Cara Mengatasi Layar Sentuh yang Error Dengan Mudah

Tips Smartphone - Bagaimana Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone dan Tablet Android layar sentuh Error? beberapa orang sering mengalami yang namanya Layar arau LCD touchscreen yang error, baik layar jalan sendiri (Ghost Touch) atau layar sentuh yang tidak mau jalan. Bila anda salah satu dari sekian orang yang mengalami masalah layar sentuh, jangan buru-buru panik. Ada beberapa hal yangperlu dilakukan pengecekan sebelum memutuskan untuk mengganti layar sentuh atau LCD baru.

Layar sentuh yang error terjadi oleh banyak faktor, dan cara mengatasinya pun akan berbeda. Mulai dari rusaknya komponen LCD, RAM yang terlalu penuh, retak, dan masih banyak lagi. Jika layar yang tidak mau nyala saat dipencet misalnya, bisa jadi hanya sensitifitasnya saja, jika memang tidak ada benturan sebelumnya atau kejadian yang memungkinkan kerusakan pada sisi hardwarenya. Namun jika terjadi benturan atau terjatuh ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hal ini. Berikut beberapa cara mengatasi tochscreen error :

Cara Mengatasi Layar Sentuh (Touch Screen) Error

Layar Sentuh yang Tidak Mau Bergerak atau Bergerak Liar


Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, diantaranya:

1. Lakukan pengecekan dengan memastikan layar sentuh tidak mengalami rusak fisik seperti retak atau crash. Jika ditemukan kerusakan fisik maka harus ganti LCD baru.

2. Jika layar sentuh masih baik atau tidak retak namun layar jika disentuh liar atau terlalu sensitif , atau sebaliknya dipencet tidak mau, maka harus dilakukan kalibrasi. Buka pengaturan dan pilih Calibiration. Karena letak kalibrasi ini berbeda beda di setiap ponsel maka carilah menu kalibrasi yang terletak pada pengaturan atau setting.

4. Setelah menemukan menu calibration, pilih kalibrasi. Setelah memilih kalibrasi maka layar akan berubah menjadi putih untuk beberapa saat. Setelah itu akan muncul tulisan "klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi". Ikuti petunjuk selanjutnya

5. Sentuh layar tepat di titik kalibrasi, akan muncul petunjuk untuk menyentuh layarnya dan ikuti petunjuk sampai proses selesai. Fungsi dari kalibrasi ini digunakan untuk merefresh kembali layar sentuh atau touchscreen ponsel agar tepat pada sentuhan

Layar Sentuh Error Terjatuh

Touchscreen yang bergerak sendiri bisa saja disebabkan dari sisi software. Namun, tidak ada salahnya jika cara diatas belum bisa mengatasi kerusakan layar sentuh HP , mencoba ganti dengan system Android yang baru atau dengan melakukan factory reset terlebih dahulu. Tetapi bila sisi software jelas tidak masalah, berarti touchscreen gerak atau beroperasi sendiri disebabkan adanya hardware yang error. Besar kemungkinan antara LCD dan touchscreennya, jadi harus diganti dengan yang baru.  Jika saat dicas layar sentuh tidak mau bergerak, maka perlu reset factory.

Untuk Layar Sentuh muncul Blank Putih anda bisa mencoba di Cara mengatasi LCD Blank Putih

Jika layar benar-benar sudah tidak bisa digunakan, jalan satu-satunya adalah dengan melakukan Factory Reset atau reset ke pengaturan awal. Akan tetapi Anda perlu ingat cara ini dapat membuat semua data yang ada dalam ponsel terhapus. Nah agar data tidak ikut terhapus, silahkan pindah atau backup ke komputer atau PC, karena proses reset akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal dan juga aplikasi yang sudah pernah kita pasang.

Masing-masing merek Android memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan Factory Reset. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda pakai (coba satu per satu) :

Setelah menekan tombol diatas, kemudian cari Wife Data atau Factory Reset dengan menggunakan bantuan tombol volume down/up. Jika sudah ketemu pilih dengan menekan tombol home. Kemudian pilih “Yes delete all user” lalu tunggu hingga proses selesai. Beberapa tipe smartphone memiliki cara reset berbeda. Anda bisa searching untuk mengetahui cara reset sesuai dengan tipe ponsel yang anda miliki.

Layar Sentuh Gerak Sendiri

layar sentuh gerak sendiri


Layar sentuh yang beroperasi sendiri ada beberapa kemungkinan dan solusi yang bias dilakukan, diantaranya:
  • Baterai Rusak : Perlu ganti baterai baru
  • Charger Rusak : Ganti charger
  • Layar sering Panas : Matikan data saat tidak digunakan untuk mengurangi panas pada smartphone
  • Screen Guard/Screen Protektor yang kotor : Ganti anti gores atau screen guard nya
  • Cpu dan Ram bekerja secara berlebihan : tutp aplikasi yang tidak digunakan
  • Bugs pada Software : Upgrade rom ke versi terbaru

Demikian beberapa langkah dan cara mengatasi layar sentuh atau LCD hp error. Jika ada kekurangan mohon dikoreksi. Kita hanya ingin mencoba berbagi sesuai dengan kemampuan kita. dan kebetulan beberapa cara di atas sudah dapat kita buktikan dapat mengatasi masalah touchscreen yang rusak dalam skala software atau tingkat ringan. namun jika tahap berat atau memang dari LCD rusak memang memerlukan penggantian part baru.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar Sentuh yang Error Dengan Mudah"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah