Cara Memperbaiki Enkripsi Gagal Kesalahan “Encryption Unsuccessful” di Android

Apakah Anda pernah mengalami Enkripsi gagal di Android dan panik setelah melihat enkripsi gagal pada perangkat Android Anda? Baca artikel terbaru ini untuk menemukan beberapa solusi efektif untuk kesalahan enkripsi yang gagal. Masalah ini memungkinkan Anda tidak bisa menggunakan semua fitur pada telepon Anda. Kami telah menerima banyak saran untuk mengulas tentang masalah ini di perangkat Android. Jadi, kami telah menghadirkan beberapa solusi yang akan memperbaiki kesalahan ini hingga solusinya benar-benar bisa menyelesaikan masalah.

Apa Arti Kesalahan "Encryption Unsuccessful" di android ? Sebelum melihat solusinya, penting untuk memahami apa arti kesalahan ini sebenarnya. Enkripsi kesalahan yang tidak berhasil dapat terjadi karena beberapa masalah pada perangkat Anda. Kesalahan akan ditampilkan seperti ini:



Beberapa pengguna menyatakan bahwa perangkat mereka tiba-tiba hang dan diam tidak bisa disentuh, dan itu terjadi secara tiba-tiba bahkan ketika saat digunakan ataupun tidak digunakan. Ketika coba di-restart perangkat, setelah dinyalakan kembali malah muncul kesalahan ini. Jadi mungkin ada yang salah dengan sistem operasi di perangkat Android Anda.

Apakah Reset ke pengaturan pabrik adalah cara terbaik untuk memperbaikinya? bisa iya bisa tidak sebenarnya karena masalah ini sebenarnya penyebabnya komplek. Untuk lebih jelasnya bisa cek beberapa opsi untuk mengatasi masalah ini:

Cara Memperbaiki Enkripsi Gagal Kesalahan “Encryption Unsuccessful” di Android


Opsi 1. Cara Terbaik untuk Memperbaiki Kesalahan "Encryption Unsuccessful"

Apakah Anda mengalami kesalahan ini di perangkat Anda baru-baru ini? Kami memahami Anda tidak dapat melakukan panggilan atau mengirim pesan atau bahkan menghidupkan telepon Anda. Ini bisa menjengkelkan ketika Anda perlu menggunakan telepon Anda secara mendesak tetapi Anda tidak dapat menggunakannya karena kesalahan ini.

Sebelumnya, anda perlu mengikuti langkah-langkahnya, antara lain:

Anda harus mau menerima syarat saya.
  • Ketika Anda melakukan langkah-langkah berikut data Anda yang ada di telepon menjadi terhapus. Itu berarti tidak ada file di telepon. Jadi setelah smartphone berhasil menyala, artinya semua data hilang dan seperti handphone baru.
  • Tidak ada jaminan untuk keberhasilan karena mungkin saja faktor penyebab masalahnya beda
  • Metode ini sudah dicoba sendiri dan berhasil di smartphone saya
  • Jika metode yang anda lakukan melalui website ini berhasil, jangan ragu untuk bookmark halaman ini 
Langkah penanganan:
  • Pastikan smartphone atau hp android anda dalam keadaan baterai penuh atau harus diisi setidaknya 80% atau lebih
  • Pertama, Matikan telepon Anda dengan menahan tombol daya. 
  • Tahan (Tombol Daya + Volume Turun) selama 3 detik
  • Jika berhasil maka anda akan dibawa ke halaman menu boot. 


  • Selanjutnya pilih ke opsi "Wipe Data/Factory Reset" dengan menekan tombol volume turun dan pilih dengan menekan tombol volume naik. 
  • Kemudian,  setelah memilih melalui tombol di samping, klik "Wipe Data/Factory Reset" akan muncul konfirmasi
  • Jika Anda mengkonfirmasi untuk menghapus semua data pengguna atau reset pabrik, pilih opsi "Yes- Clear All Data". 
  • Setelah Anda menekan, itu secara otomatis melanjutkan prosesnya. Telepon akan secara otomatis mengatur ulang dan tunggu hingga proses reset selesai, 
  • Setelah selesai, smartphone akan menyala kembali seperti biasa. Jika berhasil maka hp sudah menyala normal tetapi semua data hilang

Jika Anda mengatur cadangan dengan akun google Anda, anda bisa mendapatkan kembali data Anda dengan memasukkan email pada akun google di hp android anda. Jika ada sesuatu yang masih perlu Anda ketahui, layangkan pertanyaan Anda dengan meninggalkan komentar Anda di bawah ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa ketika enkripsi terganggu dan tidak dapat menyelesaikan prosesnya, akibatnya, data di ponsel Anda tidak lagi dapat diakses. Untuk melanjutkan memperbaiki ponsel, Anda harus melakukan reset pabrik. Ketika Anda mengatur ponsel Anda setelah reset, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengembalikan semua data yang dicadangkan ke akun Google Anda.

Cara  mengatasi Encryption unsuccessful

 Selain cara di atas, masih ada dua kemungkinan masalahnya:

Update Firmware
Kemungkinan ada kesalahan atau kerusakan pada system androidnya sehingga harus dilakukan pemrograman ulang dengan melakukan flash atau upgrade firmware. Untuk cara melakukannya :
  • Buka website resmi dari brand smartphone yang anda miliki
  • Klik pada menu Support and Download di navigasi websitenya
  • Silahkan download dan install perangkat lunak bawaan vendor smartphone dan simpan di komputer Tiap vendor menawarkan software yang berbeda misalnya dari Samsung menggunakan software bernama Kies
  • Cari firmware yang sesuai dengan smartphone anda
  • Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi tersebut
  • Colokkan smartphone ke komputer atau laptop menggunakan kabel data
  • Di Software tersebut, cari cari "update" pada bagian atas menu
  • Selanjutnya klik Update
  • Ikuti petunjuk instalasi update hingga selesai

Kerusakan pada EMMC
Jika setelah dilakukan reset pengaturan pabrik belum mebuahkan hasil alias gagal maka, kemungkinan besar masalahnya ada pada hardware. Ada kemungkinan masalah EMMC yang rusak dan harus diganti. Untuk penggantian EMMC harus dilakukan oleh yang lebih ahli dalam hal ini teknisi handphone.

Untuk mengganti EMMC cukup rumit karena dibutuhkan beberapa alat yang tidak biasa sehingga jika anda bukan pakar teknisi, disarankan untuk diserahkan pada yang lebih ahli. Selain harga peralatan yang sangat mahal, tingkat kesulitan lain adalah pada proses pelepasan dan pemasangan emmc yang harus di lakukan dengan extra hati hati, ditambah file dump firmware ini tidak mudah untuk didapatkan. Hanya teknisi handphone yang sudah mempunyai jam terbang tinggi saja mungkin yang memiliki file ump emmc yang lengkap.

Demikian mengenai Cara mengatasi Encryption unsuccessful yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki hp anda. Jangan ragu untuk menuliskan komentar jika ada pertanyaan atau jika ada cara lain yang lebih efektif sehingga bisa bermanfaat bagi pembaca setelah anda. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Enkripsi Gagal Kesalahan “Encryption Unsuccessful” di Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah