Cara Membuka Adaptor atau Charger Laptop dan Memperbaikinya

Tips Laptop - Bagaimana Cara Membuka Charger Laptop? dan bagaimana cara memperbaiki charger laptop mati mati? Charger atau cas memang sesuatu yang sangat penting baik untuk smartphone maupun laptop. Lalu bagaimana jika tiba-tiba charger tidak masuk atau tidak bisa dipakai? Hal ini tentu membuat kita bingung apakah memang adaptornya yang rusak atau karena masalah lain? untuk memastikannya perlu ktia membukanya. Nah ketika kita ingin membuka charger tentu bingung karena pada adaptornya tidak terdapat baut atau sekrup tetapi menggunakan lem. Bagaimana cara membuka charger laptop yang mati?

Charger laptop mati kadang diakibatkan beberapa hal. Bisa karena ada kabel charger yang putus didalamanya sehingga aliran listrik tidak masuk yang menyebabkan ngecas tidak masuk, bisa juga ada komponen yang kendor akibat terjatuh, dll. Jika ingin mengganti charger laptop baru tentu harganya lumayan mahal. Untuk itu ada baiknya kita coba memperbaiki charger laptop siapa tahu hanya kabelnya saja yang kendor.

Saya pernah punya pengalaman charger laptop dijadikan rumah semut sehingga aliran listrik tidak masuk. Lalu saya bingung bagaimana membuka charger laptop? Nah menurut pengalaman, berikut saya coba membagi cara membuka charger laptop.

Cara Bongkar Charger Laptop


 Untuk membongkar atau membuka charger laptop perlu mempersiapkan beberapa alat, diantaranya :
1. Obeng untuk mencungkil casing charger
2. Minyak kayu putih
3. Lem plastik

cara membuka adaptor tanpa baut


Tentu anda bingung kenapa minyak kayu putih. Fungsi dari minyak kayu putih disini adalah untuk membuka rekatan lem dari charger tersebut. Berikut langkah-langkah membuka charger laptop :

1. Tuangkan Minyak kayu Ptuih pada sela-sela sambungan charger. Tuangkan secara merata di semua keliling sambungan
2. Tunggu sekitar 15 - 20 menit agar minyak kayu putih bekerja melunturkan rekatan lem
3. Congkel casing charger dengan menggunakan obeng. Bila lem masih keras, bisa didiamkan kembali dahulu agar minyak kayu putih benar-benar melepas rekatan lem.
4. Setelah dicongkel semua, buka casing dan lihat didalamnya.

Waktu pengalaman saya, didalamnya terdapat semut banyak didalamnya yang menyebabkan aliran listrik terhambat. Setelah itu saya bersihkan dan ternyata tetap tidak menyala. Bagaimana memperbaikinya? nah selanjutnya cobalah cara di bawah ini

Cara Memperbaiki Charger Laptop

Cara Memperbaiki Charger Laptop

Nah ini tahap memperbaiki, sipakan alat lainnya seperti multi tester.

5. Untuk memperbaikinya kita perlu mengetahui letak kerusakannya. Untuk itu perlu ktia mengecek satu persatu, diantaranya :
  • Cek semua elco - elco dan perhatikan ada yang menggembung atau bocor. Jika ada, ganti dengan ukuran yang sama.
  • Periksa NTC dengan multitester putus atau tidak.
  • Periksa Fuse apakah putus,jika putus diganti baru.
  • Periksa dioda bridge dari jalur input AC
  • Lepaslah Mosfet yang menempel diheatsink, ukur menggunakan multitester. biasanya Mosfet ini yang sering rusak. maka gantilah dengan yang baru. bisa diganti dengan seri IRF830 atau sejenisnya.
  • Periksa dioda schotky di area sekunder bentuknya seperti transistor berkaki 3 dioda ini biasanya seri MBR20200CT bila dioda ini short ganti dengan yang baru atau sejenisnya.
  • Periksa komponen lainnya jika belum bisa dihidupkan. Periksa juga IC PWM Biasanya memakai IC UC3843 biasanya pecah atau terbakar.
Nah, jika sudah menemukan dimana letak masalahnya, anda bisa mengganti sendiri atau bila belum berpengalaman bisa ke tukang service elektronik yang anda percayakan.

Demikian mengenai cara memperbaiki Chager laptop. Bagi beberapa orang mengganti komponen seperi elco bisa dilakukan sendiri jika ada alat soldernya. Namun kadang untuk mendapatkan elco yang sesuai dengan yang kita butuhkan yang agak susah. Biasanya jika mengalami kerusakan charger laptop, alternative terbaik adalah membeli charger baru dengan kualitas yang lebih rendah, kemudian dilakukan kanibal, artinya ambil part yang ktia butuhkan dan pasang ke charger lama kita.

Mungkin beberapa merk dan tipe laptop memiliki harga charger yang mahal, dan kadang membuat kita menyayangkan jika membeli charger baru kemudian bongkar dan ambil komponennya saja. Tetapi tindakan ini pilihan masing-masing. Mau charger kualitas buruk tetap dipakai atau Cara bongkar Adaptor Laptop dan memperbaiki yang baru dengan mengambil komponennya saja, anda yang menentukan. Salam

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuka Adaptor atau Charger Laptop dan Memperbaikinya"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah