Cara Memperbaiki Batrei Tanam Android yang Rusak

Tips Android - Apakah Baterai Tanam Atau Non-Removable bisa diperbaiki? Bagaimana Cara Memperbaiki Batrei Tanam mati total? Salah satu kekurangan dari smartphone yang menggunakan non-removable battery adalah ketika adanya kerusakan pada baterai, sama seperti kita mengalami kerusakan smartphone itu sendiri. Kadang orang akan langsung membeli msartphone baru jika mengalami kerusakan pada baterai non-meovable atau baterai tanam. Sebenarnya baterai tanam masih bisa diperbaiki.  Terlepas dari namanya, baterai yang tidak bisa dilepas sebenarnya bisa dilepas. Masalahnya adalah sering membutuhkan begitu banyak alat khusus sehingga tidak mungkin pengguna biasa untuk mengganti dengan mudah layaknya baterai removable. Misalnya seperti harus membuka casing yang menggunakan baut atau melepas socket yang bagi sebagian orang masih awam bentuknya. 

Memperbaiki Batrei Tanam Rusak bisa dilakukan jika memang smartphone tersebut yang rusak adalah memang baterainya. Jika kerusakan juga terjadi pada jalur lain, maka cara ini tentunya bukan penyelesaian akhir karena kita harus menyelesaikan masalah berikutnya. Tetapi tentunya dengan cara ini kita bisa menyelamatkan smartphone atau hp yang memiliki baterai tanam agar bisa menyala kembali ketika baterai tersebut rusak, baterai bocor, baterai tanam ngedrop, error, atau bahkan mati total. Bagaimana caranya? yuk kita ulas masalah ini.

Cara Memperbaiki HP Android Baterai Tanam Mati Total

Cara Memperbaiki HP Android Baterai Tanam Mati Total

Saat ini memang hampir sebagian smartphone yang ada di pasaran menggunakan baterai tanam, sehingga kemungkinan rusaknya lebih besar karena tidak bisa kita ganti sendiri. Untuk Menghidupkan baterai tanam yang mati total, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mengetahui penyebabnya.


Baterai Tanam Mati Total

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi jika baterai tanam rusak atau mati total adalah Protektor yang rusak atau putus. Sesuai dengan skema jalur baterai tanam, IC baterai tanam hanya memiliki satu Protektor sehingga jika protektor tersebut mengalami masalah maka pengisian arus akan terganggu. Jika protektor belum putus tetapi rusak, efek yang muncul adalah baterai cepat habis atau ngedrop sedangkan jika putus maka baterai mati total. Ketika protektor rusak, satu-satunya cara adalah dengan menjumper jalur baterai. Berikut caranya :
  • Buka casing ponsel yang rusak baterainya
  • Buka casing penutup depan dengan obeng agar baterai tanam bisa diangkat
  • Setelah baterai terangkat, buka pembungkus di bagian ujung atas baterai yang biasanya dibungkus dengan tape.
  • Siapkan satu tembaga serabut, ambil satu serabut dan solder dengan tenol bagian antara protektor menuju baterai.
  • Setelah selesai, pasang kembali dan cobalah nyalakan ponsel
Mengapa Protektor bisa putus? sesuai dengan namanya, protektor berfungsi melindungi arus, mungkin kita lebih mengeal dengan nama Sekering. Protektor putus biasanya akibat terjadinya arus pendek atau konsleting pada baterai. Jika smartphone anda masih masuk dalam masa garansi, lebih baik klaim ke Service Center terdekat agar bisa diganti dengan spare part baterai yang baru.

Satu kelebihan yang dimiliki baterai ponsel yang tidak dapat dilepas adalah desainnya yang lebih ketat. Karena ponsel baterai yang dapat dilepas perlu memiliki pelat belakang, hal itu dapat mengganggu keseluruhan desain ponsel. Ponsel yang tidak dapat dilepas memiliki baterai yang tersimpan dalam barang elektronik, yang berarti mereka tidak membutuhkan panel belakang. Hal ini memungkinkan produsen untuk membuat ponsel dari bahan berkualitas tinggi dan menghasilkan ponsel mewah. Ini juga berarti ponsel baterai yang tidak dapat dilepas lebih ramping dari sisi body.

Pada dasarnya, HP dengan baterai yang tidak dapat dilepas jauh lebih sedikit masalah, karena memungkinkan untuk melakukan aktivitas lebih banyak tanpa perlu khawatir mengganti baterai di kemudian hari.

Setelah berhasil memperbaiki, ada baiknya anda melakukan Kalibrasi Baterai. Anda bisa melihat caranya pada Cara Kalibrasi Baterai Android

Demikian cara mengatasi baterai tanam rusak mati total. Anda bisa mencobanya bagi yang sudah berpengalaman dalam soldering. Sedangkan untuk yang belum berpengalaman dalam hal teknik soldering atau service alangkah baiknya menghubungi teknisi ponsel terdekat. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Batrei Tanam Android yang Rusak"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah