Androidmu Sering Restart Sendiri Berulang-ulang? Ini Cara Atasinya

Klinik Ponsel - Bingung untuk mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri Berulang-ulang? Ketika kita memiliki hp android beberapa waktu dan mengalami hp restart terus menerus secara tiba-tiba mungkin kita akan khawatir dan bingung bagaimana cara memperbaikinya. Masalah ini bisa disebut Bootloop atau Stuck jika hp loading terus dan diam tidak bergerak. Smartphone yang mati hidup mati sendiri membuat kita khawatir akan kerusakan yang lebih parah tentunya. Hal ini bukan tanpa sebab, ada beberapa pengaruh yang membuat hal ini terjadi.

Mengatasi HP android Restart Sendiri yang kita alami perlu kita mengetahui penyebabnya. Karena penyebab dari hp sering mati sendiri dan restart terus menerus memiliki banyak faktor. Beda penyebabnya maka akan berbeda pula cara menanganinya agar penanganan bisa tepat dan tidak merusak komponen lainnya. Untuk lebih jelasnya tentu kita harus mengetahui beberapa keumngkinan faktor yang menyebabkan hal ini terjadi.

Cara Mengatasi Android  Restart Berulang-Ulang Sendiri

cara mengatasi hp mati hidup sendiri

Ada beberapa faktor penyebab yang bisa mempengaruhi munculnya Bootlopp atau restart sendiri, antara lain :
  • Adanya error pada sistem android, atau adanya file Corrupt dalam sistem operasi Android-
  • Hardware bermasalah
  • Ada beberapa aplikasi yang tidak compatible
  • Gagal Root
Selain beberapa masalah hp restart terus di atas, memang dari sistemnya sendiri sudah bermasalah akibat spek hp yang tidak seimbang. Biasanya masalah ini terjadi pada smartphone dengan harga murah yang memiliki fitur tinggi namun memiliki RAM yang kecil.


Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri

Bagaimana mengatasi masalah ini, ada beberapa yang bisa dilakukan diantaranya :

1. Uninstall Aplikasi Mencurigakan
Salah satu pengaruh yang menyebabkan masalah ini seperti yang dibahas sebelumnya yaitu ada beberapa aplikasi yang tidak compatible. Maka dari itu hapus atau copot aplikasi yang tidak compatible. Bagaimana mengetahuinya? nah, kita bisa menganalisa kapan terjadinya masalah ini. Jika hp restart sendiri setelah belum lama menginstall aplikasi baru, kemungkinan besar aplikasi tersebut yang menjadi faktor munculnya masalah ini. Segera hapus aplikasi yang bermasalah tersebut. Jika tidak ada aplikasi yang diinstall sebelumnya, kemungkinan masalah yang ada di hp anda bukan ini.

2. Unroot Smartphone
Jika smartphone anda pernah dilakukan Root, dan setelah beberapa lama muncul masalah ini, ada kemungkinan sistem yang rusak karena jika smartphone yang sudah diRoot lebih rentan rusak. Ada baiknya lakukan Unroot. Untuk melakukan unroot bisa dengan aplikasi SuperSU atau ES File Explorer.

3. Upgrade Sistem
Beberapa tipe smartphone mengharuskan untuk mengupgrade versi android ke versi lebih tinggi untuk menjalankan aplikasi yang ada. Cobalah untuk melakukan upgrade setingkat lebih tinggi dari android versi yang anda miliki saat ini. Jangan mengupgrade versi yang terlalu tinggi jika kapasitas smartphone tidak mencukupi. Anda bisa mencari informasi mengenai tipe ponsel anda dan bisa diupgrade ke versi android apa saja.

4. Bersihkan Sampah History
History penggunaan atau cache yang terlalu banyak selain memakan banyak memori juga memakan kinerja yang berat. Beberapa merk ponsel sudah memliki aplikasi untuk membersihkan cache seperti Samsung yang sudah menyediakan smart manager untuk menghapus semua cache yang ada. Jika smartphone anda tidak memiliki aplikasi khusus untuk membersihkan cache anda bisa menuju ke Pengaturan>> Manager aplikasi>> dan pilih aplikasi yang sering kita gunakan, buka dan klik tombol Hapus Cache. Lakukan hal yang sama untuk beberapa aplikasi yang sering ktia gunakan karena biasanya semakin sering ktia gunakan semakin banyak cache yang menumpuk.

5. Reboot System
Ada kemungkinan juga firmware yang rusak. Yang harus dilakukan adalah memulihkan CWM atau TWRP yang tidak diinstal di dalamnya, caranya:
  • Matikan smartphone
  • Nyalakan dengan menekan tombol power dan home bersamaan dengan tombol volume up(+) (Masing-masing smartphone memiliki cara sendiri. Yang paling umum yaitu dengan mematikan smartphone kemudian nyalakan dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol home dan power up beberapa detik hingga masuk ke recovery mode)
  • Setelah berhasil masuk ke recovery Mode, lakukan penghapusan cache dahulu. Untuk mengegrakkan pilihan gunakan tombol volume, + untuk naik dan - untuk turun dan untuk memilih menggunakan tombol power.
  • Kemudian pilih "Reboot system Now"
cara mengatasi hp restart berulang ulang


6. Reset Android
Setelah melakukan beberapa cara di atas sudah tidak bisa mengembalikan atau mengobati masalah ini, ada baiknya lakukan reset factory untuk mengembalikan kinerja smartphone seperti baru. Jangan lupa jika ingin melakukan reset factory lakukan back-up data dahulu karena cara ini akan menghapus semua data dalam smartphone kita termasuk aplikasi terinstall. Untuk melakukan reset, bisa dengan membuka pengaturan dan pilih back-up dan Reset kemudian pilih 'kembali ke pengaturan awal'. Untuk melakukan reset factory juga bisa dilakukan melalui cara nomor 5 masuk ke recovery mode, disana juga ada pilihan reset factory.

Jika anda mengalami masalah Smartphone sering ngelag saat main game, mungkin anda bisa mencoba mengatasinya dengan Cara Mengatasi HP Nge-lag Saat Game

Nah, beberapa cara mengatasi android restart sendiri di atas bisa anda coba. Sebagian besar orang mencoba cara di atas, metode ini berfungsi dalam kasus Android restart terus menerus. Jika Anda gagal mengatasi dengan cara ini kemungkinan besar ada masalah pada hardware dan harus mengganti komponen khusus. Untuk lebih jelasnya anda bisa berkonsultasi dengan teknisi hp terdekat untuk masalah hardware.

Belum ada Komentar untuk "Androidmu Sering Restart Sendiri Berulang-ulang? Ini Cara Atasinya"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah