Wednesday, June 12, 2019

Flashdisk Replika atau Palsu Rusak? Ini Cara Memperbaikinya

Baca Juga:

Harga Android 4G dibawah 1 JutaHarga Tablet Murah
Daftar Android Murah RAM 2 GigaHarga Xiaomi Terbaru
Bagaimana cara memperbaiki Flashdisk Palsu atau Replika? Apakah bisa flashdisk murah atau abal-abal diperbaiki jika rusak atau sudah tidak terbaca? Pada dasarnya bisa jika kita memahami pola dan sistem kerja dari flashdisk itu sendiri. Jika anda terlanjur membeli flashdisk murah karena tergiur harganya dan ternyata cepat rusak padahal tertulis merk ternama misalnya Toshiba atau flashdisk Sony dan merk-merk lain sekelasnya tapi ternyata cepat rusak, jangan buru-buru panik jika ada data didalamnya dan sangat penting karena bisa kita selamatkan. Kemungkinan besar masih bisa jika kita mengetahui caranya.

Cara memperbaiki flashdisk palsu rusak atau tidak terbaca mungkin lebih tepatnya bukan memperbaiki namun lebih mengarah pada menormalkan. Ciri-ciri error dari flashdisk palsu biasanya file yang terbaca sering corrupt atau hilang dan tidak terlihat meskipun hidden file sudah dimunculkan. Jika anda membeli flashdisk kapasitas besar namun harganya sangat murah jika dibandingkan dengan harga flashdisk lain yang berukuran setara bisa dipastikan itu adalah flashdisk abal-abal atau palsu atau replika. Maka hati-hati kemungkinan besar ukuran aslinya kecil. Biasanya kasus yang terjadi adalah file hilang sendiri, atau tidak terbaca sama sekali

Cara Memperbaiki Flashdisk Palsu Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk Palsu Rusak

Seperti yang sudah disinggung di awal, flashdisk palsu atau KW atau replika biasanya rusaknya pada file yang tersimpan. Ketika kita menyimpan file, kemudian selesai. Setelah dicolokkan ternyata file tersebut tidak bisa dibuka padahal yakin tidak terkena virus. Nah, file yang corrupt tersebut bisa berbagai macam, salah satunya jika nilainya berkurang. Hal ini disebabkan dari flashdisk yang kita beli sebenarnya kapasitasnya tidak sesuai dengan yang tertulis. Lalu bagaimana memperbaikinya? tentunya kita harus mengembalikan agar nilai yang tertulis sesuai dengan kapasitas aslinya sehingga kita bisa melihat apakah flashdisk sudah penuh atau masih ada ruang kosong yang sebenarnya. Misalnya jika tertulis 64GB namun sebenarnya hanya 2GB tentunya kita harus menyimpan tidak boleh melebihi 2GB, untuk itu kita harus kembalikan pembacaan kapasitasnya menjadi yang sesungguhnya. Jika ada file-file yang corrupt kita harus mengurangi kapasitasnya dengan menghapus sebagian file. Namun sebelum itu kita harus mengetahui pasti berapa nilai asli dari kapasitas flashdisk yang kita milik.


Cara Mengetahui Kapasitas Asli Flashdisk Palsu

Lalu bagaimana mengetahui kapasitas aslinya secara pasti? caranya :
  • Unduh aplikasi H2Testw
  • Setelah selesai, buka aplikasinya, dan colokkan flashdisk
  • Kemudian klik tombol select pada aplikasi H2Testw dan pilih lokasi flashdisk (G:)
  • Setelah itu klik tombol Write + Verify
  • Tunggu beberapa saat untuk proses analisanya, kemudian akan muncul info kapasitas asli dari flashdisk tersebut
  • Biasanya akan muncul nilai yang jauh dari kapasitas yang tertulis, jika 32GB bisa saja ternyata hanya 1 atau 2 GB saja untuk ukuran sebenarnya.

Karena kita sudah mengetahui kapasitas aslinya, yang ktia lakukan adalah mengurangi file atau melakukan format dari flashdisk tersebut untuk kemudian kita perbaiki dengan mengganti nilai yang terbaca ke nilai sebenarnya.

Cara mengganti kapasitas Flashdisk palsu ke kapasitas asli

Untuk mengganti tulisan pada flashdisk, maka kita bisa membuat partisi flashdisk, caranya:
  • Unduh aplikasi “EaseUS Partition Master” dan kemudian install di komputer
  • Setelah selesai menginstall, colokkan flashdisk ke komputer
  • Buka program “EaseUS Partition Master”.
  • Pilih “Partition Manager”.
  • Klik kanan pada drive letter flashdisk, dan pilih “Resize/Move”.
  • Geser bar sampai ke ukuran kapasitas yang sekiranya merupakan kapasitas sebenarnya dari flashdisk palsu tersebut.
  • Klik “OK” kemudian “Apply” dan tunggu hingga proses berjalan selesai.

Setelah selesai, silakan cek pada My Computer, jika tulisan kapasitasnya sudah berubah menjadi ukuran aslinya artinya proses berhasil.

Anda bisa juga membaca, cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca

Jika sudah memperbaiki flashdisk palsu ke ukuran sebenarnya, maka kita bisa mengantisipasi untuk menyimpan file sesuai dengan kapasitasnya dan komputer pun akan membaca otomatis dari nilai yang sebenarnya tersebut. Demikian cara memperbaiki flashdisk palsu yang bisa anda coba ketika memiliki flashdisk palsu dan kurang yakin dengan kapasitas yang tertulis. Karena jangan sampai kehilangan file penting, ada baiknya sebelum rusak pun perlu dilakukan pengecekan. Semoga apa yang disampaikan bisa membantu mengatasi masalah anda. Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada cara yeng lebih update dan kami dengan senang hati akan menambahkannya. Salam.

Flashdisk Replika atau Palsu Rusak? Ini Cara Memperbaikinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Rivera

0 komentar:

Powered by Blogger.