Solusi Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri di HP Android

Mengatasi Android - Pernah mengalami HP Android Bluetooth Nyala Sendiri. Setiap smartphone sudah pasti memiliki fitur bluetooth didalamnya, entah itu smartphone keluaran baru ataupun yang lama. Hal ini untuk memudahkan pengguna HP Android untuk memindahkan data file serta aplikasi antar perangkat. Namun seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, dewasa ini Bluetooth semakin tertinggal. Kecepatannya semakin kalah dengan aplikasi ketiga yang banyak muncul sekarang ini. Meski demikian Bluetooth tetap diperlukan sebagian pengguna untuk mentransfer data saat diperlukan.


Bagaimana jika tiba-tiba Bluetooth Error seperti misalnya nyala sendiri atau mati sendiri? Seperti saya bahas sebelumnya meskipun sekarang ini banyak sekali aplikasi untuk mengirim file jarak jauh maupun dekat, namun peran Bluetooth sendiri masih sangat dibutuhkan terutama pada smartphone Android. Bluetooth sendiri memiliki fungsi untuk mengirim file jarak dekat tanpa kabel (nirkabel) dengan kecepatan transfer bervariasi, tergantung seberapa canggih  teknologi  HP android  Anda.


Entah kenapa Bluetooth masih menjadi pilihan banyak pengguna Android, mungkin karena fitur ini tidak memerlukan jaringan internet dalam kegunaanya, selain itu factor keamanan dan akses yang mudah bisa jadi menjadi alasan kenapa Bluetooth masih digemari.


Meskipun sekarang ini banyak sekali bermunculan aplikasi yang bisa dibilang lebih cepat dibandingkan Bluetooth, tetapi tetap saja aplikasi tersebut tidak bisa lepas dari fungsi Bluetooth, itu kenapa seringkali Bluetooth hidup sendiri secara otomatis ketika Anda membuka aplikasi pihak ketiga tersebut. Aplikasi tersebut misalkan Share it, Link Sharing, Smart Switch, AirDrop dan lain-lain.


Masalah Bluetooth menyala sendiri ini bisa dibilang memiliki tingkat yang sangat rendah atau bisa dibilang tidak begitu berbahaya, tetapi rasa ketidaknyamanan muncul ketika Bluetooth ini menyala sendiri padahal tidak sedang kita gunakan.

 

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri di HP Android



Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri di HP Android

Sebelum saya berikan solusi terbaik mengatasi masalah ini, ada baiknya kita kupas dulu penyebab apa yang memungkinkan menjadi alasan mengapa Bluetooth menyala sendiri:

  • Sistem android yang mengalami malfungsi
  • Adanya pengaturan GPS yang mengharuskan Bluetooth selalu aktif
  • Adanya beberapa aplikasi yang mengharuskan Bluetooth selalu aktif
  • System android yang belum diperbarui termasuk Bluetooth tersebut
  • Adanya bug setelah memperbarui system

 

Setelah sedikit banyak mengetahui apakah penyebab yang mungkin terjadi barulah kita akan mencoba mengatasi dengan solusi terbaik. Langkah berikut bisa Anda lakukan:


1. Restart HP
Cara ini mungkin memang cara classic yang dilakukan untuk mengatasi masalah apapun di HP android. Tidak menutup kemungkinan juga, dengan restart dapat mengatasi Bluetooth yang terus-terusan menyala sendiri. Dengan mematikan HP android Anda, maka banyak aplikasi akan mati dan memuat ulang kembali setelah aktif kembali. Bisa jadi beberapa aplikasi yang tadinya menyebabkan Bluetooth menyala akan mati dengan proses restart ini.

2. Menonaktifkan Fitur GPS
Dewasa ini, hampir semua HP android sudah support dengan fitur GPS, yang dimana bisa melacak lokasi ponsel dan lokasi terbaru dimana kita berada. Dan kabar baiknya, beberapa pengaturan didalam GPS bisa diubah, yaitu diantarnya adalah Hemat Baterai, Akurasi Tinggi dan Perangkat saja.
Jika Anda mengatur GPS pada Akurasi Tinggi, maka lokasi akan ditentukan dengan menggunakan Wifi, Bluetooth atau jaringan seluler. Jadi setiap memindai lokasi, wifi atau Bluetooth akan otomatis menyala sendiri. Jadi untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menyalakan lokasi disaat diperlukan saja, otomatis Bluetooth juga akan ikut nonaktif.

3. Nonaktifkan / uninstall Aplikasi Berbagi
Di awal sempat saya jelaskan sedikit bahwa aplikasi berbagi seperti Share it, Link Sharing dan lainnya kadang membuat Bluetooth aktif dengan sendirinya. Maka ada baiknya kamu menonaktifkan fitur ini dengan coba kamu Force Stop (Berhenti Paksa) aplikasi tersebut. Caranya:

  • Silahkan ke menu Pengaturan
  • Lalu menu Aplikasi
  • Kamu bisa memilih aplikasi berbagi tersebut lalu tekan Force Stop
  • Setelah itu silahkan restart HP Anda dan lihat apakah Bluetooth masih menyala sendiri secara tiba-tiba.
  • Jika ternyata masih nyala, silahkan Anda coba cara berikutnya yaitu uninstall aplikasi berbagi tersebut.
  • Setelah melakukan uninstall silahkan restart lagi HP Anda
  • Setelah aktif kembali, silahkan cek apakah Bluetooth masih nyala sendiri atau tidak.



4.  Reset Ulang Jaringan
Cara yang satu ini juga bisa menjadi opsi yang perlu Anda coba, yaitu mereset jaringan HP Android Anda. Dengan Anda melakukan reset jaringan, maka pengaturan jaringan akan kembali seperti HP baru lagi dan tidak terhubung  dengan koneksi apapun dan tidak mengaktifkan fitur jaringan yang lain juga seperti Bluetooth dan mobile  data. Berikut cara Reset Jaringan pada HP android Anda:

  • Silahkan menuju ke menu Pengaturan
  • Pilih menu Pengaturan Sistem
  • Pilih menu Buat Cadangan dan Atur Ulang
  • Atur Ulang pengaturan Jaringan
  • Selanjutnya pilih setel ulang setelan atau Reset Setelan dibagian bawah.
  • Lalu akan muncul kunci PIN atau pola, tinggal masukkan saja
  • Lalu nanti pengaturan jaringan tersebut akan otomatis tereset ulang.
  • Seletah itu, cek ulang apakah Bluetooth masih nyala sendiri atau sudah berhasil teratasi.


5. Bersihkan Data Bluetooth

Aplikasi yang terinstal di HP Android sudah pasti akan menyimpan data tersendiri, baik bawaan HP android maupun aplikasi pihak ketiga yang Anda unduh sendiri. Jika aplikasi tersebut sudah terlalu banyak data yang tersimpan dan menumpuk maka akan menyebabkan beberapa masalah (bug). Maka ada baiknya Anda menghapus data Bluetooth, caranya sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan
  • Lalu menu Manager Aplikasi
  • Lalu pilih Bluetooth dan klik opsi Hapus data  


6. Nonaktifkan Aplikasi Pemicu
Tugas Anda di opsi ini adalah mengingat kembali aplikasi atau file apa yang Anda install tepat sebelum masalah Bluetooth yang menyala sendiri ini terjadi. Karena tidak menutup kemungkinan aplikasi atau file yang barusan Anda download tersebut penyebab dari Bluetooth yang otomatis menyala. Jika Anda sudah megingatnya, silahkan Anda menguninstall aplikasi atau file tersebut. Lalu Anda restart HP android Anda, jika sudah aktif kembali silahkan matikan fitur Bluetooth Anda dan amati beberapa saat, apakah Bluetooth masih menyala sendiri. Jika tidak, berarti benar aplikasi tersebutlah pemicu Bluetooth yang menyala sendri.


7. Lakukan Reset HP
Ini adalah opsi terakhir  yang bisa Anda coba jika semua cara diatas ternyata belum bisa mengatasi Bluetooth tiba-tiba menyala sendiri. Karena seperti Anda tahu bahwa Reset Factory mengembalikan HP seperti baru lagi alias seperti pengaturan pabrik, maka lebih baik Anda mencadangkan dahulu data-data dan aplikasi yang ada di HP android Anda. Karena jika tidak maka semua data dan aplikasi otomatis akan terhapus dalam proses Reset Factory.


Cara Reset Factory sebagai berikut:

  • Silahkan Anda menuju menu Pengaturan pada HP Android Anda
  • Lalu menu Tentang Ponsel
  • Lalu cari Reset Factory


Jika sudah selesai dan ponsel kembali aktif silahkan cek Bluetooth Anda apakah masih menyala atau tidak. 
 
Demikian mengenai Cara mengatasi Bluetooth nyala sendiri yang bisa anda coba ketika anda mengalami Bluetooth Error di HP android anda. Artikel diatas bisa menjadi referensi solusi terbaik cara mengatasi Bluetooth pada HP Android yang menyala sendiri. Diharapkan solusi diatas membantu Anda. Terimakasih


Belum ada Komentar untuk "Solusi Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri di HP Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah