Mengatasi HP Tidak membaca SIM Card (Kartu SIM)

Tips Smartphone - Bagaimana Cara Memperbaiki Kartu Sim Card Yang Tidak Terbaca di HP? Memang merupakan hal yang sangat menjengkelkan pada saat bermain ponsel atau smartphone lalu tiba-tiba Handphone mengalami kehilangan sinyal dan setelah dicek ternyata kartu SIM tidak terbaca. Atau mungkin saat kejadian melakukan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode lalu ketika dinyalakan lagi tiba-tiba tidak ada sinyal dan kartu tidak terbaca. Beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini sebenarnya sangat bervariatif. Mulai dari software atau akibat hardware entah masalah internal maupun masalah lain yang bukan merupakan faktor dari pengguna. 

Simcard tidak terbaca di HP seperti ini sering dialami oleh para pengguna ponsel. Hal ini banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini, salah satunya sering gonta ganti kartu sim sehingga terjadi konsleting dan aus pada konektor dan menyebabkan konektor tidak mampu membaca lagi chip dari kartu SIM. Untuk itu perlu kita lakukan pengecekan dahulu mengenai permasalahan HP tidak membaca SIMCard ini.

Jika masalahnya SIM tidak terbaca atau muncul Tidak ada Layanan, maka anda bisa lihat caranya di Mengatasi Kartu SIM tidak ada Layanan

Kartu SIM yang Tidak Terbaca di HP ada banyak penyebab. Bisa dari HP nya atau dari Kartunya yang memang chip-nya sudah rusak. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan dengan memasukkan kartu sim di hp lain, jika memang tidak terbaca maka kartunya yang perlu diganti, namun jika terbaca di hp lain berarti kartunya tidak masalah yang masalah adalah handphone tersebut. Karena smartphone merupakan produk massal yang diproduksi banyak, maka kemungkinan cacat pabrik bisa terjadi. Maksudnya adalah memang dari chip bawaan pabrik sudah tidak bertahan lama akibat bawaan pabrik. Hal ini mengapa setiap smartphone selalu ada garansi untuk mengantisipasi komplain masalah sejenis ini. Tetapi sebelum memastikan kerusakan, kita bisa coba mengeceknya dan mengatasi kartu SIM tidak terbaca dengan metode yang bisa kita lakukan sendiri.

Jika sebelumnya kita bahas Cara Memperbaiki Tombol Power kali ini kita coba membahas mengenai cara memperbaiki hp android yang tidak membaca kartu SIM.

Mengatasi HP tidak bisa membaca Kartu SIM

Mengatasi HP tidak bisa membaca Kartu SIM


Mengganti Kartu sim yang terlalu sering apalagi dengan tergesa-gesa dapat menyebabkan rusaknya tata letak konektor sehingga fungsi pembacaan kartu tidak lagi bsia digunakan. Untuk itu ada baiknya cek dahulu tempat kartu sim pada HP jika konektor ada yang mengalmi bengkok, posisikan kembali seperti konektor yang lain. Lakukan dengan hati-hati karena konektor mudah patah.

Kemungkinan lain, jika konektor terlihat masih bagus, bisa jadi hanya tertutup kotoran, untuk itu perlu dibersihkan. Bersihkan menggunakan contact cleaner agar kerak yang menempel pada konektor bisa mengelupas dan bersih sehingga tidak lagi menghalangi konektor bertemu dengan kartu SIM. Jika memang hanya masalah seperti ini, anda tentunya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke tukang service apalagi ke service center resmi dari produk tersebut.

Apakah dari sisi software berpengaruh. Sebenarnya hal ini merupakan kemungkinan kecil. Namun beberapa virus juga ada yang menyerang ke bagian ini. Ada baiknya anda coba melakukan reset factory atau flash ulang. Cobalah melakukan reset factory dahulu, namun sebelumnya lakukan backup data agar anda tidak kehilangan data yang tersimpan di ponsel baik video, foto ataupun kontak dan catatan penting lainnya. Cara melakukan flash atau reset factory untuk masing-masing tipe smartphone berbeda. Sudah banyak yang share, anda bisa mencarinya atau searching sesuai dengan tipe ponsel anda.

Seperti yang dikatakan di awal, cobalah untuk memasang kartu SIM pada ponsel lain untuk memastikan bahwa kartu benar-benar baik. Jika kartu terbaca di Ponsel lain, dan anda sudah membersihkan konektor, kemungkinan besar rusak adalah hardware atau bagian IC PA, untuk masalah ini bila anda tidak memiliki pengalamn dalam menyolder komponen hp ada baiknya dibawa ke tukang service. Tetapi setidaknya anda sudah tahu kerusakannya sehingga lebih mudah menjelaskan pada pihak service agar lebih cepat dan efisien dalam proses service. Untuk harga IC masing-masing merk ponsel berbeda, begitu juga masing-masing tipe meski dengan merk yang sama. Cobalah untuk mencari informasi mengenai ksiaran harga IC untuk tipe ponsel anda.

Untuk harga penggantian Slot Kartu SIM, anda bisa melihat kisaran biayanya di Biaya Penggantian SLot SIM Card

Bila hp anda Smartphone atau memiliki dual SIM atau kartu sim ganda, jika salah satu mati atau keduanya, langkah yang dilakukan tetap sama. Karena meskipun double SIM tetap memiliki 2 IC PA. Demikian cara mengatasi Handphone tidak membaca kartu SIM atau Simcard tidak terbaca di Handphone sehingga ada tahu dalam menelusuri kerusakan pada handphone dan mengetahui cara merawat ponsel agar awet. Penggunaan yang baik dan benar dapat membuat ponsel atau smartphone anda lebih awet sehingga meminimalis banyak biaya dalam perbaikan.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi HP Tidak membaca SIM Card (Kartu SIM)"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah