Cara Mengatasi Fingerprint Error di HP Android

Baca Juga:

Harga Android 4G dibawah 1 JutaHarga Tablet Murah
Daftar Android Murah RAM 2 GigaHarga Xiaomi Terbaru
Tips Android - Pernahkah mengalami Fingerprint Error atau Rusak? Lalu bagaimana mengatasi Fingerprint error di hp android? berbagai merk ponsel seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Lenovo, ADvance, Vivo, meizu, dan lain sebagainya kini hampir semuanya produk terbarunya sudah menggunakan fitur Fingerprint atau sensor sidik jari. Meski kita sebagai pengguna patut bergembira, namun jangan lupa hal ini juga akan mempengaruhi ketahanan ponsel atau smartphone kita jika fitur ini mengalami masalah. Bagaimana jika fitur Fingerprint ini error?

Memperbaiki Fingerprint error di Android meski berbeda di masing-masing ponsel tetapi pada dasarnya sama mengingat fitur ini memiliki program yang sama yaitu membaca sidik jari pemilik smartphone.Apakah anda termasuk yang mengalami fingerprint error atau rusak tiba-tiba? Misalnya hp tidak bsia dibuka karena fingerpint tidak bsia membaca, atau fingerprint tidak peka tiba-tiba, atau bahkan fingerprint tidak berfungsi sehingga tidak nyala. Ada beberapa hal yang bsia kita lakukan untuk mengatasi masalah finger print ini

Cara Mengatasi Fingerprint Error di HP Android

sensor sidik jari error


Fingerprint merupakan aplikasi yang berdiri sendiri pada sistem android sehingga  prinsip kerja dasar seperti dengan aplikasi lainnya sehingga tak perlu khawatir jika aplikasi ini bermasalah. Ada beberapa langkah jika aplikasi Fingerprint tidak fungsi, antara lain :

1. Clear Cache Aplikasi
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Fingerprint merupakan aplikasi yang berdiri sendiri sehingga sama seperti aplikasi lainnya. Jika terjadi error tanpa ada penyebab sebelumnya, ada baiknya coba lakukan pembersihan pada aplikasi dengan cara clear cache, caranya :
  • Buka menu Settings di Smartphone anda
  • Selanjutnya pilih aplikasi atau manager aplikasi
  • Pilih pada tab 'SEMUA'
  • Cari aplikasi Fingerprint dan klik
  • Setelah itu di bagian bawah ada tombol Clear Cache atau Hapus cache, klik dan tunggu hingga proses pembersihan selesai

2. Hapus dan Simpan ulang data Sidik Jari
Jika Clear Cache masih belum menyelesaikan masalah fingerprint, lakukan pembersihan data. Masih pada menu aplikasi Fingerprint tersebut, di bagian atas dari tombol Clear Cache ada tombol Clear Data atau Hapus Data. pIlih dan tunggu sampai selesai.

Karena ini merupakan penghapusan data, maka setelah itu lakukan rekam ulang fingerprint atau sidik jari anda seperti saat pertama membeli.Lakukan rekam ulang sidik jari anda kemudian setelah selesai coba cek apakah Fingerprint masih error atau tidak. Jika masih tetap error kemungkinan besar dari aplikasi Fingerprint tersebut mengalami corrupt.

3. Gunakan Aplikasi Titanium Backup
Ketika anda mengalami masalah Fingerprint setelah melakukan Root, kemungkinan besar Fingerprint aplikasi anda mengalami kerusakan. Ada baiknya lakukan perbaikan dengan bantuan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga bernama Titanium Backup yang berfungsi mengembalikan bekas sidik jari atau proses kondisi yang sebelumnya ketika masih belum terjadi masalah. Untuk aplikasinya di Google Playstore kemudian install aplikasinya. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi Titanium Backup kemudian pilih Backup/Restore. Setelah itu cari lokasi aplikasi Fingerprint. Setelah ketemu, pilih Wipe data dan klik OK. Tunggu hingga proses selesai.

4. Factory Reset
Jika Smartphone anda belum diRoot tapi terjadi masalah fingerprint, kemudian tiga langkah di atas belum mampu menyelesaikan, lakukan reset factory atau pengaturan pabrik untuk mengembalikan pada setingan bawaan ponsel. Jika ingin melakukan hal iniada baiknya lakukan backup data anda karena semua data yang tersimpan dalam ponsel akan hilang seperti gambar, viddeo, kontak, aplikasi terinstall,  dan juga akun yang tertaut didalamnya. Untuk melakukan reset factory anda bisa melakukan searching sesuai dengan merk ponsel atau smartphone masing-masing.

Jika anda mengalami masalah aplikasi yang terpasang tapi tidak bisa dibuka dan muncul keterangan aplikasi tidak terpasang, anda juga bisa membaca Cara Mengatasi aplikasi tidak terpasang di android. Atau jika sedang googling tiba-tiba muncul Google penelusuran terhenti, anda bisa membaca solusinya di Cara mengatasi Google Penelusuran Terhenti.

Demikian cara memperbaiki Fingerprint hp android rusak atau error secara tiba-tiba tanpa sebab. Jika error atau kerusakan fingerprint akibat sebelumnya terjadi masalah seperti jatuh dari ketinggian, terbentur benda keras, atau terkena air, kasus dan penangannya berbeda sehingga perlu dilakukan analisa penyebab karena bisa jadi dari bagian hardware juga mengalami kerusakan. Salam

Cara Mengatasi Fingerprint Error di HP Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Rivera

0 komentar:

Powered by Blogger.