Cara Mudah Atasi Layar Sentuh Android Tidak Berfungsi Sebagian

Tips Smartphone - Bagaimana Mengatasi layar Sentuh sebagian tidak berfungsi? itulah pertanyaan yang kemarin dilontarkan oleh seseorang yang mengalami hal demikian. Layar sentuh atau touchscreen dari handphone androidnya sebagian error atau tidak bisa digunakan. Apakah layar sentuhnya error? padahal secara fisik layarnya masih normal, layar tidak ngeblur, dan juga tidak ada bercak hitam di layar, sehinggaa secara fisik layar tersebut masih normal. Lalu apa penyebab yang menjadikan sebagian lcd nya tidak berfungsi?

Sebagian layar sentuh tidak berfungsi terjadi oleh beberapa faktor. Mungkin akibat sesuatu terjadi sebelumnya seperti msialnya terkena benturan atau terjatuh. Atau bisa juga akibat penggunaan yang tidak sesuai, memasukkan ke dalam saku yang sangat sempit sehingga layar terus tertekan, atau akibat penggunaan yang tidak benar dalam penggunaan maupun penyimpanan.

Layar sentuh atau LCD pada ponsel android memang merupakan salah satu bagian yang vital dan bisa dibilang cukup mahal jika rusak. Tentunya kita memiliki kekhawatiran tersendiri ketika layar tidak normal, terutama muncul masalah ini. Namun jangan panik dahulu sebab jika kita bisa melakukannya sendiri tak perlu dibawa ke tukang service apalagi memakan banyak biaya untuk perbaikan. Jika kita bisa memperbaiki sendiri, ada baiknya kita mencoba dahulu siapa tahu bisa kembali normal tanpa perlu penggantian komponen atau LCD yang harganya lumayan tinggi. Belum lagi jika dibawa ke service biasanya berhari-hari sedangkan kita membutuhkan ponsel untuk komunikasi. Jadi ada baiknya kita coba dahulu sendiri, tapi perlu hati-hati agar tidak terjadi kerusakan di komponen lain. Nah untuk mengatasi layar mati sebagian, beberapa cara ini mungkin bisa kamu coba untuk menyelesaikan masalah layar sentuh yang sebagian tidak hidup.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Error Sebagian

Layar yang error sebagian, baik mati sebagian ataupun layar tidak berfungsi sebagian, ada baiknya mencoba beberapa cara dibawah ini :

1. Aktifkan menu Pointer Location
Dengan mengaktifkan ini kita dapat mengetahui apakah sebagian layar ktia yang tidak berfungsi itu benar-benar rusak atau hanya kurang sensitif.

Cara Mengaktifkan Pointer Location, pertama harus menuju ke Developer Options, caranya :
  • Masuk ke menu Setting kemudian klik About
  • Setelah itu muncul Build Number, Klik sebanyak 5x atau 7x (beda merk ponsel beda cara) sampai muncul menu Mode Pengembang.
Cara Mengatasi Layar Sentuh Error Sebagian

  • Setelah muncul menu Developer Options, klik dan akan muncul menu Pointer Location. Centang pada kolom Pointer Location untuk mengaktifkannya.
Cara Mengatasi Layar Sentuh Error Sebagian

Jika sudah mengaktifkan menu pointer Location, akan muncul garis ketika touchscreen disentuh, garis yang muncul menandakan bagian touchscreen atau layar sentuh yang disentuh masih baik dan berfungsi, jika semua bagian bisa diklik seperti itu, kemungkinan layar masih bagus, sehingga masalah layar error sebagian bukan karena pengaruh layar, tetapi jika yang sebagian bermasalah tersebut disentuh tidak  muncul garis, berarti memang layarnya yang bermasalah dan harus ganti LCD.

Jika semua titik masih muncul garis yang menandakan layar masih normal, maka yang perlu dilakukan adalah Factory Reset untuk mengatasi layar tidak berfungsi sebagian tersebut.


2. Cek Posisi LCD
Selanjutnya, lakukan pengecekan posisi LCD terhadap dudukan pada plat PCBdi handphone. Cara ini dilakukan jika ponsel anda layarnya bermasalah akibat sebelumnya terjadi sesuatu misalnya terbentur atau jatuh. Caranya :
  • Buka casing pentutup ponsel
  • Buka bagian LCD, dan lihat soket LCD nya
  • Secara visual bsia dilihat, kemungkinan soketnya bermasalah, bisa dengan menyemprotkan Contact Cleaner
  • Lihat juga LCD nya, apakah ada kecacatan fisik misalnya retak, dll. Kemungkinan besar jika secara fisik sudah rusak, ada baiknya ganti LCD baru.
 Demikian cara mengatasi LCD tidak berfungsi sebagian di android. Perangkat Layar memang sangat riskan terhadap kerusakan, karena smartphone yang saat ini sebagian besar enggunakan fitur layar sentuh, touchscreen merupakan perangkat yang paling sering digunakan. Untuk itu perhatikan dalam penggunaan dan penyimpanan agar tidak mudah rusak. Perlakuan yang benar pada smartphone dapat membantu umur pakai dari ponsel anda lebih lama Salam

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Atasi Layar Sentuh Android Tidak Berfungsi Sebagian"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah