Cara Mengaktifkan Fingerprint Lock Sidik Jari untuk WhatsApp di Android

Apakah bisa Whatsapp dengan Fingerprint? Kini fitur ini sudah mendukung pada whatsapp. Aplikasi olahpesan cepat atau messenger yang paling populer di indonesia saat ini kini telah memperkenalkan fitur yang sangat penting dalam pembaruan Versi 2.19.221 untuk perangkat Android, yaitu Fingerprint Lock for WhatsApp. Dengan fitur terbaru ini, Anda dapat mengunci aplikasi WhatsApp dan hanya dapat dibuka menggunakan Sidik Jari. Jadi sebelum melanjutkan untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah memperbarui aplikasi ke versi terbaru dari Google Play Store, dan tentunya ponsel anda mendukung untuk penggunaaan Fingerprint Lock ini.

Fingerprint Lock di WhatsApp Android ini bisa anda gunakan dengan catatan bahwa anda sudah mengupdate aplikasi minimal pada versi 2.19.221, anda bisa cek pada aplikasi Whatsapp anda untuk melihat versi yang sekarang terpasang. Jika Anda telah mematikan opsi pembaruan otomatis di Google Play Store, tentunya belum otomatis update dan harus melakukakan pembaruan aplikasi secara manual agar bisa menggunakan aplikasi ini. Ini adalah fitur Fingerprint yang mungkin telah lama ditunggu-tunggu bagi sebagian orang, dimana pengguna Android dapat mengunci obrolan WhatsApp sekarang dengan sidik jari mereka. Sebelumnya fitur ini disebut Otentikasi atau Kunci Layar. Fitur sidik jari akan memungkinkan penggunaan Touch ID di Android.

Selain itu smartphone anda juga harus sudah memiliki fitur Fingerprint di WhatsApp yang bisa digunakan untuk mengunci ponsel anda. Nah, jika kedua syarat ini sudah anda miliki, bagaimana mengaktifkan fitur ini? ikuti langkah-langkahnya:

Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprint di Whatsapp Android


Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprint di Whatsapp Android

 Jika anda ingin mengaktifkan kunci keamanan aplikasi whatsapp anda agar tidak bisa dibuka oleh sembarang orang, anda bisa memanfaatkan fitur fingerprint yang sekarang ada, caranya:

Cara Mengunci WhatsApp dengan Fingerprint

Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk mengaktifkan kunci Sidik Jari untuk akun WhatsApp Anda.
  • Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp dan ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar Anda
  • Langkah 2: Sekarang ketuk Pengaturan kemudian pergi ke Akunm selanjutnya anda perlu mengetuk Privasi dan kemudian ketuk pada opsi kunci Sidik Jari yang muncul pada daftar
  • Langkah 3: Ketuk pada tombol Toggle yang terlihat di sebelah kanan opsi - Buka kunci dengan sidik jari

Cara Mengunci WhatsApp dengan Fingerprint
  • Langkah 4: Anda akan diminta untuk memverifikasi Sidik Jari Anda untuk mengaktifkan fitur ini. Lakukan scanning sidik jari anda agar merekam sidik jari pemilik
  • Langkah 5:Pilih rentang waktu kunci otomatis dari opsi
    • Immediately (Segera)
    • After 1 Minute (Setelah 1 menit)
    • Aftrer 30 Menit (Setelah 30 menit)
    pilih salah satu, biasanya menggunakan after 1 minute
  • Langkah 6: Selanjutnya, anda juga dapat memilih dan mengatur untuk menyembunyikan konten dan nama pengirim agar tidak muncul di notifikasi pada layar beranda Anda. Pilih mana yang terlihat dan tidak terlihat jika tanpa fingerprint sehingga anda bisa menentukan mana yang bisa dilihat semua orang dan mana yang hanya bisa dilihat sendiridengan sidik jari
Sampai disini artinya anda telah berhasil mengaktifkan opsi kunci Sidik Jari untuk WhatsApp dan terkunci otomatis pada menit tergantung pada rentang waktu yang telah Anda tentukan, Anda akan diminta untuk menggunakan sidik jari Anda untuk membuka kunci. Anda harus menggunakan sidik jari untuk memulai obrolan, artinya kita akan dilindungi baik oleh orang atau aplikasi lain yang mencoba mengambil data kita.

Dengan Aktifkan Fingerprint di WhatsApp anda tidak perlu khawatir lagi ketika smartphone atau hp anda ditinggal dan teman atau sodara membuka-buka isi pesan kita, karena ada beberapa informasi yang mungkin bersifat pribadi atau privasi rahasia sendiri. Anda cukup teang dan tidak panik saat smartphone di tangan oranglain. Saya dapat mengatakan ini adalah fitur keamanan yang sangat baik karena WhatsApp atau aplikasi lain tidak dapat mengakses data sidik jari. Ini berarti data Anda diamankan dan hanya sistem Android yang mengelola data Anda. WhatsApp menggunakan API resmi ini artinya tidak ada informasi yang dibagikan dengan WhatsApp atau server Facebook.

Jika untuk panggilan whatsapp, kita masih dapat menerima panggilan WhatsApp tanpa harus menyentuh pemindai sidik jari. Ini karena fitur baru ini hanya membatasi satu dari membuka aplikasi. Anda juga masih dapat membalas pesan dari notifikasi bagi yang mengaktifkan balas cepat pada whatsapp tanpa perlu membuka aplikasinya.

Demikian mengenai Cara Mengunci WhatsApp dengan Fingerprint yang bisa anda coba untuk mengamankan obrolan privasi anda baik yang rahasia maupun yang tidak perlu diketahui orang lain. Jika anda masih bingung silakan bisa berkomentar mengenai masalah ini atau ingin menanggapi tentang adanya fitur terbaru dari aplikasi Whatsapp ini. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Fingerprint Lock Sidik Jari untuk WhatsApp di Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah