Atasi HP Android Mati Total Akibat Habis Baterai

Tips Smartphone - Apakah kamu termasuk yang mengalami hal ini? HP Mati ketika dicas? atau android hp kehabisan baterai tidak bisa dinyalakan? Atau hp terbentur kemudian mati? Ataupun kejadian-kejadian lain yang menyebabkan ponselmu mati total secara tiba-tiba. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui permasalahan seputar baterai dan hal yang berhubungan dengan energi pada ponsel atau tablet anda. Memang sebagian besar kemungkinan masalah pada baterai. Tetapi tidak hanya itu, bisa jadi hal lain.

HP yang tiba-tiba mati dipengaruhi beberapa faktor tergantung masalah yang terjadi sebelumnya, misalnya hp jatuh, hp pernah terendam air, atau dicas terlalu lama(ditinggal tidur), kemudian bangun-bangun hp sudah mati dan tidak bisa dihidupkan lagi. Untuk itu beberapa langkah dan cara ini bisa mendetekesi kerusakannya dimana dan cara mengatasi hp yang mati tiba-tiba tersebut agar kembali normal.

Seperti yang kita tahu, ada dua jenis baterai yang paling populer digunakan di smartphone atau tablet yang ada di indonesia, yakni Li-Ion (Lithium Ion) dan Li-Po (Lithium Ion Polymare). Kedua jenis baterai ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa membacanya di Perbedaan baterai Li-Po dan Li-On. Kebanyakan permasalahan ini terjadi pada smartphone atau hp dengan bateria Li-Po. Mengapa? karena baterai jenis Li-Po ini merupakan baterai yang tingkatannya lebih tinggi dibanding Li-On, dengan kata lain lebih canggih. Kelebihan dari jenis baterai ini adalah lebih awet dan lebih bandel dalam pengisian daya. Namun kelemahan baterai ini adalah ketika sudah terjadi habis total atau kosong daya bateri tersebut, maka baterai tersebut susah sekali dialiri kembali daya. Nah, untuk itu bagi yang memiliki ponsel dengan jenis baterai ini disarankan jangan mengecas sampai menunggu baterai habis atau kosong.Usahakan untuk mengisi sebelum benar-benar habis, atau segera isi saat peringatan baterai lemah mulai muncul.

HP mati total akibat baterai atau bukan, ada baiknya kita harus mengetahui masalah dan penyebabnya agar kita tidak salah langkah dalam penanganannya sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang fatal akibat kesalahan dalam perbaikan yang tidak benar. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya :

Cara Mengatasi HP yang Tiba-tiba Mati Total

HP Tiba-tiba Mati Total


Beberapa cara mengatasi hp yang mati total. Jika HP mati Total akibat dicas atau mati sendiri karena baterai habis atau bahkan terjatuh sebenarnya masalahnya berbeda. Karena jika sebelumnya pernah terjatuh, ada kemungkinan hardware, atau ada komponen yang rusak dan perlu diganti. Namun jika tidak ada masalah sebelumnya, biasanya hanya pada perangkat lunaknya atau software sehingga kemungkinan besar masih bisa kembali normal jika sistem sudah kembali berjalan.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan arus baterai. Caranya :
  • Lakukan pengecekan dengan multimeter.
  • Ubah setingan multi tester pada angka 10 V
  • Kemudian sambungkan ujung multi ke bagian baterai(positif ke positif, negatif ke negatif)
  • Jika angka voltage yang tertera pada baterai tidak sesuai dengan yang ditunjukkan pada multimeter berarti perlu melakukan kejut pada baterai. Rata-rata voltage baterai smartphone biasanya 3,7 V. Jika multi menunjukkan lebih rendah, berarti perlu dikejutkan dengan adaptor. 
  • Charger baterai menggunakan adaptor untuk memancing atau mengejutkan baterai
  • Charger selama setengah atau satu jam menggunakan adaptor agar baterai terisi sekitar 25% sampai 50%
  • Setelah itu pasang baterai dan nyalakan kembali ponsel anda

Bila langkah diatas sudah dilakukan namun belum berhasil menyala, lakukan pengecekan pada konektor, caranya :
  • Masih menggunakan multimeter, ubah setingan pada nilai x100 atau x10
  • selanjutnya sambungkan ujung atau kutub multimeter (positif ke positif, negatif ke negatif) 
  • Jika jarum pada multi bergerak penuh sampai ujung atau menunjuk pada angka nol(0) artinya ponsel anda mengalami korsleting.
  • Untuk mengatasinya atau memperbaikinya, Lepas IC PA dan lakukan pengecekan dengan multi kembali. Jika masih seperti sebelumnya, lepas satu-satu IC (IC Dialog, IC Audio, IC RF, dan IC RF Voltage Regulator)
  • Jika jarum pada multi tidak bergerak sama sekali, artinya ada jalur yang putus.
  • Untuk memperbaikinya, lakukan jumpe. Untuk melakukan jumper kita harus tahu dahulu jalurnya. Jika memang kurang berpengalaman dalam hal ini ada baiknya hubungi teknisi terdekat.
Nah, bila ponsel anda merupakan kategori yang baterainya cepat habis, anda bisa mencoba cara ini : Agar Android Tidak Boros Baterai.

Demikian cara memperbaiki hp mati total dan juga menganalisa penyebab hp tiba-tiba mati. Ponsel anda adalah smartphone, tentunya sebagai pengguna juga harus smart dalam hal apapun termasuk dalam merawat ponsel. Perawatan dan perlakuan ponsel yang tidak benar menimbulkan kerusakan yang lebih cepat atau bahkan merembet pada kerusakan komponen lainnya. Salam

Atasi HP Android Mati Total Akibat Habis Baterai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Rivera

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.