Penyebab Layar Hp Blank Putih dan Cara Mengatasinya

Tips Smartphone - Hp atau Ponsel smartphone anda mengalami layar HP blank putih? tidak perlu panik. Muncul layar wana putih belum tentu tidak bisa diperbaiki. Untuk mengatasi masalah hp seperti ini perlu kita tahu penyebab mengapa layar blank putih. Penyebab dari layar blank putih ada banyak faktor, karenanya penanganannya pun akan berbeda pula. Lalu apa saja penyebab layar hp muncul putih semua?

Penyebab layar sentuh blank Putih memang banyak faktor penyebabnya. Hal ini juga yang nantinya akan berpengaruh pada bagaimana kita mengatasi atau memperbaikinya. Layar blank putih belum tentu layar hang atau rusak total. Misalnya jika ketika ponsel baru dinyalakan lalu tiba-tiba langsung blank white screen, akan berbeda pula dengan ponsel yang jatuh dan blank putih. Sehingga ketika kita ingin memperbaiki akan lebih mudal mengalisa dan tidak salah dalam penanganannya.

Layar sentuh muncul Putih bukan akibat terjatuh atau benturan keras, kemungkinan besar masih bisa diperbaiki karena biasanya hanya masalah software, tetapi jika terjatuh atau benturan keras ada dua kemungkinan, hardware dan software. Kebanyakan LCD atau layar sentuh jika LCD rusak biasanya muncul layar hitam, bukan putih, jadi ketika masih menyala putih besar kemungkinan tidak perlu ganti LCD. Warna putih penuh di layar secara sistem biasanya muncul akibat hang atau terlalu berat kinerja dari ponsel sehingga warna putih menandakan overloading pada program di smartphone atau tablet anda. Jadi jangan panik dahulu. Lakukan langkah yang tepat. Untuk itu, mari kita lihat beberapa kemungkinan-kemungkinan dari penyebab ponsel blank putih dan cara mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Putih



Kebanyakan biasanya terjadi akibat banyaknya menginstall aplikasi sehingga sistem operasinya yang rusak atau corrupt. Sebelum melakukan hal yang lebih lanjut, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakuakn, diantaranya:
- Keluarkan/lepas baterai dari ponsel dan pasang kembali
- Coba pakai baterai lain/berbeda atau lakukan charging
- Coba gunakan SIMcard lain

Cara Memperbaiki Layar HP Blang Putih

Jika hal diatas masih belum dapat mengatasi layar blank putih, perlu dilakukan beberapa hal yang mungkin akan memberikan perbaikan, diantaranya :

Layar HP Blank Putih Karena Rangkaian
Biasanya hal ini terjadi akibat benturan atau terlalu lama di saku celana(jeans) sehingga tertekan dalam wakut yang lama. Untuk mengatasi ponsel layar muncul blank putih dalam masalah ini hal pertama yang dilakukan adalah dengan membongkar semua cashing hp. Lalu bersihkan komponen menggunakan kuas halus yang dicelupkan ke spirtus. Utamakan untuk membersihkan area Konektor LCD. Setelah itu keringkan dan pasang kembali. Jika memang konektor sudah rapuh, perlu ganti konektor LCD, konektornya saja.  Jika koneksinya menggunakan konektor atau rubber, coba bersihkan menggunakan penghapus pensil di bagian pad yang menghubungkan ke layar LCD sampai kelihatan bersih.

Reset Factory
Jika hp jatuh atau tiba-tiba mati, lakukan reset factory. Untuk tombol reset factory masing-masing tipe hp berbeda. Anda bisa googling sesuai tipe ponsel anda.Tetapi jangan lupa jika melakukan reset factory maka semuad ata yang tersimpan pada ponsel akan hilang. Itulsah salah satu fungsi dan manfaat kita membackup data saat ponsel masih sehat.

Rusak Program dan Flash Ulang
Jika yang rusak adalah di bagian sistem operasi maka yang perlu kita lakukan adalah melakukan flash ulang Handphone. Untuk flash ulang perlu alat bantu. Flash ROM Android menggunakan SP Flash Tool dengan firmware bawaan/aslinya. Lakukan falshing di tempat yang terpercaya.

Layar Blank Putih karena LCD Rusak
Jika masih tetap blank dan tidak ada perubahan sama sekali,  barulah memutuskan untuk mengganti LCD yang baru atau bekas tapi masih bagus. Disarankan untuk mengganti lcd pada tempat pembelian, langsung di pasang supaya jika ada masalah akan mudah mengatasinya. Cara mengecek apakah layarnya yang rusak tidaknya dengan cara menghidupkan Handphone lalu kita misscall nomor yang ada di ponsel, jika HP bisa berbunyi berarti LCD yang putus atau rusak. Untuk menanganinya tentu harus diganti dengan layar LCD yang baru, Untuk kisaran harga penggantian layar atau LCD akan bervariatif tergantung merk ponsel dan juga tipe hp masing-masing sebab beda ponsel akan beda tipe dan ukuran layanya. Juga mengenai jenis layarnya yang memang memiliki spesifkasi yang berbeda.

Jika layar sentuh anda error, mungkin anda bisa membaca cara mengastinya pada Cara Atasi LCD hp android error.

Hp ngehang warna putih di layar dipengaruhi banyak faktro diatas, jika kita salah penanganan maka akan berakibat kerugian yang seharusnya tidak perlu ganti bisa jadi malah mengganti. Untuk itu perlu perlakuan yang sesuai. Demikian cara mengatasi ponsel yang layar hpnya warna putih. Melakukan perbaikan dengan langkah yang tepat akan membantu mencegah kerusakan pada komponen lain atau program lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Layar Hp Blank Putih dan Cara Mengatasinya"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah