6 Solusi Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi di iPhone

Pernah anda mengalami masalah notifikasi iphone tidak bunyi ketika ada WhatsApp masuk? Masalah Notifikasi WhatsApp tidak bunyi di iPhone ini dialami oleh beberapa pengguna iPhone yang mengeluh ketika ada pesan baru pada WhatsApp tapi tidak ada pemberitahuan sehingga sering mengalami keterlambatan informasi yang diterima. Notifikasi WA masuk tidak ada suara nada pesan masuk atau notif bunyi apapun ini yang menjadi bingung adalah masalahnya hanya terjadi pada aplikasi WhatsApp saja. Aplikasi lain seperti pesan SMS masih memiliki nada pemberitahuan.

Whatsapp tidak ada suara pesan masuk atau notifikasi WhatsApp tidak bunyi hal ini terjadi tidak hanya pada iPhone saja tetapi kadang juga pada perangkat Android, seperti Samsung, Oppo, Vivo, ataupun Xiaomi. Beberapa nada pemberitahuan tidak bunyi ini beberapa dialami justru setelah melakukan update aplikasi atau pembaharuan. Di sini kami memiliki 6 solusi untuk menyelesaikan suara notifikasi WhatsApp yang tidak berfungsi pada iPhone, Samsung dan lainnya.

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi di iPhone

Meski bisa dibilang cukup sepele, namun beberapa orang kadang lupa memastikan beberapa setelan di bawah ini yang sebenarnya digunakan untuk menyalakan atau membuat notifikasi masuk dan berbunyi di iPhone. Untuk lebih jelasnya cek beberapa cara di bawah ini:

Mengatasi notifikasi whatsapp tidak muncul di iphone


Solusi 1
Sebelum melangkah pada penyelesaian mengatasi WA tidak bunyi di iPhone, satu hal yang pertama harus dicek adalah setingan perangkat tidak bisu. Karena kadang hal ini tanpa sengaja menekan tombol profil diam atau mengaktifkan mode bisu. Untuk iPhone, periksa apakah mode Hening (biasanya di sebelah tombol volume) aktif atau tidak. Jika disitu menunjukkan oranye, iPhone Anda dalam mode diam dan Anda harus memindahkan ke mode Dering. Setelah


Solusi 2
Anda tentu tidak akan mendapatkan suara notifikasi dari WhatsApp jika suara dinonaktifkan. Untuk memeriksa apakah suara notifikasi diaktifkan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka beranda WhatsApp
  • Navigasikan ke Pengaturan, lalu pilih Pemberitahuan
  • Centang nada Percakapan jika tidak dicentang sebelumnya
CATATAN: Anda juga bisa mengklik Reset pengaturan pemberitahuan untuk mengatur ulang pengaturan pemberitahuan WhatsApp ke keadaan default.


Solusi 3
Periksa Pengaturan Pemberitahuan iPhone. Jika Anda telah mengizinkan pemberitahuan WhatsApp tetapi masih tidak ada suara, Anda dapat memeriksa pengaturan Pemberitahuan telepon Anda. Untuk mengeceknya, Anda harus pergi ke Pengaturan> Pemberitahuan terlebih dahulu. Temukan WhatsApp dalam Notification Style dan ketuk. Pilih Izinkan pada notifikasi hingga berubah hijau. Juga, aktifkan tombol untuk Suara. Sedangkan untuk pengguna ponsel Android, Anda dapat pergi ke Pengaturan> Pemberitahuan> Kelola pemberitahuan aplikasi> WhatsApp dan aktifkan Izinkan pemberitahuan.


Solusi 4
Cobalah untuk dari Akun WhatsApp. Untuk memastikan Anda tidak kehilangan obrolan, Anda harus mencadangkannya terlebih dahulu sebelum logout akun Anda. Karena tidak ada pilihan keluar atau logout, maka anda harus melakukan penghapusan akun dari aplikasi, Caranya:
  • Buka beranda. Ketuk Pengaturan> Aplikasi> Manajemen Aplikasi> WhatsApp.
  • Ketuk Hapus Data untuk menghapus pengaturan dan data aplikasi.

Setelah itu masuk kembali. Buka layar Beranda lagi dan ketuk ikon WhatsApp untuk masuk. Pastikan Anda memasukkan nomor ponsel yang benar dan tunggu hingga kode OTP dikirimkan dalam bentuk SMS ke nomor whatsapp anda. Pastikan nomor masih aktif karena beberapa kasus yang terjadi, nomor atau kartu sim dari nomor yang digunakan untuk WhatsApp sudah tidak aktif

Untuk perangkat iOS, prosesnya akan sedikit berbeda karena perangkat iOS tidak memiliki ikon Clear Data sehingga mereka perlu mencopot pemasangan aplikasi untuk keluar:
  • Buka beranda WhatsApp. Buka Pengaturan> Obrolan> Cadangan obrolan> Cadangkan Sekarang. Dengan cara ini, data akan dicadangkan di iCloud.
  • Buka layar Beranda. Tekan dan tahan ikon WhatsApp sampai mulai bergoyang. Ketuk X di sudut kiri atas ikon untuk menghapus WhatsApp.
  • Buka App Store. Cari WhatsApp. Unduh dan instal aplikasi.
  • Ketuk ikon WhatsApp untuk membuka halaman Login. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang benar untuk masuk ke akun Anda. Setelah masuk kembali, ketuk Pulihkan untuk mengembalikan data obrolan Anda dari iCloud.


Solusi 5
Paksa Berhenti WhatsApp dan Mulai Ulang Ponsel Anda. Restart aplikasi akan selalu menjadi cara yang efektif untuk menyelesaikan sebagian besar masalah. Cobalah untuk memaksa berhenti WhatsApp dan mulai ulang untuk melihat apakah Anda bisa mendapatkan suara notifikasi untuk WhatsApp.

Untuk perangkat iOS seperti iPhone, akan ada berbagai cara untuk menghentikan aplikasi secara paksa, tergantung pada generasinya.
  • Jika Anda memiliki iPhone 8 atau lebih lama, Anda harus menekan tombol Rumah dua kali terlebih dahulu untuk melihat aplikasi yang paling baru digunakan. Geser ke kiri atau kanan untuk mencari tahu WhatsApp dan geser ke atas dari layar untuk menutup WhatsApp.
  • Jika Anda memiliki iPhone X, Anda harus menggesek layar beranda dan Anda akan melihat aplikasi yang berjalan. Juga, geser ke kiri atau kanan untuk mencari tahu WhatsApp, maka Anda dapat menggeseknya dari layar atau mengklik simbol minus merah untuk memaksa menghentikan WhatsApp.
  • Setelah itu, restart iPhone Anda.


Solusi 6
Jika Anda tidak memiliki WhatsApp versi terbaru, akan ada beberapa bug yang ada sehingga Anda sebaiknya memperbarui WhatsApp untuk mendapatkan kembali nada notifikasi. Jika Anda memiliki perangkat iOS, Anda harus membuka App Store untuk meminta bantuan.
  • Buka App Store. Ketuk ikon Pembaruan di sudut kanan bawah.
  • Arahkan ke WhatsApp dan klik tombol perbarui di sebelahnya. Masukkan ID Akun dan kata sandi dengan benar jika diperlukan.

Demikian beberapa cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi di iPhone yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah notif tidak muncul pada perangkat iPhone. Cara ini juga bisa digunakan untuk android, dan untuk penyelesaiannya disesuaikan dengan menu interface androidnya tapi pada prinsipnya sama. Salam



Belum ada Komentar untuk "6 Solusi Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi di iPhone"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah