada di sisi ponsel. Buka dengan menggunakan cutter atau obeng tipis agar dapat terlihat lempengan seng bundar sebagai konektor switch tombol power atau volume. Bukalah dengan hati-hati agar tidak merusakplat tersebut karena bahannya tipis dan sifatnya mudah berubah. PAstikan tetap menggelembung seperti itu agar bisa berfungsi sebagai tombol.

3. Nah setelah itu periksa lempengan plat metal tersebut, karena yang menyebabkan tombol rusak biasanya beberapa hal diantaranya :
     - Kotoran atau kerak yang menempel sehingga menghalangi konektivitas
     - Karat atau korosi yang menyebabkan tombol tidak terkoneksi dengan baik
     - Lempengan plat tidak pada posisi
     - Ada sambungan yang putus

4. Setelah diperiksa dan menemukan penyebabnya, anda bisa langsung memperbaikinya. Bila terdapat kerak atau kotoran, cukup bersihkan dengan contact cleaner atau semprotan debu
5. Jika terdapat karat atau korosi, gosok dengan ujung cutter secara perlahan agar karat menipis
6. Jika tidak tepat pada poisis, dan masih bsia digunakan lagi, tempatkan kembali. Namun jika sudah tidak bsia digunkana lagi atau rusak, ganti dengan yang baru.
7. Jika semuanya baik namun masih tdiak berfungsi, kemungkinan besar ada sambungan yang putus. Untuk poin ini, bila anda tidak mengetahui elektronika, disarankan bawa ke tukang service agar ditangai dengan baik
8. Bila sudah menemukan penyebabnya dan berhasil, pasang kembali plat dengan memberikan sedikit lem pada tepi lempengan plat kemudian tutup kembali casing kemudian nyalakan.
9. Tombol power atau tombol volume di android sudah bsia digunakan.

Jika anda merasa suara speaker atau volume hp android anda kecil, anda bisa mencoba Cara Meningkatkan Volume Speaker di Android

Bila memang ada jalur atau sambungan pada tombol power yang putus atau adanya kerusakan hardware lainnya, bila anda memiliki mutitester, bisa mengeceknya dengan menggunakan multi tester untuk memastikan adanya jalur yang putus. Demikian mengenai cara mengatasi tombol power tidak berfungsi atau error. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Tombol Power dan Volume pada HP Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah