Cara Mudah Atasi Memori Internal Penuh di HP Android

Tips Android - Pernah mengalami Memori Internal Penuh di HP Android?  Ketika kita instal sesuatu tiba-tiba muncul peringatan memori internal penuh padahal tidak atau memori masih banyak. Atau mungkinmuncul peringatan bahwa memori internal hampir penuh. Nah mengapa hal ini terjadi? ketika kita menggunakan multitasking atau membuka banyak aplikasi, selain menggunakan memori ram, kinerja memori internal pun terpakai, seperti msialnya untuk cache atau history dari aplikasi yang kita gunakan. Tanp asadar jika ini tidak dibersihkan akan menumpuk dan membuat memori semakin penuh.

Mengapa Memori Penyimpanan internal penuh? Hal ini juga bisa diakibatkan oleh adanya aplikasi yang tidak sengaja terinstall dan memakan banyak memori ketika kita usah menginstall salah satu aplikasi. Jika anda mengalami masalah memori penuh setelah menginstall sebuah aplikasi, bisa jadi aplikasi tersebut otomatis membawa aplikasi lain dengan kapasitas besar untuk terpasang di smartphone android anda. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi memori internal penuh, khusunya bagi ponsel yang memiliki kapasitas memori internal terbatas.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android

cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh

Ketika muncul pesan "memori Penuh" pada dasarnya adalah peringatan memori internal yang isinya sudah penuh atau hampir penuh dan tidak cukup untuk menginstal aplikasi baru. Dalam pesan tersebut ada saran untuk menghapus instalan beberapa aplikasi agar memori atau ruang kosong lebih banyak. Tetapi sebenarnya tanpa kita menghapus salah satu aplikasi, kita bisa mengatasinya. Jika kita memang masih membutuhkan semua aplikasi yang kita miliki, tidak harus menghapusnya. Ada beberapa cara yang bisa digunakan agar tidak muncul pesan memori internal penuh tersebut, diantaranya :

1. Hapus Cache semua Aplikasi
Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa aplikasi yang ktia gunakan akan menyimpa cache atau history dari aplikasi tersebut baik gambar, file, atau data yang kita gunakan dalam aplikasi. Terlebih jika aplikasi yang sering ktia gunakan adalah aplikasi berbasis online maka cache akan lebih besar. Hal ini tentu akan menumpuk seperti sampah pada memori kita. Ada baiknya cobalah utnuk menghapus cache semua aplikasi yang kita sering gunakan. Untuk smartphone android merk Samsung anda bisa menggunakan aplikasi Smart Manager yang tersedia di smartphone Samsung secara otomatis. Buka aplikasinya dan klik tombol Bersihkan. Jika secara manual atau ponsel yang tdiak memiliki aplikasi smart manager, anda bisa masuk ke pengaturan >> Aplikasi >> klik di setiap aplikasinya dan tekan tombol Hapus Cache pada masing2 aplikasi, khususnya aplikasi yang sering kita gunakan. Hal ini akan membersihkan sampah dan menambah ruang kosong pada memori internal.

2. Pindah Beberapa Aplikasi ke Kartu SD
Secara Default, smartphone anda memiliki setelan install atau memasang aplikasi langsung di memori internal sehingga meski memiliki banyak ruang eksternal atau menggunakan kartu SD/ microSD dengan kapasitas besar, aplikasi yang terpasang baru tetap akan masuk ke memori internal. Untuk menghindari atau mengatasi Memori internal penuh, pindahkan beberapa aplikasi ke Kartu SD. Dan bisa juga mengubah pengaturan pada aplikasi pemasangan baru langsung pada kartu eksternal yang kita miliki. Cara memindahkan aplikasi ke Kartu SD, buka pengaturan kemudian pilih aplikasi. Buka di masing-masing aplikasi dan klik tombol "Pindah ke Kartu SD". Jika anda ingin mengatur pemasangan aplikasi baru agar langsung ke memori eksternal atau micro SD, anda bisa mengaturnya melalui Setelan pada Playstore. Buka apliaksi Playstore dan klik Pengaturan atau Setelan. Pilih pada lokasi pemasangan, ganti ke Kartu SD.

3. Hapus Cache Thumbnail
Nah, selain cache pada aplikasi, cache pada Galeri juga cukup memakan banyak ruang. Anda bisa menghapus semua file thumnail melalui komputer dengan cara menyambungkannya ke PC atau Laptop. Cara folder Thumbnail dan hapus semua isi gambar. Tidak perlu khawatir, gambar asli sebelumnya tidak akan terhapus karena ketika kita menghapus Thumbnail, kita hanya menghapus icon dari masing-masing folder saja, bukan foto atau gambar asli yang anda miliki di dalam posnel anda.

4. Gunakan Aplikasi Cleaner
Nah jika smartphone anda tidak memiliki Smart Manager dan sejenisnya anda bisa memasang aplikasi cleaner. Pilih aplikasi Cleaner paling anda sukai melalu playstore. Pilihlah yang memang memiliki kapasitas kecil agar bisa langsung terinstall dahulu di ponsel atau HP kita tanpa harus muncul peringatan memori penuh.

5. Pindah Data ke Laptop/PC
Sortir File penting kemudian pindahkan data ke laptop atau komputer jika tidak ingin kehilangan datanya mulai dari video, kontak, atau foto. Pilihlah di folder kamera, dan lihat mana yang perlu dihapus.

Mengatasi Muncul Memori Internal Penuh Padahal masih Banyak

Ketika anda menyambungkan Smartphone pada komputer atau laptop, maka data dan kapasitas dari memori internal dan eksternal terbaca. Lihat apakah benar-benar penuh atau hanya error muncul peringatan saja. Bila terbaca di komputer ternyata masih banyak ruang kosong, kemungkinan besar ada bug atau error pada sistem. Hal yang harus dilakukan adalah Factory Reset atau lakukan pengaturan 'kembali ke pengaturan pabrik'. Setelah anda lakukan ternyata masih belum hilang masalah tersebut, satu-satunya cara adalah dengan menginstal ulang sistem operasi android sesuai dengan versi android anda sebelumnya agar sistem kembali baru.

Anda juga bisa membaca :

Dengan Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android akan membuat anda nyaman dalam mengoperasikan msartphone anda. Penggunaan smartphone android yang benar bisa memperpanjang umur pakai dari ponsel anda atau bsia dibilang akan lebih awet. Lakukan penghapusan cache secara berkala untuk menghindari memori penuh muncul. Gunakan penyimpanan micro SD untuk file-file yang mudah dipindah seperti foto, musik, dan juga aplikasi yang merupakan buatan pihak ketiga atau bukan bawaan dari android. Salam


Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Atasi Memori Internal Penuh di HP Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah