Cara Mengatasi Kontak Nama Tidak Muncul di Whatsapp

Tips WhatsApp - Pernah Mengalami nama kontak tidak muncul di whatsapp? Saat kita membuka whatsapp ternyata semua nama kontak kita berubah menjadi nomor hp seperti kotnak baru yang belum pernah ktia simpan. Padahal sebelumnya sudah ktia simpan dan pernah chat dan muncul nama tapi tiba-tiba hilang. Nah, jika anda pernah mengalami itu atau saat ini mengalami masalah tersebut namun belum terselesaikan, jangan dulu panik karena bisa kita atasi karena ini hanya masalah pembacaan saja.

Nama kontak tidak tampil di whatsapp mungkin bisa saja terjadi di iPhone maupun android baik Xiaomi, Oppo, Samsung, Vivo, maupun merk lainnya. Memang hal pertama yang perlu kita pastikan adalah kontak sudah kita simpan atau sudah pernah disave di kontak adress book sehingga bisa muncul di whatsapp. Jangan lupa juga jika kita memiliki teman luar negeri pastikan menggunakan ekstensi yang sesuai dengan negaranya, jika indonesia menggunakan +62 maka jika teman di luar negeri sesuaikan nomor kode sesuai dengan kode negaranya tersebut.

Cara Mengatasi Kontak Nama Tidak Muncul di Whatsapp


Cara Mengatasi Kontak Nama Tidak Muncul di Whatsapp


 Jika mengalami masalah kontak tidak muncul di whatsapp, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kontak tidak tampil di wa android, diantaranya:

Menampilkan Kontak Tidak Muncul di WhatsApp


1. Update versi WhatsApp

Kadang yang sering kita lupakan adalah mengupdate versi android kita, sehingga kadang dari system membuat hal ini error sehingga tidak bisa mengakses ke kontak yang menyebabkan tampilan di whatsapp tidak muncul nama sesuai dengan nama yang kita simpan. Pada bagian kontak pun kadang tidak muncul atau tidak terdeteksi bahwa nomor tersebut memiliki whatsapp. Langkah yang harus dilakukan cobalah melakukan update versi android anda. terlebih jika yang menonatifkan fitur update otomatis sehingga kita lupa bahwa versi sudah berubah dan belum kita update. Hal ini kadang juga berdampak pada masalah lain seperti WhatsApp tidak bisa dibuka.


2. Refresh WhatsApp (untuk Android)

Jika Anda baru-baru ini menambahkan kontak ke perangkat Anda tetapi ternyata tidak muncul di kontak WhatsApp cobalah melakukan refresh Whatsapp, caranya:
  • Klik Pengaturan pada hp dan pilih Akun
  • Setelah itu akan muncul beberapa akun yang tersinkronisasi, pilih yang Whatsapp
  • kemudian klik tiga titik kanan atas dan pilih hapus akun
  • Setelah terhapus, tambahkan secara manual akun whatsapp untuk mensinkronisasi
  • Selanjutnya, coba buka whatsapp dan cek kontaknya. Jika sudah muncul maka artinya problem terselesaikan. Jika belum, coba gunakan cara selanjutnya.

 Untuk pengguna iOS, tidak ada tombol refresh tetapi Anda dapat mencoba dan me-restart aplikasi untuk menyegarkannya. Untuk memulai kembali aplikasi, tutup paksa aplikasi. Untuk pengguna iPhone dengan tombol Home, cukup klik tombol dua kali dan geser aplikasi dari riwayat latar belakang.


3. Cek Akses ke Kontak

Ini merupakan salah satu solusi yang paling sering bisa membantu karena titik kunci dari kontak yang tidak tampil adalah akses ijin ke kontak. Pada dasarnya, jika Anda menonaktifkan perangkat Anda dari memungkinkan WhatsApp untuk mengakses kontak Anda dalam pengaturan maka WhatsApp tidak akan diizinkan untuk membaca kontak buku telepon Anda.

Jika menggunakan iOS :
  • Langsung ke aplikasi Pengaturan Anda dan kemudian gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan ketuk WhatsApp
  • Selanjutnya, di bawah bagian Izinkan WhatsApp untuk Mengakses, aktifkan Kontak.

Jika Anda menggunakan Android
  • Buka Pengaturan dan Pilih Aplikasi.
  • Setelah itu ketuk Kelola Aplikasi dan kemudian Semua Aplikasi.
  • Selanjutnya, ketuk WhatsApp
  • Cek apakah izin kontak sudah aktif. Jika belum, nyalakan Kontak untuk mengaktifkan izin untuk kontak.
  • Bisa juga melalui Keamanan> Izin> Aplikasi> WhatsApp, dan nyalakan Baca Kontak.

Setelah selesai dengan langkah-langkah di atas, Restart smartphone. Setelah menyala, coba buka Whatsapp untuk memastikan sudah tidak ada masalah pada kontak.


4. Login Ulang WhatsApp

Bisa juga dengan melakukan logout whatsapp atau hapus data. Caranya:
Buka pengaturan, kemudian pilih aplikasi
Setelah itu klik pada whatsapp dan klik tombol clear cache selanjutnya klik tombol Clear Data
Setelah itu buka aplikasi whatsapp dan login kembali dengan menggunakan nomor whatsapp anda sebelumnya

Untuk cara ini pastikan nomor whatsapp anda masih aktif karena akan ada nomor verifikasi untuk melakukan login. Jika nomor sudah tidak aktif, coba cara ini Cara Login WhatsApp Nomor Tidak Aktif.

Untuk di iOS, saat ini tidak ada tombol logout semacam itu untuk pengguna iOS, tetapi yang dapat Anda lakukan adalah menghapus aplikasi sepenuhnya dan menginstalnya kembali dari App Store. Ingatlah bahwa jika Anda akan menghapus aplikasi dari perangkat iOS Anda maka semua data Anda akan dihapus. Pastikan untuk membuat cadangan sebelum Anda melanjutkan menghapus aplikasi. Setelah selesai menghapus aplikasi, coba mulai ulang perangkat juga untuk memastikan solusi ini berfungsi.


5. Setelan Kontak Visible (terlihat)

Jika Anda adalah pengguna Android, ada opsi di pengaturan di mana Anda perlu memastikan bahwa itu diatur untuk menampilkan semua akun kontak (mis. SIM, Google, Telepon) & grup kontak (mis. Teman, Keluarga). Untuk benar-benar memperbaiki situasi di mana tidak ada kontak yang ditampilkan di WhatsApp, Anda disarankan untuk memilih untuk membuat kontak Anda "tidak terlihat" terlebih dahulu dan kemudian pilih terlihat yang akan memaksa melalui penyegaran daftar kontak. Setelah melakukan penyegaran ini, cukup kembali ke WhatsApp Anda, ketuk Tombol Menu (tombol Tiga-Dot) dan kemudian tekan Segarkan.

Anda juga bisa menggunakan semua kontak Anda, bukan hanya yang "terlihat". Ini berarti semua kontak Anda akan digunakan dan bukan kontak yang dipilih sebelumnya di mana Anda mungkin telah memilih kontak yang tidak ingin Anda tampilkan di WhatsApp Anda.

Cara menampilkan semua kontak :
  • Klik Tombol Menu (tombol tiga titik) pada halaman chat di whatsapp 
  • Kemudian pilih Pengaturan.
  • Selanjutnya, ketuk Kontak dan kemudian pilih Tampilkan semua kontak. Lihat apakah kontak ditampilkan di WhatsApp Anda sekarang.

Beberapa Cara Mengatasi Kontak Nama Tidak Muncul di Whatsapp sudah dilakukan dan beberapa cara ini sudah dilakukan uji coba hasilnya bisa digunakan. Jika ada cara lain atau cara yang lebih baik jangan ragu untuk melayangkan di kolom komentar agar bisa kami update postingannya dan bisa bermanfaat bagi pengguna lainnya. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Kontak Nama Tidak Muncul di Whatsapp"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah