Cara Mengatasi Layar Hp Redup Terang Padahal Kecerahan Sudah Full

Tips Android - Pernah mengalami Layar sentuh Terang Redup Sendiri? meskipun kita sudah berkali-kali mengubahnya menjadi terang full? Nah jika anda mengalami hal ini jangan buru-buru berfikir bahwa layar anda rusak dan harus diganti. Karena belum tentu hal ini. Ada baiknya kita menelusuri dulu masalah apa yang sebenarnya menjadi penyebab dari layar redup sendiri atau terang sendiri.

Layar Hp Redup Terang Padahal Kecerahan Full mungkin menjadi sebuah ketidaknyamanan terlebih saat kita sedang menggunakannya. Nah adabeberapa penyebab yang dapat mempengaruhi hal ini baik dari faktor setingan yang memang bukan merupakan kerusakan, ada pula memang akibat kerusakan. Untuk itu perlu kita ketahui penyebab sebelumnya. Jika sebelumnya terjadi benturan atau terjatuh, ada kemungkinan socket dari layar sentuh mengalami kendor. Dan penyebab ini biasanya diikuti dengan layar yang bergoyang. Jika tidak terjadi apa-apa dan tampilan layar secara visual bagus hanya kecerahan saja yang bermasalah, bisa jadi hanya setingan. Hal ini biasanya terjadi tanpa sengaja atau setelah kita melakukan reset factory. Untuk lebih jelasnya berikut cara mengatasi layar redup terang di android.

Cara Mengatasi Layar Hp Redup Terang di Android

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan masalah ini terjadi, diantaranya :

1. Setingan Kecerahan Layar
Nah ini yang banyak terjadi. Terkadang kita sudah panik dan menyatakan layar rusak padahal hanya setingan yang berubah akibat tanpa sadar kita mengubahnya menjadi otomatis. Dalam sistem android terdapat kecerahan layar AUTOMATIC yang berrarti dia akan redup sendiri dan terang sendiri sesuai dengan intensitas cahaya di luar. Jika intensitas cahaya di luar terang maka layar otomatis akan redup, begitu juga sebaliknya jika intensitas cahaya gelap misalnya di malam hari layar akan terang. Agar layar tidak mengalami redup terang sendiri, maka perlu menonaktifkan fitur auto tersebut. Caranya :
  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih menu Tampilan
  • Di bagian atas ada Pilihan tingkat kecerahan, klik dan matikan "Kecerahan Otomatis"
  • Setelah itu atur kecerahan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mengatasi Layar Hp Redup Terang di Android

2. Socket Kendor/Kotor
Jika sebelum terjadi masalah ini sebelumnya terjadi benturan atau smartphone terjatuh ada kemungkinan socket LCD kendor sehingga ketika layar bergoyang maka socket bergerak dan menyebabkan layar redup dan terang atau bahkan mati. Karena bilapenyebabnya masalah ini biasanya kadang akan sempat mengalami layar mati karena akibat socket tidak tersambung. Jika hanya layar redup terang mungkin dalam socket terdapat kotoran. Cara mengatasinya :
  • Matikan hp anda dan Buka casing depan belakang
  • Buka casing dalam dengan menggunakan obeng kecil
  • Setelah itu cabut socketnya kemudian bersihkan menggunakan contact cleaner
  • Jika tidak ada contact cleaner bisa menggunakan minyak kayu putih
  • Diamkan hingga cairan kering
  • Setelah itu pasang kembali danpastikan posisi socket tepat agar tidak mudah kendor
  • Kemudian pasang kembali casing dan nyalakan.

Jika layar sering berkedip, anda bisa mencoba cara ini : Mengatasi Layar Sentuh Berkedip
Jika layar anda sering error, mungkin bisa coba : Cara Mengatasi Layar Sentuh Error
Jika layar sentuh tidak berfungsi sebagian, cek cara ini : Mengatasi Layar Sentuh tidak berfungsi sebagian

2. Lampu LCD Rusak
Nah, setelah kedua cara di atas masih belum menyelesaikan masalah, barulah kita bisa bilang bahwa memang LCD rusak bagian lampunya dan perlu dilakukan penggantian. Untuk penggantian anda bisa membeli LCD sesuai dengan spesifikasi ponsel anda atau bisa datang ke teknisi handphone terdekat.

Demikian cara mengatasi layar sentuh redup terang sendiri dengan mudah. Pastikan untuk mengetahui penyebab dari segala masalah sebelum menentukan penggantian part yang mungkin tidak menyelesaikan masalah tetapi hanya menambah biaya penggantian saja. Penggunaan smartphone sesuai dengan yang disarankan berdasarkan buku pedoman pengguna dapat mengurangi kemungkinan kerusakan dan masalah yang bisa terjadi. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar Hp Redup Terang Padahal Kecerahan Sudah Full"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah