Cara Mengatasi Download Pending di Play Store

Play Store Error - Apakah Anda salah satu pengguna Android? Jika memang demikian, pasti Anda sering mengunduh aplikasi dan game-game yang terdapat di Google Play Store. Meskipun sebenarnya Anda bisa saja mendapatkan aplikasi dengan cara lain seperti mencari APK yang sekarang ini banyak sekali di share di web pencarian. Selain itu, Google Play Store juga berfungsi sebagai penyedia informasi aplikasi yang dibutuhkan. Anda bisa menemukan deretan aplikasi terbaik untuk kata kunci tertentu dan tentunya terdapat review yang diberikan oleh pengguna lain sebagai bahan pertimbangan untuk Anda akan mendownloadnya ataukah tidak. Tapi, sesempurna apapun Google Play Store tetap saja tidak lepas dari beberapa masalah. Tidak jarang pengguna diresahkan dengan masalah yang muncul yaitu seperti proses “Download yang tertunda". Masalah Download Pending di Playstore kerap kali dialami beberapa pengguna.


Kenapa download di playstore tertunda tentu ada banyak hal yang menyebabkan masalah ini bsia timbul. Biasanya masalah ini Muncul sewaktu menekan tombol install pada aplikasi yang Anda inginkan, kemudian notifikasi teks “download tertunda” ini Muncul di layar. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga progress bar menunjukkan persentase download. Tetapi jika memang masalah tersebut menghampiri Anda, sudah pasti yang terjadi adalah download tersebut tertunda, tak bergeming, tidak  peduli seberapa lamapun Anda menunggunya.


Download Tertunda di Play Store Xiaomi Samsung Vivo dan hampir semua Smartphone android, artinya bukan masalah brand atau tipe hape tertentu melainkan ada beberapa sistem yang bermasalah pada android ketika hal ini muncul dan kebanyakan hal ini bisa ditangani sendiri tanpa harus ke tukang service, untuk itu kita coba paparkan beberapa caranya :

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

 

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store


Sudah pasti ini sangat meresahkan bukan? Jangan khawatir karena keberadaan kami disini untuk membantu Anda mengatasi masalah ini dengan cepat, tepat dan diharapkan berhasil.
 

Apa penyebab download aplikasi di playstore tertunda?

Sebelumnya kita akan membahas penyebab kemungkinan masalah ini menghampiri ponsel android anda.


1. Stabilitas Jaringan
Mengunduh aplikasi dari Google Play Store sudah tentu membutuhkan internet. Pengunduhan akan berjalan lancar selama koneksi internet/wifi Anda lancar.  Oleh karena itu, jika masalah “pengunduhan tertunda” terjadi pada Anda, mungkin saya sarankan untuk memeriksa ulang apakah ponsel Android Anda sudah terhubung pada jaringan internet yang kuat.
 

2. Unfinished Update Aplikasi Lain
Anda dapat menekan secara bersamaan lebih dari satu tombol Install di aplikasi yang Anda inginkan saat ingin mengunduh di Google Play Store. Namun, perlu diingat proses pengunduhan akan tetap dilakukan satu per satu secara berurutan. Dan jika tulisan “download tertunda”  tidak hilang, silahkan Anda coba cek, apakah ada proses download lain yang mungkin belum selesai. Cek pada Aplikasi Saya di menu Playstore dan cek pada pembaharuan, kemungkinan ada pembaharuan otomatis yang masih belum berjalan. Matikan saja pembaharuan otomatisnya pada aplikasi tersebut.
 

3. Ruang Bebas Tidak Cukup
Hampir semua aplikasi yang di unduh akan membutuhkan ruang di ponsel android Anda. Jika Anda mencoba mengunduh aplikasi dan memori internal penuh, ini bisa menjadi penyebab masalah "download tertunda" dapat terjadi. Meskipun secara kapasitas jumlah masih memenuhi, namun ada beberapa aplikasi yang membutuhkan ruang bebas saat digunakan sehingga ada minimal kapasitas yang harus dipenuhi melebihi besarnya aplikasi.


Cara Mengatasi “Unduhan Tertunda” Di Play Store

Setelah sedikit banyak kita tahu penyebab di atas, Anda mungkin langsung berfikir bisa mengatasinya. Tapi, tidak menutup kemungkinan masalah “download tertunda” ini  terjadi meski Anda sudah memiliki internet yang kencang, memori internal yang cukup, dan tidak ada aplikasi yang sedang didownload. Jika masalah ini masih terjadi di Android Anda, tidak perlu risau, mari kita coba beberapa Langkah dibawah ini:


1. Nyalakan Mode Pesawat Dan Matikan Lagi
Secara simple nya kita akan mereset koneksi yang kita pakai, dengan cara berikut.

  • Geser ke bawah bilah notifikasi untuk membuka pengaturan cepat.
  • Di dalam bar akan ada pilihan menu mode pesawat. Ketuk sekali untuk mengaktifkan mode tersebut.
  • Pastikan jaringan seluler dan WiFi tidak aktif. Kemudian, ketuk sekali lagi di menu mode pesawat untuk mematikannya lagi. Lalu perikasa jaringan seluler akan menyala kembali. Jika Anda menggunakan WiFi, sambungkan kembali ponsel ke nama WiFi yang aktif.
  • Coba batalkan unduhan di Play Store dan ketuk lagi tombol Instal.

Tunggu beberapa detik hingga tulisan “download tertunda” hilang dan ganti dengan informasi berjalannya download Anda berupa persentase angka berhasil. Jika belum hilang selama satu menit, Anda dapat mencoba cara lain.
 

2. Lakukan Hapus Cache
Seperti sudah kita ketahui, aplikasi yang kita gunakan di ponsel Android akan menyimpan file-file sementara. File sementara ini disimpan dalam cache yang disebut penyimpanan. File sementara ini berguna agar Anda dapat membuka aplikasi yang sama untuk kedua kalinya lebih cepat. Namun, terkadang cache juga berisi data sisa dari unduhan yang pernah Anda lakukan dimasa lalu. Tidak menutup kemungkinan ini juga bisa jadi penyebab proses download selanjutnya menjadi terhambat, alangkah lebih baik kita lakukan clear cache dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Android Anda.
  • Pilih Penyimpanan
  • Pilih menu Aplikasi Lainnya
  • Cari "Layanan Google Play" pada daftar.
  • Pilih menu Clear Cache, informasi Cache size yang tertera akan berubah menjadi 0 B.
  • Hapus aplikasi Google Play Store dari daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang (running background), buka kembali Google Play Store, dan coba download lagi.

Semoga cara penghapusan cache ini dapat mengatasi masalah “download tertunda” di Google Play Store. Jika cara ini ternyata belum membawa hasil yang berarti, masih ada cara lain yang bisa Anda coba.



3. Mulai Ulang Ponsel Android
Ini bisa dikatakan cara yang gampang dan cukup efektif untuk mengatasi masalah apapun yang sering terjadi pada android Anda, yaitu adalah melakukan restart ponsel android Anda. Ponsel android sudah pasti akan memiliki aplikasi yang berjalan di latar belakang, hal inilah yang membuat ponsel android Anda menjadi lemot, tidak responsive atau bahkan muncul masalah-masalah yang meresahkan. Dan saat Anda nanti melakukan Restart, ponsel android akan hidup dengan keadaan yang lebih prima. Anda hanya perlu menekan tombol power lama hingga muncul opsi restart.


4. Lakukan Reset Factory

Jika Langkah diatas belum ada yang berhasil maka, pilihan terakhir bisa menjadi solusi terbaik Anda. Yaitu Reset Factory. Langkah ini akan mengembalikan ponsel Anda layaknya seperti ponsel baru lagi. Perlu di ingat juga, bahwa cara ini mungkin bisa menghapus beberapa file yang tersimpan di ponsel Anda. Maka dari itu akan lebih baik Anda melakukan pencadangan sebelum melakukan Langkah factory reset ini. Anda bisa memindahkan file seperti foto, video, dan dokumen di memori eksternal yang Anda gunakan saat ini. Untuk kontak Anda bisa menyinkronkan terlebih dahulu dengan email Anda. Jika Anda sudah mencadangan semua maka Anda bisa memulai Langkah-langkah factory reset ini.
 

Ini dia langkah-langkahnya.

  • Buka menu Pengaturan dan pilih "Setel ulang opsi"
  • Kemudian, pilih menu “Hapus semua data (reset pabrik)”. Disini akan muncul informasi tentang data yang akan terhapus. Akan ada daftar akun yang terhubung ke ponsel Android Anda. Gulir ke bawah dan ketuk tombol "Reset telepon"
  • Tunggu beberapa saat dan ikuti petunjuk selanjutnya yang ditampilkan di layar (jika ada)
  • Setelah ponsel Android disetel ulang, sambungkan kembali akun Google Anda. Unduh beberapa aplikasi penting dan aplikasi yang sebelumnya gagal Anda unduh.

 

Setelah tahap terakhir Anda lakukan untuk mengatasi download tertunda di Google Play Store diharapkan akan berhasil dan ponsel Anda bekerja seperti semula. Jangan lupa lakukan pembaharuan sistem secara berkala agar tidak terjadi masalah seperti ini. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Download Pending di Play Store"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah