Saturday, March 23, 2019

Cara Mengatasi Layar Burn In Atau Membekas Pada Android

Baca Juga:

Harga Android 4G dibawah 1 JutaHarga Tablet Murah
Daftar Android Murah RAM 2 GigaHarga Xiaomi Terbaru
Tips Android - Pernah Mengalami layar membekas atau ndeplok gambar tampilan home? itulah yang dimaksud dengan Layar Android Muncul Burn-In atau Screen burn In. Screen burn-in atau ghosting adalah kerusakan layar yang menimbulkan bekas tercetak bentuk gambar icon atau tampilan yang muncul lama. Biasanya paling sering tercetak adalah status bar atas atau menu-menu gambar icon di tampilan home. Pada dasarnya munculnya penyakit layar Burn-In ini paling sering terjadi pada layar type AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) walaupun jenis LCD pun berpotensi muncul masalah ini. Yang sering terjadi pada beberapa merk hp seperti Samsung Galaxy, Xiaomi Redmi, Xiaomi Note, dan juga Oppo.

Cara Mengatasi Layar Burn In tentunya masalah ini tidak serta merta muncul begitu saja, pasti ada penyebabnya. Salah satu penyebabnya biasanya adanya pixel pada komposisi layar yang menyala terus menerus. Terjadi paling sering ketika kita menonton video di Youtube misalnya dalam jangka waktu yang lama, akan muncul bekas status bar di bagian bawah. Jika memang masih dalam masa garansi dan lokasi service center dekat dengan lokasi anda mungkin ada baiknya langsung datang ke service center terdekat untuk dilakukan klaim garansi sehingga bisa lebih optimal. Tetapi bagaimana jika masih masa garansi dan lokasi service center jauh, atau sudah lewat masa garansi? jangan panik, bisa kita perbaiki sendiri dengan beberapa cara yang bisa kita lakukan.

Cara Mengatasi Layar Burn In Atau Membekas (Tercetak Pola) Pada Android

Cara Mengatasi Layar Burn In Android

Layar Burn-in bisa saja terjadi pada smartphone merk apapun khususnya yang layar sentuh atau touchscreen dengan jenis AMOLED dan juga IPS LED. Bagi yang memiliki smartphone yang sudah berusia lebih dari 2 tahun ada baiknya gunakan smartphone dengan semestinya jangan berlebihan, karena idealnya smartphone yang baik hanya berkisar selama 2 tahunan. Jika dalam 2 tahun tidak ada masalah artinya smartphone anda normal. Jadi bagi yang sudah lebih dari 2 tahun dan mengalami masalah, itu merupakan hal yang wajar. Najika muncul masalah layar membekas atau bergaris bentuk bar notifikasi atau bar aplikasi, bisa kita atasi dengan beberapa cara.

Cara Menghilangkan Layar Burn-In di Android

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan burn in di layar android jika muncul masalah ini, antara lain:

Menggunakan Aplikasi Screen Burn In Tool

Ada aplikasi yang bisa menghilangkan atau membersihkan Burn-In ini yaitu Screen Burn In Tool yang bisa diunduh secara gratis di Playstore. Cara kerja aplikasi ini pada dasarnya adalah menyamakan warna yang sesuai dengan warna asli layar sehingga pada bagian yang terkena Burn-in akan sedikit diredupkan agar warna kembali. Secara umum penggunaanya tidak bisa sekali langsung clear. Lakukan setidaknya seminggu sekali agar garis burn-in semakin lama semakin samar hingga hilang sepenuhnya. Semakin parah atau semakin tebal burn-in yang muncul maka akan semakin lama pula prosesnya. Tapi biasanya sekitar 5 sampai 6 kali saja sudah hilang sepenuhnya. Jangan lupa restart setiap selesai menggunakan aplikasi ini.


Menggunakan Aplikasi Dead Pixel Fix

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, tetapi aplikasi ini bekerja melakukan pengecekan dahulu kemudian akan memperbaiki hanya pada titik-titik yang memang harus dilakukan perbaikan saja. Cara penggunaannya jangan lupa maksimalkan pengaturan kecerahan layar di smartphone anda kemudian lakukan check. Setelah selesai, klik Fix Dead Start dan pilih model penghentiannya. Jika memilih start on time maka ktia bisa mengatur waktu sesuai dengan keinginan kita.


Jika memang smartphone anda sudah berumur lama, dan dilakukan perbaikan seperti ini hialng, akan ada kemungkinan muncul lagi mengingat life time atau masa dari layar sudah waktunya diganti. Untuk yang sudah selesai atau sudah clear masalahnya, jika ingin meminimalis munculnya masalah ini lagi, ada beberapa perlakukan yang harus dilakukan, diantaranya:
  • Pengaturan layar mati otomatsi lebih dipercepat agar layar tidak bekerja lebih lama, misalnya pilih layar mati otomatsi dengan waktu 15 detik
  • Jangan menggunakan smartphone saat sedang dicas atau dalam masa pengisian. Selain merusak masa baterai, juga bisa memebuat layar dalam kondisi panas dalam waktu yang lama.

  • Jika sedang menggunakan smartphone misalnya bermain game, jika smartphone sudah dalam keadaan panas, ada baiknya hentikan dahulu. Diamkan beberapa saat atau matikan.
  • Usahakan kondisi sinyal dari provider yang anda gunakan selalu ada sinyal atau sinyal baik. Smartphone yang tidak mendapatkan sinyal akan terus mencari sinyal terdekat secara otomatis. Hal ini juga membuat smartphone menjadi panas. 

Selain 2 aplikasi di atas, anda juga bisa mencoba aplikasi Burn-In Wiper yang fungsinya hampir sama dengan kedua aplikasi di atas.

Jika smartphone anda mengalami layar ngeblur, itu kasusnya beda lagi. Anda bisa membaca caranya pada Cara Mengatasi layar HP Ngeblur / Berbayang. Atau jika terjadi blank warna putih tapi bersih tanpa ada burn-in, anda bisa lakukan carai-cara di Cara Mengatasi Layar Sentuh Blank Putih Android.

Teknik dan Cara Mengatasi garis Layar Burn In Android diatas memang tidak sepenuhnya menghilangkan karena sangat bergantung pada kondisi kerusakan atau kondisi ketebalan burn-in dari hp android anda. Semakin tebal atau semakin hitam garis di layar maka akan semakin lama atau semakin susah hilangnya. Tetapi tidak ada salahnya jika mencoba karena aplikasi ini pun gratis penggunaanya. Demikian aplikasi yang bsia anda gunakan untuk mengatasi layar burn-in di hp android milik anda yang semoga bisa hilang dengan beberapa cara di atas. Salam

Cara Mengatasi Layar Burn In Atau Membekas Pada Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Rivera

0 komentar:

Powered by Blogger.