Cara Mengatasi SIM Terbaca Tapi Tidak Ada Sinyal

Pernah mengalami hal ini? Kartu sim terbaca tapi sinyal tidak muncul atau biasanya tertulis tidak ada layanan? Ketika kita tanpa sadar smartphone didalam saku beberapa waktu, lalu  ketika dilihat ternyata muncul tanda silang atau tidak ada layanan atau sinyal padahal SIM terbaca dan terdeteksi. Dan setelah mencoba cari tahu teman yang menggunakan provider yang sama tidak ada masalah dan sinyalnya bagus. Mengapa hal ini terjadi?

Hp tidak ada sinyal adapahl sim terdeteksi memang kadang awalnya kita menduga masalahnya pada sinyal providernya memang tidak ada. Namun setelah mencari tahu oranglain yang menggunakan kartu provider yang sama tidak mengalami hal ini. Bagaimana mengatasinya? Ada beberapa hal yang bsia kita lakukan jika kita mengalami masalah ini.

Cara Mengatasi SIM Card Terbaca Tapi Tidak Ada Layanan


Cara Mengatasi SIM Card Terbaca Tapi Tidak Ada Layanan

Kartu SIM tidak ada layanan padahal sudah terbaca, biasanya paling sering terjadi pada Smartphone Samsung, Vivo, dan Xiaomi. Ini sesuai dengan pengalaman beberapa rekan-rekan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp tidak ada sinyal tapi sim terbaca, diantaranya :

1. Provider
Hal yang pertama dan simpel adalah pastikan bahwa sinyal dari kartu provider yang anda gunakan masih dalam jangkauan, artinya coba cari tahu oranglain atau teman yang menggunakan jenis kartu yang sama. Jika oranglain sinyalnya tidak masalah, berarti masalah ada pada smartphone anda. Lakukan langkah selanjutnya.

2. ON-Off Mode Pesawat 
Jika sudah memastikan bahwa sinyal dari provider tidak masalah, kemungkinan problemnya ada di Smartphone. Cobalah untuk melakukan pemancingan sinyal dengan cara nyalakan mode pesawat atau Airplane Mode. Maka sinyal akan hilang dan berubah menjadi logo Pesata. Setelah itu matikan airplane mode nya dan tunggu sampai sinyal kembali muncul. Biasanya jika tidak ada masalah, dengan cara ini maka sinyal akan kembali muncul


3. Atur Pilihan Jaringan Manual
Nah, jika cara di atas masuh belum memunculkan sinyal atau masih tidak ada layanan, masuk ke pengaturan kemudian pilih Jaringan atau Networks. Selanjutnya akan ada beberapa pilihan jaringan, pilih "Telusuri Jaringan" untuk mencari secara otomatis layanan yang tersedia. Tunggu beberapa saat hingga muncul beberapa provider. Bila sudah muncul beberapa layanan, klik layanan yang kita gunakan sesuai dengan provider kartu kita.

4. Restart Smartphone
Setelah cara di atas, masih belum mampu menyelesaikan, maka ada baiknya matikan smartphone anda kemudian lepas kartu dan pasang lagi. Setelah itu nyalakan hp dan tunggu hingga sinyal muncul.

5. Ganti Hardware (IC RF, IC PA, atau IC VCO)
Cara ini dilakukan jika sinyal tidak muncul akibat beberapa hal terjadi sebelumnya seperti hp terbentuk benda keras atau terjatuh, atau setelah hp terena air. Jika tidak ada masalah tiba-tiba muncul masalah ini, tidak disarankan menggunakan cara ini.

Ada beberapa cara service yang bisa dilakukan :
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perbaikan software dengan tuning signal. Jika setelah melakukan tuning signal masih saja meiliki masalah, maka langkah terakhir adalah melakukan pergantian pada komponen switch antena, IC RF, PA. Kita bisa gunakan multitester untuk menguji IC PA.
  • Ketika anda memilih jaringan manual dan menunggu beberapa saat tetapi hasilnya tidak muncul satupun provider yang tertangkap, atau pencarian jaringan manual gagal, kemungkinan masalahnya ada dalam IC RF (HAGAR). Anda bisa mengganti IC RF (HAGAR). 
  • Jika mencari jaringan dengan metode manual pada smartphone kita hanya mendapatkan 1 (satu) provider saja, maka ada masalah dengan IC VCO. Solusinya ganti IC VCO. 
  • Apabila tidak ada masalah dengan metode manual, periksalah jalur arus dari battery ke IC PA, jika tidak ada masalah dengan jalur selanjutnya kita periksa apakah komponen IC PA berfungsi dengan baik. 
Jika anda mengalami masalah Kartu SIM tidak terbaca, anda bisa membaca penanganannya di halaman Cara Mengatasi HP tidak membaca Kartu SIM.

Nah, demikian beberapa cara mengatasi sinyal tidak muncul padahal sim terbaca. Lakukan perawatan dan perbaikan smartphone milik anda dengan menelusuri masalah dari yang terkecil sehingga dapat membantu mementukan masalah lebih cepat dan juga tepat penanganannya. Semoga beberapa cara di atas dapat membantu anda mengatasi masalah ini dengan baik. Salam.


1 Komentar untuk "Cara Mengatasi SIM Terbaca Tapi Tidak Ada Sinyal "

Anonim mengatakan...

The widespread issue amongst all sports activities betting video games is precise participation. All sportsbook video games occur in actual life, with human beings as individuals. Our mission is to elevate the sports activities betting business, and supply a 코인카지노 really dynamic and revolutionary platform designed for all sports activities bettors. Like the financial markets, retail investors have benefited immensely from unprecedented innovation from firms like Robinhood, Coinbase heaps of|and plenty of} others. Sporttrade was created to bring the identical innovation and efficiency to sports activities betting, including tighter spreads, higher odds, lower charges and improved options and performance.

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah