Cara Mengatasi "Aplikasi Tidak Terpasang" pada Android

Tips Android - Pernah mengalami Aplikasi tidak terpasang di android ketika anda selesai mengunduh aplikasi dan menginstallnya? Apa penyebab aplikasi tidak bisa terpasang pada android? Aplikasi tidak terinstal atau apk tidak terpasang terjadi atas beberapa hal. Selain memng kesalahan sistem, munculnya aplikasi android tidak bisa terpasang bisa juga akibat dari aplikasi yang dianggap atau dibaca oleh sistem sebuah aplikasi berbahaya sehingga keamanan sistem menolak pemasangan tersebut. Atau bisa juga karena file yang corrupt atau crash yang menyebabkan pemasangan tidak sempurna.

Mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android harus tahu penyebab munculnya hal ini agar penanganannya sesuai dan tidak salah langkah. Bila anda mengalami hal ini jangan perlu panik atau takut ada kerusakan sistem pada android anda. Android merupakan sistem operasi yang sudah cukup canggih dan memiliki sistem keamanan yang cukup handal. Penyebab dari apk tidak bisa dipasang bisa diatasi dengan beberapa hal. Untuk lebih jelasnya berikut penyebab dan cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android.


 Cara Mengatasi "Aplikasi Tidak Terpasang" pada Android


Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya masalah android aplikasi tidak terpasang, diantaranya :
  • Salah satu penyebab yang paling umum terjadinya masalah muncul aplikasi tidak bisa diinstall adalah jika anda mengunduh aplikasi tidak dari playstore biasanya muncul hal ini, karena sistem android mendeteksi adanya aplikasi berbahaya. Jadi jika terdeteksi hal ini ada baiknya anda tidak perlu menginstall aplikasi ini. Unduh aplikasi sejenis dengan mencarinya di Google Playstore
  • Penyebab lain, jika muncul apk tidak dapat terpasang di android, tapi dari aplikasi unduhan yang anda unduh dari Playstore, ada beberapa kemungkinan sepeerti misalnya memori cache penuh, data riwayat aplikasi yang menumpuk dan menyebabkan smartphone adan sangat berat untuk melakukan instalasi. Munculnya masalah ini diakibatkan karena kegagalan pemasangan. Yang harus dilakukan adalah menghapus data dari beberapa aplikasi yang sering anda gunakan misalnya Instagram, Whatsapp, Youtube, Line, atau BBM yang biasanya memiliki data yang besar. Caranya buka pengaturan kemudian pilih aplikasi dan klik di masing-masing aplikasi dan selanjutnya klik tombol Hapus Data pada setiap aplikasinya. Hal ini menjadikan kinerja smartphone anda akan lebih baik.
  • Jika anda menemukan masalah ini akibat anda mengunduh aplikasi modifikasi, misalnya aplikasi multi account atau modifikasi dari aplikasi originalnya sudah anda miliki, anda harus melakukan unninstall dahulu aplikasi aslinya. Biasanya masalah ini muncul dengan keterangan "terdapat nama sama namun signature berbeda". Dengan banyaknya pilihan aplikasi modifikasi, anda bisa mencari aplikasi modifikasi lainnya yang tidak menyebabkan muncul error aplikasi tidak terpasang. Banyak pilihan yang bisa anda pilih di Google Playstore dengan melihat ulasannya. 
  • Bila masalah aplikasi tidak terinstall akibat OS versi android anda tidak sama misalnya aplikasi untuk android v.3.0 atau jelly bean ataupun kitkat tetapi smartphone anda menggunakan android L atau Lollipop, yang perlu dilakukan adalah mencari aplikasi sejenis dengan melihat yang kompatible dengan versi android anda.

Solusi Android Aplikasi Tidak Terpasang


Jika anda memaksa ingin melakukan Pasang Aplikasi :

Dari beberapa cara di atas tetapi belum berhasil atau anda memang bersikeras ingin menginstall aplikasi tersebut, ada cara yang bisa dilakukan. Langkah-langkahnya adalah :
  1. Masuk ke pengaturan, kemudian pilih Keamanan
  2. Pada halaman tersebut, di bagian Administrasi perangkat, centang 'Sumber Tidak Dikenal'
  3. Setelah itu coba install kembali aplikasi yang tidak bisa terpasang tadi
  4. Jika masih belum bisa, masih pada bagian 'Pengaturan' pilih 'Opsi Pengembang'
  5. Dalam Opsi Pengembang, centang pilihan 'verifikasi Aplikasi Melalui USB'
  6. Setelah itu install kembali
Setelah melakukan 2 cara di atas, biasanya akan berhasil memasang aplikasi baik aplikasi dari playstore maupun aplikasi dari unduhan lain. Untuk update, beberapa rekan-rekan kadang tidak menemukan pilihan 'Opsi Pengembang'. Bila smartphone anda tidak muncul pilihan tersebut atau masih hidden, maka harus dimunculkan dengan cara klik menu 'Tentang' pada Pengaturan. Setelah itu klik secara cepat sebanyak 4 kali pada nomor versi, maka akan muncul menu opsi pengembang.

Jika anda mengalami permasalahan lain seperti force close, mungkin anda bisa mencoba cara mengatasinya di halaman Cara Mengatasi Force Close 'Sayangnya aplikasi Telah terhenti'

Bagi yang suka game, ada baiknya anda membaca : Tips agar Android tidak Nge-Lag saat Main game

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di hp android di atas mungkin bsia membantu anda yang saat ini masih memiliki masalah tersebut. Dari beberapa kasus serupa, dengan cara di atas masalah akan selesai. Tidak perlu buru-buru reset factory yang hanya akan menghilangkan data kita. Semoga masalah android aplikasi tidak terpasang yang anda rasakan dapat teratasi dengan cara di atas. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi "Aplikasi Tidak Terpasang" pada Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah