Cara Cepat Mengatasi Layar HP Berkedip dan Bergaris di HP Android Baru

Tips Android - Pernah kepikiran gak buat giman cara mengatasi Android Layar sentuh bergaris tanpa harus ganti LCD atau datang ke service center? Di kesempatan yang sangat berbahagia ini saya akan memberikan tips untuk HP yang sedang mengalami masalah layar HP berkedip atau bergaris. Dan jika anda saat ini menemui masalah seperti ini anda tidak perlu gelisah dan anda tidak perlu terburu-buru pergi ke service center HP kesayangan anda. Karena untu melakukan ini tidak menutup kemungkinan anda harus mempersiapkan budget yang bisa dikatakan tidak sedikit jika harus memperbaiki ini atau bahkan harus mengganti hardwarenya.

 

Mengatasi Layar Sentuh Bergaris dan Kedip-kedip memang perlu diketahui dahulu apa penyebab dan masalah awal yang menjadikan munculnya problem tersebut. Jadi perlu kita ingat kembali ya, bahwa handphone tetaplah barang elektronik, secanggih apapun HP kita pasti ada saja kerusakan yang akan terjadi. Apalagi pada bagian yang bisa dibilang sangat sensitive seperti LCD HP anda. Jangan kaget jika nanti sewaktu-waktu layar anda mengalami kerusakan, misalkan berkedip ataupun bergaris. LCD touchscreen handphone android bisa dibilang jarang sekali mengalami masalah, namun tetap tidak menutup kemungkinan beberapa masalah pada layar akan terjadi.


Dan masalah itupun ternyata tanpa kita sadari, banyak sekali jenisnya, misalkan saja layar HP yang tidak bisa disentuh, layar HP yang bergerak dengan sendirinya tanpa kita mengoperasikannya, tidak muncul gambar atau hank, layar berubah menjadi warna kuning, hingga layar HP yang berkedip-kedip atau bergaris-garis seperti yang akan saya bahas kali ini. Jadi sebenarnya apakah yang mengakibatkan layar handphone bisa berkedip ataupun bergaris, entah kadang itu dalam bentuk garis vertical ataupun horizontal. Penyebabnya bisa saja dari HP yang pernah terjatuh, pernah tercebur masuk kedalam air, layar pernah tergencet benda berat, koneksi layar yang bermasalah atau mungkin bisa saja karena system yang error.

 

Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Kedip dan Bergaris

Cara Mengatasi Layar HP Berkedip dan Bergaris

Jika saat ini anda sedang tertimpa masalah layar bergaris dan berkedip, anda bisa mencoba cara mengatasi hal ini terlebih dahulu dirumah. Sebelumnya pernah kita bahas di halaman :

Memperbaiki Layar Sentuh Berkedip

Namun, selain cara itu, ada beberapa cara yang bisa anda coba, diantaranya:


CARA MENGATASI LAYAR HANDPHONE BERGARIS


1. Memperbaiki touchscreen bergaris dengan opsi developer
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang Namanya opsi developer atau disebut juga opsi pengembang yang merupakan sebuah  halaman dimana, opsi ini bisa mngatur setting HP dengan cara yang jauh lebih lengkap dan lebih mendalam lagi. Dan didalamnya terdapat pengaturan  Show Pointer Location yang dapat dinonaktifkan untuk menghilangkan garis pada layar. Berikut Langkah-langkah yang bisa anda ambil:

  • Buka setelan Android
  • Lalu masuk ke Tentang HP
  • Cari kolom Nomor Bentukan. Klik klik 5-7 kali sampai ada tulisan Muncul bertuliskan “Anda telah menjadi pengembang”
  • Ketuk tombol Kembali, lalu buka menu Opsi Pengembang
  • Kemudian, nonaktifkan opsi Tampilkan Penunjuk
  • Maka setelah itu garis pada layar HP anda segera menghilang jika memang masih dalam tahap yang ringan


2. Menggunakan Aplikasi LCD Fixer
Sekarang ini di android, banyak terdapat aplikasi yang dikembangkan untuk mengatasi layar bergaris atau masalah lainnya, misalnya kita ambil contoh yang sangat umum dan sudah dicoba oleh pengguna android yang sering mengeluhkan masalah pada layar android ini, yaitu Dead Pixels Test and Fix. Dead Pixels Test and Fix ini system kerjanya adalah dengan mendeteksi pixel yang rusak, kemudian menghilangkannya hingga menjadi seolah-oleh masih normal. Hal ini bisa sekali untuk anda coba mengatasi layar bergaris di hp android anda. Berikut adalah Langkah-langgkahnya:

  • Install aplikasi Dead Pixels Test and Fix.
  • Buka aplikasinya seperti biasa
  • Ketuk Check Dead Pixels dan Fix Dead Pixels untuk memperbaiki.

Jika anda selesai melakukan ini, anda bisa menunggunya dan hasilnya pun akan segera terlihat.


CARA MENGATASI LAYAR HANDPHONE BERKEDIP


1. Non-Aktif Kecerahan Otomatis atau Adaptif
Fungsi dari pengaturan ini agar brightness bisa berubah-ubah secara otomatis menyesuaikan area kecerahan sekitar dimana HP tersebut berada. Pencahayaan cerah biasanya saat berada diluar ruangan. Dan pencahayaan redup saat masuk kedalam ruangan yang agak gelap. Jadi, layar HP yang berkedip-kedip, terkadang bisa diatasi dengan cara menonaktifkan kecerahan adaptif tersebut. Berikut caranya:
•    Buka Setelan HP android
•    Masuk ke opsi tampilan
•    Kemudian buka menu Kecerahan
•    Lalu non aktifkan Kecerahan Adaptif atau kecerahan Otomatis
•    Dengan demikian, masalah layar kedip bisa teratasi.
Untuk setting kecerahannya bisa diatur ke 40% sampai 60%. Dan perlu saya mengingatkan, sebisa mungkin jangan atur sampai full, untuk menghindari masalah layar shadow, terutama untuk HP-HP keluaran baru.


2. Coba Reset HP Anda
Sekilas, solusi ini memang terdengar tidak berhubungan dan cara yang memang sangat mendasar untuk mengatasi masalah apapun di HP android. Akan tetapi solusi simple ini akan berguna dilakukan jika sistem Anda terdapat suatu bug, saya pikir solusi untuk me-reset HP ini bisa juga dicoba. Bug yang dimaksud di sini adalah sistem yang tidak stabil. Misalnya aplikasi suka macet sendiri, yang mana bisa berpengaruh terhadap kerja brightness sehingga menjadi tidak normal.
 

Anda bisa melakukan reset HP dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Setelan HP Android.
  • Masuk ke Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Pengaturan Cadangkan Setel Ulang
  • Di sana akan ada opsi Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.
  • Kemudian ikuti saja panduan setelahnya.
  • Tunggu beberapa saat, maka HP akan otomatis restart, dan tampilan HP akan Kembali seperti baru dibeli, karena semua masih setelan pabrik.


Setelah itu, coba cek lagi kondisi layarnya. Kalau sudah normal dan tidak berkedip lagi berarti masalahnya memang ada pada system.Dan perlu di ingat untuk sebelumnya mencadangkan dulu data-data penting di HP Anda, karena semua data akan ikut terhapus melalui proses reset ini.


3. Berhenti Memakai HP Ketika Sudah Panas
Seperti kita ketahui ,di beberapa tipe HP Ketika mengalami overhating, suhunya bisa terasa sampai ke bagian layar. Nah, suhu yang tinggi inilah yang bisa mengakibatkan munculnya masalah layar (backlight) kedap-kedip. Dan memang ini  sering ditemui di HP-HP dengan jangka pemakaian yang memang sudah cukup lama. Lebih dari 1 atau 2 tahun, di mana bisa terlihat bahwa kondisi komponen sudah mulai melemah.

Dan untuk mengatasi hal ini, Anda tentu saja sangat disarankan untuk berhenti sementara menggunakan HP guna menstabilkan suhu Hp anda. Ikuti beberapa tips berikut: 

  • Saat HP terasa hangat, langsung matikan HP dengan tombol power (bukan melalui opsi Power Off.
  • Sangat tidak disarankan mengecharge HP terlalu lama, karena sudah pasti akan membuat suhu komponen meningkat.
  • Gunakan charger yang original.


Jika layar HP mulai berkedip di saat suhu meningkat, coba matikan (power off) dan tunggu beberapa saat. Tips-tips yang saya jabarkan diatas semoga bisa meminimalisir dan mengatasi layar Android yang suka berkedap kedip, dengan catatan jika penyebabnya masih berhubungan dengan masalah suhu.
Tidak bisa dipungkiri Layar LCD android berkedip memang membuat kita risau karena memang cukup mengganggu. Kita  tidak akan menmukan kenyamanan saat menggunakan HP. Karena otomatis mata akan cepat sekali lelah. Apalagi jika HP harus digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan solusi-solusi ini, saya harap HP Anda bisa normal lagi, bekerja seperti sedia kala seperti tidak pernah ada masalah pada layar. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Mengatasi Layar HP Berkedip dan Bergaris di HP Android Baru"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah