Touchscreen iPhone 5, 6, dan 7 Bergerak Sendiri? Cari Tahu Solusinya

Tips iPhone - Pernah mengalami layar sentuh iPhone bergerak sendiri? Seperti yang kita tahu bahwa gadget pabrikan dari Apple seperti iPhone adalah salah satu perangkat yang high-class yang saat ini ada di pasaran, terbukti dengan harga yang cukup tinggi brand ini berhasil memiliki pecintanya tersendiri. Namun, hal ini juga tidak menjadi arti bahwa ponsel ini tidak akan ada masalah. Beberapa pengguna perangkat iPhone saat ini banyak telah mengalami beberapa keluhan mengenai pengoperasian layar akibat penggunaan. Salah satu yang paling sering adalah layar sentuh bergerak sendiri atau touchscreen loncat sendiri.

Kenapa touchscreen iphone bergerak sendiri sebenarnya banyak hal yang menjadi penyebab mengapa masalah ini bisa muncul. Selain sering terjatuh atau terkena benturan benda keras, atau seiring penggunaan yang terlalu panas, masih ada faktor lain yang bisa menyebabkan hal ini. Ada juga kasus dimana layar beregrak sendiri hingga membuka aplikasi dan bergerak secara acak. Ketika ini terjadi, tampaknya iphone anda baik iPhone 5, iPhone 6, atau hingga iPhone 7 baik seri biasa maupun seri S mengalami masalah pada layar sehingga harus diatasi.

Di klinikponsel kali ini kami memiliki solusi untuk masalah iPhone untuk mencoba memberikan paparan solusi yang mungkin bisa mengetahui penyebab layar bergerak sendiri atau bahkan mengaasi layar sentuh iPhone yang loncat hingga tahap perbaikannya.

Mengatasi Touchscreen iPhone Bergerak Sendiri

Mengatasi Touchscreen iPhone Bergerak Sendiri

Ada beberapa kasus yang beragam mengenai layar pada iPhone. Jika anda membeli iPhone baru ternyata layarnya sudah bermasalah, kemungkinan memang secara sistem sudah bermasalah. Penyakit layar sentuh yang terjadi pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus khususnya yang pernah ramai terjadi ketika berhenti merespons tindakan pada layar dan asal-usul kesalahan ini bukanlah layar itu sendiri. Masalah ini, dijuluki "Penyakit Sentuh" telah menyebabkan keluhan dari ribuan pengguna ponsel Apple di seluruh dunia, terutama mereka yang memiliki ponsel yang diproduksi pada tahun 2015. Pada prinsipnya, Apple belum secara resmi mengakui kesalahannya, dan tidak bertanggung jawab atas perbaikannya jika ponsel itu keluar dari masa garansi. Dan masalahnya bukan pada layar, tetapi pada motherboard, khususnya di sirkuit sentuh yang terintegrasi. Chip ini tidak melakukan kontak yang tepat dengan motherboard, yang bisa terkait dengan apa yang kita sebut sindrom saku belakang.

Selain itu juga ada aplikasi yang menjadi penyebab masalah ini. Contoh kasusnya, ketika kita mengaktifkan VoiceOver tanpa menyadarinya, sangat mungkin bahwa ada aplikasi lain yang juga berjalan. Untuk menghindari dan menonaktifkan fungsi ini, kita harus pergi ke pengaturan perangkat dan ikuti langkah-langkah ini:
  • Buka pengaturan dan buka tab Aksesibilitas.
  • Di sini kita akan melihat semua opsi yang telah kita aktifkan.
  • Non aktifkan VoiceOver dan Zoom
  • kemudian coba untuk cek apakah layar bergerak sendiri masih muncul?
Fungsi Zoom juga menyebabkan iPhone tidak merespons dengan benar, tetapi lebih "dapat dikendalikan" daripada dengan fungsi VoiceOver diaktifkan.

Cara Memperbaiki Ghost Touch iPhone

Masalah ini dikenal sebagai Ghost touch, disebut demikian karena seolah-olah seseorang menekan layar, tetapi jelas tanpa menekannya. Jika Anda memiliki iPhone dalam garansi (jarang karena sebagian besar sudah berusia lebih dari dua tahun), jangan ragu, bawa ke Apple dan mereka ganti untuk yang lain. Kalau tidak, bawa ke layanan teknis khusus. Nah, jika layar sentuh anda awalnya baik dari pertama membeli tapi kelamaan terjadi bergerak sendiri, anda bisa mencoba melakukan beberapa cara agar bisa mengatasi masalah ini, antara lain:
 
Update atau Downgrade iOS
Ada kemungkinan penyebab layar iPhone yang tidak responsif tersebut adalah karena iOS di iPhone kamu yang mungkin crash atau corrupt. Jika masalahnya terjadi setelah update iOS, maka cobalah untuk melakukan downgrade iOS. Jika masalah ini muncul setelah anda update iOS berarti cobalah untuk lakukan Downgrade, namun jika masalah ini akibat anda belum melakukan update iOS, silakan coba untuk update sistem iOS terbaru. Tetapi jika Downgrade sudah tidak bisa, cobalah untuk melakukan Restore iOS.

Setting Ulang
Anda bisa mencoba untuk melakukan seting ulang pengaturan dengan cara :
  • Pertama buka Pengaturan > Umum
  • Selanjutnya Pilih Atur Ulang
  • Ada banyak opsi Reset iPhone yang akan ditampilkan, mulai dari Atur Ulang Pengaturan, 
  • Hapus Konten & Pengaturan, Atur Ulang Jaringan, Atur Ulang kamus Papan Ketik, Atur Ulang Sususan Layar Utama, dan Atur Ulang Lokasi & Privasi. 

Dalam banyak kasus, Hapus Semua Konten & Pengaturan adalah yang diperlukan. Jadi pilih Hapus Semua Konten & Pengaturan untuk melakukannya.


 Non-Aktifkan iPhone
Salah satu hal yang mungkin bisa dicoba adalah mengistirahatkan sistem. Cobalah untuk mematikan iPhone anda semalam dengan posisi off untuk sistem beristirahat. Setelah semalaman, nyalakan iPhone sehingga semua sistem melakukan restarting dan memperbaiki bug yang ada.




Atur 3D Touch
Jika Anda memiliki iPhone 6s atau versi yang lebih baru, dan tidak merespons tekanan 3D Touch dengan benar, Anda dapat melakukan setingan lagi pada pengaturannya, caranya:

  • Buka Pengaturan > Umum.
  • Pilih menu Aksesibilitas > 3D Touch.
  • Kemudian sesuaikan sensitivitas pengaturan.

Jika beberapa solusi diatas tidak membuahkan hasil, ada baiknya cek kondisi fisik dari layar dengan membuka casing. Jika secara fisik sudah terlihat ada retak atau kotoran kemungkinan respon dari layar bergerak sendiri akibat adanya hal itu yang terdeteksi sebagai gerakan atau sentuhan.

Akhir kata,  kami berharap kami telah membantu Anda memecahkan masalah yang terjadi dan jangan ragu bila anda ingin meninggalkan komentar. Terima kasih telah membaca Cara mengatasi Layar iPhone bergerak sendiri. Jika ada cara yang lain, silakan bisa sampaikan dalam kolom komentar agar bisa kita jadikan referensi untuk membantu pembaca lainnya setelah anda. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Touchscreen iPhone 5, 6, dan 7 Bergerak Sendiri? Cari Tahu Solusinya"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah