Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Tips Smartphone - Bagaimana Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri?Smartphone saat inimemang hampir seluruhnya yang beredar sudah menggunakan layar sentuh atau Touchscreen. Tak heran jika banyak permasalahan muncul dari masalah layar sentuh di android. Setelah kita membahas sebelumnya tentang layar sentuh diataranya Layar sentuh Error dan touchscreen berbayang, kali ini kita akan bahas mengenai Layar android yang gerak-gerak sendiri.

Layar sentuh android bergerak sendiri diakibatkan oleh banyak faktor. Bisa akibat faktor aplikasi(software) bisa juga akibat hardware yang memang dari layar sentuhnya sudah perlu diganti. Namun perlu diperhatikan juga, masalah layar sentuh bergerak bisa juga diakibatkan oleh malware atau virus. Layar touchscreen jalan sendiri biasanya disebut juga Ghost Touch ini untuk mengatasi atau memperbaiki layar sentuh loncat-loncat sendiri perlu kita menelusuri penyebab dari masalah ini.

Bila mengalami hal ini, jangan panik dan tidak perlu buru-buru mengganti LCD atau Layar sentuh karena bisa jadi bukan dari LCD atau Layar setnuhnya ternyata masih bagus. Untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, berikut kita coba berikan beberapa penyebab dan cara mengatasi LCD bergerak sendiri.

Mengatasi Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri


Mengatasi Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi layar sentuh bergerak sendiri :

1. Sering Kehabisan Baterai
Smartphone yang sering mengalami habis baterai memiliki potensi mengganggu kinerja software terutama software yang menjalankan fitur-fitur di ponsel salah satunya fitur touchscreen sehingga dalam jangka panjang bisa mempengaruhi kinerja touchscreen dan berdampak pada layar bergerak sendiri atau ghost touch. Jika penyebabnya masalah ini, cobalah untuk mengganti baterai baru.

2. Gonta Ganti Charger
Seperti yang terjadi pada poin di atas, pengisian baterai yang mengalami masalah juga berpegaruh pada software. Ini terjadi jika kita sering menggunakan charger sembarangan atau membeli charger abal-abal. Sebaiknya belilah charger original atau charger yang disesuaikan dengan kapasitas kebutuhan baterai.

3. Layar Sering Panas
Penggunaan smartphone dalam kondisi yang panas menyebabkan kinerja ponsel juga mengalami masalah. Layar yang panas biasanya terjadi jika kita sering menggunakan game, atau khususnya game online yang menggunakan data internet, sehingga ponsel menjadi panas, kemudian menyebabkan kinerja touchscreen terganggu. Untuk permasalahan yang diakibatkan oleh poin ini, solusinya dengan hentikan pemakaian sejenak agar suhu kembali normal. Atau bisa juga dengan memberikan tambahan spreader pada casing untuk meredam panas.

4. LCD (layar Sentuh) Rusak
Nah, bisa juga diakibatkan oleh hardware yaitu memang dari LCD sudah rusak. Kerusakan ini bisa diakibatkan banyak hal, seperti misalnya terkena air dalam kapasitas yang tidak wajar (untuk smartphone yang tidak tahan air), sering tertekan dalam saku, dan lain-lain penyebab dari kerusakan LCD. Untuk mengeceknya perlu menggunakan aplikasi touchscreen calibration. Beberapa merk ponsel sudah ada aplikasi ini didalamnya. Jika pada touchscreen calibration, posisi titik sudah berbeda artinya perlu ganti LCD.

5. Screen Guard Kotor
Ada kemungkinan juga munculnya layar sentuh bergerak sendiri karena screen guard yang kotor sehingga saat kita tekan, penekanan tidak sesuai dengan titik yang ktia tekan dan terkesan bergerak sendiri. Bagi yang memasang Screen Guard pada layar, ada baiknya lepas dahulu dan bersihkan kemudian coba tekan-tekan apakah masih bergerak sendiri atau tidak. Jika tanpa screen guard layar sentuh bekerja normal, ada baiknya gunakan screen guard baru atau tidak perlu pasang yang lama.Ponsel smartphone atau tablet saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan kaca anti gores atau lebih dikenal dengan gorila glass yang memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap benturan benda keras atau terjatuh.

6. Kinerja RAM terganggu
RAM yang bekerja berlebihan membuat kinerja beberapa aplikasi terganggu dan tidak bekerja stabil dan akhirnya android menjadi lemot (slow responding) sehingga menyebabkan resposibility dari layar sentuh juga ikut terganungu. Untuk mengatasinya silakan lakukan restart ponsel kemudian coba kembali.

RAM terganggu juga bisa diakibatkan oleh Bugs atau malware yang mengganggu performa dari RAM yang memberikan dampak kinerja RAM terlalu berat. Sama halnya dengan malware  pada Aplikasi yang menginstall sendiri, malware ini juga menyebabkan layar sentuh bergerak sendiri. Jika mencurigai adanya hal ini, segera lakukan upgrade atau factory reset. namun sebelumnya jangan lupa untuk backup data terlebih dahulu karena akan menghapus semua data-data yang ada di smartphone

Demikian beberapa penyebab dan cara memperbaiki dari masalah Layar sentuh bergerak sendiri ponsel android. Semoga bisa memberikan solusi yang mencerahkan bagi anda yang mengalami touchscreen loncat sendiri di android anda. Jangan terbiasa menaruh hp layar sentuh pada kantong saku depan yang cenderung ketat, terlebih untuk celana bahan jeans yang tebal yang menyebabkan layar sentuh tertekan dalam jangka waktu yang lama. Jangan lupa untuk selalu memperlakukan smartphone anda sesuai dengan petunjuk penggunaan agar tidak terjadi kerusakan akibat kesalahan penggunaan yang tidak wajar. Salam

Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Rivera

1 komentar:

  1. hai kak, selamat beraktifitas.. artikelnya menarik kak, bermanfaat sekali. oh iyaa,, saya juga mau kasih tau info menarik nih kak coba deh klik => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI BANDUNG JAKARTA TANGERANG

    ReplyDelete

Powered by Blogger.