Cara Memperbaiki Batrei Tanam Android yang Rusak

Baca Juga:

Harga Android 4G dibawah 1 JutaHarga Tablet Murah
Daftar Android Murah RAM 2 GigaHarga Xiaomi Terbaru
Tips Android - Apakah Baterai Tanam Atau Non-Removable bisa diperbaiki? Bagaimana Cara Memperbaiki Batrei Tanam mati total? Salah satu kekurangan dari smartphone yang menggunakan non-removable battery adalah ketika adanya kerusakan pada baterai, sama seperti kita mengalami kerusakan smartphone itu sendiri. Kadang orang akan langsung membeli msartphone baru jika mengalami kerusakan pada baterai non-meovable atau baterai tanam. Sebenarnya baterai tanam masih bisa diperbaiki.

Memperbaiki Batrei Tanam Rusak bisa dilakukan jika memang smartphone tersebut yang rusak adalah memang baterainya. Jika kerusakan juga terjadi pada jalur lain, maka cara ini tentunya bukan penyelesaian akhir karena kita harus menyelesaikan masalah berikutnya. Tetapi tentunya dengan cara ini kita bisa menyelamatkan smartphone atau hp yang memiliki baterai tanam agar bisa menyala kembali ketika baterai tersebut rusak, baterai bocor, baterai tanam ngedrop, error, atau bahkan mati total. Bagaimana caranya? yuk kita ulas masalah ini.

Cara Memperbaiki HP Android Baterai Tanam Mati Total

Cara Memperbaiki HP Android Baterai Tanam Mati Total

Saat ini memang hampir sebagian smartphone yang ada di pasaran menggunakan baterai tanam, sehingga kemungkinan rusaknya lebih besar karena tidak bisa kita ganti sendiri. Untuk Menghidupkan baterai tanam yang mati total, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mengetahui penyebabnya.

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi jika baterai tanam rusak atau mati total adalah Protektor yang rusak atau putus. Sesuai dengan skema jalur baterai tanam, IC baterai tanam hanya memiliki satu Protektor sehingga jika protektor tersebut mengalami masalah maka pengisian arus akan terganggu. Jika protektor belum putus tetapi rusak, efek yang muncul adalah baterai cepat habis atau ngedrop sedangkan jika putus maka baterai mati total. Ketika protektor rusak, satu-satunya cara adalah dengan menjumper jalur baterai. Berikut caranya :
  • Buka casing ponsel yang rusak baterainya
  • Buka casing penutup depan dengan obeng agar baterai tanam bisa diangkat
  • Setelah baterai terangkat, buka pembungkus di bagian ujung atas baterai yang biasanya dibungkus dengan tape.
  • Siapkan satu tembaga serabut, ambil satu serabut dan solder dengan tenol bagian antara protektor menuju baterai.
  • Setelah selesai, pasang kembali dan cobalah nyalakan ponsel
Mengapa Protektor bisa putus? sesuai dengan namanya, protektor berfungsi melindungi arus, mungkin kita lebih mengeal dengan nama Sekering. Protektor putus biasanya akibat terjadinya arus pendek atau konsleting pada baterai. Jika smartphone anda masih masuk dalam masa garansi, lebih baik klaim ke Service Center terdekat agar bisa diganti dengan spare part baterai yang baru.

Setelah berhasil memperbaiki, ada baiknya anda melakukan Kalibrasi Baterai. Anda bisa melihat caranya pada Cara Kalibrasi Baterai Android

Demikian cara mengatasi baterai tanam rusak mati total. Anda bisa mencobanya bagi yang sudah berpengalaman dalam soldering. Sedangkan untuk yang belum berpengalaman dalam hal teknik soldering atau service alangkah baiknya menghubungi teknisi ponsel terdekat. Salam.

Cara Memperbaiki Batrei Tanam Android yang Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Rivera

0 komentar:

Powered by Blogger.