Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Tips WhatsApp - Apakah bisa Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus? Bagi pengguna Whatsapp tentu pernah menemukan sebuah pesan yang telah dihapus oleh pengirimnya. Entah dengan alasan apapun, biasanya kita menemukan tulisan tercetak miring dengan keterangan Pesan ini telah dihapus. Untuk menghapus pesan Whatsapp tentu hampir semua sudah bsia melakukannya. Hanya dengan menekan lama pesan tersebut maka akan muncul pilihan di pojok kanan atas dan klik logo sampah maka akan ada pilihan hapus pesan untuk pribadi atau semua orang.  Pesan dihapus biasanya kita temukan pada grup mungkin yang paling sering kita temui.

Mengembalikan Pesan WA yang Sudah Dihapus pengirim atau bahkan data ataupun file bisa kita lakukan. Dengan menggunakan bantuan aplikasi lain kita bisa mengembalikan atau memulihkan pesan yang sudah dihapus. Ada kondisi-kondisi tertentu yang kadang membutuhkan untuk kita mengetahui isi pesan yang sudah terhapus tersebut. Jadi tidak ada salahnya jika saat ini kita belum memerlukan cara ini tapi kita bisa tahu caranya agar ketika kita ingin mengembalikan sudah bisa langsung dicoba.

 Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus



Jika sebelumnya kita pernah membahas masalah ini yaitu mengembalikan data WA dan LINE yang terhapus, kali ini sedikit berbeda caranya yaitu dengan memanfaatkan database yang ada di dalam memori telepon kita. Karena pada dasarnya whatsapp selalu menyimpan setiap data yang masuk sehingga bisa dipulihkan dengan mudah

Cara memulihkan Pesan yang Sudah Terhapus di WA

Untuk memulihkan pesan WA yang sudah dihapus, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, antara lain :
  • Pertama, seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa ponsel kita menyimpan data record dari setiap aktivitas di wa. Sehingga kita bisa mengambil data yang sudah ada. Langsung saja menuju ke folder File Saya, atau biasanya ada yang menggunakan explorer.
  • Di dalam folder file saya pilih Perangkat penyimpanan internal dan kemudian masuk ke folder Whatsapp >> Database
 Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus
  • Disitu akan banyak data yang backup dari file whatsapp kita. Lihat tanggal masing2 data dengan tap lama dan klik pilihan kemudian pilih rincian. Cari tanggal dimana anda akan mengembalikan pesan tersebut. 
  • Jika sudah ketemu datanya, rename menjadi seperti data paling atas yaitu msgstore.db.crypt12.
  • Jika ada pilihan ganti file, klik OK
  • Selanjutnya pergi ke Google Playstore >> Aplikasi Saya >> Whatsapp
  • copot pemasangan whatsapp anda agar data sebelumnya bisa kita pulihkan
  • Setelah pencopotan atau unninstall selesai, install atau pasang kembali whatsapp
  • Setelah pemasangan selesai, buka aplikasi Whatsapp dengan memasukkan kode verifikasi sesuai dengan yang dikirim ke ponsel
Jika anda memiliki masalah mengenai nomor whatsapp atau nomor sudah hilang ataupun tidak aktif, anda bisa tetap login, Lihat caranya pada Cara Login WhatsApp tanpa Verifikasi (nomor Tidak Aktif)
  • Setelah berhasil masuk ke whatsapp, klik kanan atas dan pilih Pulihkan atau Restore
  • Tunggu hingga proses pemulihan selesai
  • Maka, semua data baik file ataupun pesan akan kembali seperti di tanggal dari data yang kita ubah tadi.

Kelemahan cara ini adalah, data terbaru yang setelahnya akan hilang. Juga harus melalui proses pencopotan dan pemasangan. Ada cara lain yang tidak harus melakukan proses pemasangan ulang, yaitu melalui pengambilan backup di akun Google Drive kita.

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Pengirimnya

Jika cara diatas adalah cara mengembalikan data dan pesan yang sudah dihapus tetapi kali ini bagi yang belum membutuhkan kondisi ini ada baiknya menginstall aplikasi Recent notification. Aplikasi ini berguna untuk melihat pesan yang sudah terhapus di Whatsapp bisa kita lihat pada aplikasi ini, caranya :


  •  Unduh dan install aplikasi Recent Notifications dari playstore. Ketik aja melalui pencarian
  • Install hingga proses selesai
  • Jika sudah selesai menginstall, buka aplikasinya dan klik ijinkan jika aplikasi membutuhkan akses ijin
  • Ketika sudah masuk ke aplikasi Recent Notification, akan muncul jendela untuk mengaktifkan aplikasi ini, klik Enable Now
  • Nah, sudah aktif aplikasi ini sehingga ketika nanti ada pesan yang sudah terhapus dari WA atau sudah dihapus pengirimnya, di dalam aplikasi ini masih bisa dibaca secara lengkap
Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Pengirimnya

Kelemahan cara ini adalah, anda tidak bisa melakukan pengembalian data ataupun pesan jika sebelum terjadi pengiriman pesan anda belum menginstall aplikasi ini, maka pesan yang terhapus tidak bisa dilihat, Ada baiknya anda menginstall sekarang sehingga ketika dibutuhkan nanti bisa langsung anda gunakan.

Nah, kalau anda menggunakan fitur pengunduhan media secara manual (bukan setingan otomatis mengunduh media) maka kedua cara ini tetap tidak bisa mengembalikan data yang terhapus tadi. Maka jika anda yang menggunakan Whatsapp untuk urusan yang penting ada baiknya pastikan file gambar, video, dan juga dokumen sudah dalam seting terunduh otomatis agar bisa langsung masuk. Sayangnya kadang hal ini cuma membuat smartphone kita cepat habis memorinya, Apalagi bagi yang mengikuti banyak grup WA.

Atau jika anda ingin membuat whatsapp tanpa nomer hp, anda bisa lihat caranya di Cara Daftar Akun WhatsApp tanpa Nomer HP

Demikian mengenai cara mengembalikan pesan yang sudah dihapus yang bisa anda coba ketika membutuhkan. Jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran jika ada cara yang lebih baik agar bisa kami update isi artikel sesuai dengan perubahan yang terjadi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah