Layar HP Android Blank Hitam Tapi Hidup? Begini Solusinya

Tips Layar Sentuh - Bagaimana mengatasi Layar HP Blank Screen Hitam Tapi HP hidup? Layar HP muncul blank hitam di Android mungkin jika anda alami akan membuat anda kesal.Apalagi ternyata setelah kita raba, sensitivitas hp masih normal dan ternyata HP masih nyala atau hidup. Ponsel Android Anda aktif, tetapi layarnya hitam dan tidak mau merespons, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya berfungsi kembali. Bahkan ada kasus di mana masalah seperti itu disebabkan oleh beberapa pengaturan. Tetapi ketika itu terjadi, perangkat Anda akan tampak seperti tidak lagi menyala karena tidak akan merespons tidak peduli berapa kali Anda mengetuk layar, atau berapa lama Anda menekan tombol Daya.

Layar hitam Android tidak sama dengan ponsel Android yang tidak mau menyala. Jika ponsel Anda memiliki layar hitam, Anda mungkin melihat:

  • Lampu pada ponsel berkedip dan berkedip dengan benar, tetapi layar tidak berfungsi.
  • Anda dapat menggunakan tombol di telepon dan mendengar atau merasakan respons yang sesuai, tetapi 
  • Telepon berdering atau mengeluarkan suara untuk pemberitahuan, tetapi Anda tidak dapat berinteraksi dengan telepon.

 

Penyebab Layar Blank Warna Hitam tapi Nyala

Apa Penyebab Layar Hitam Android? Sayangnya, tidak ada satu hal pun yang dapat menyebabkan Android Anda memiliki layar hitam. Berikut adalah beberapa penyebab, tetapi mungkin ada yang lain juga:

  • Konektor LCD layar mungkin longgar.
  • Ada kesalahan sistem kritis.
  • Anda mungkin telah menginstal aplikasi yang tidak kompatibel.
  • Ponsel mungkin telah diisi daya secara berlebihan untuk waktu yang lama.
  • Ada cache aplikasi yang perlu dibersihkan.
  • Ponsel telah terkena panas yang ekstrem (seperti meninggalkannya di dalam mobil yang panas).


Masalah lain tentang layar 


Cara Mengatasi Layar HP Blank Screen Hitam di Android

Cara Mengatasi Layar HP Blank Screen Hitam di Android

Cara Memperbaiki Layar Hitam di Ponsel Android


Terlepas dari alasannya, ada beberapa hal yang dapat Anda coba agar layar ponsel Android Anda berfungsi kembali. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Pastikan tombol pada perangkat Anda tidak macet. Pertama, periksa tombol untuk memastikan tidak tertutup kotoran atau kerak yang menempel lalu coba menekan tombol beberapa kali berturut-turut dengan cepat. Tombol harus terasa ringan dan tidak ada gangguan. Setelah Anda membersihkan dan menguji tombol secara menyeluruh, restart HP anda.
  2. Jika hal ini belum menyelesaikan masalah, cobalah bersihkan port pengisian daya atau lubang charger. Debu yang menjadi kerak bisa menjadi hal yang dapat membuat ponsel Anda tidak dapat diisi dengan benar. Periksa dan bersihkan port pengisian daya. Jika perlu, Anda dapat dengan lembut meniup ke port pengisian daya, atau menggunakan tusuk gigi kayu untuk mencoba mengeluarkan apa pun yang tersangkut di port. Setelah bersih, colokkan ponsel Anda dan biarkan mengisi daya selama sekitar 10 menit. Setelah terisi daya sebentar, coba mulai ulang ponsel.
  3. Tunggu sampai baterai benar-benar mati dan telepon mati dan kemudian isi ulang telepon, dan hidupkan kembali setelah terisi penuh. Jika ada kesalahan sistem android yang menyebabkan layar hitam, hal ini biasanya mampu memperbaiki system secara otomatis.
  4. Cara lainnya, coba rapatkan bagian depan dan belakang dari ponsel anda. Jika ada koneksi LCD yang longgar, ini dapat membantu memasang kembali koneksi dan membuat layar berfungsi kembali. Jika cara ini bisa, jangan lupa jadwalkan untuk membawa telepon ke pusat layanan Service Center karena artinya butuh LCD dikencangkan kembali karena kemungkinan ada kendor
    Jika ponsel Anda berada di dalam kasing, lepaskan dari kasing sebelum Anda memulai proses ini sehingga Anda dapat mengukur secara akurat berapa banyak tekanan yang diberikan pada ponsel Anda tanpa merusak layar.
  5. Restart paksa smartphone anda. Banyak kesalahan sistem pada android dapat diselesaikan dengan restart paksa. Tergantung pada model ponsel Android yang Anda miliki, Anda mungkin perlu menggunakan beberapa kombinasi tombol untuk memaksa memulai ulang ponsel, termasuk:
    • Tekan & tahan tombol Home, Power, & Volume Turun/Atas.
    • Tekan & tahan tombol Home, & Power.
    • Tekan & tahan tombol Power hingga ponsel mati sepenuhnya.
    • Ingatlah untuk me-restart telepon Anda setelah benar-benar mati.
  6. Colokkan telepon, tunggu lima menit, lalu coba lakukan Force Restart. Ini memastikan ponsel memiliki daya yang cukup untuk memulai ulang, dan memulai ulang dapat menghapus kesalahan apa pun yang mungkin memengaruhi layar.
  7. Jika memungkinkan, keluarkan baterai, tunggu 30 detik atau lebih, lalu pasang kembali baterai dan hidupkan telepon Anda. Jika tidak dapat melepas baterai dari telepon Anda, Anda harus membiarkan telepon Anda benar-benar kosong. Kemudian isi ulang dan coba restart telepon lagi.
  8. Anda juga dapat memilih Factory Reset dari layar untuk sepenuhnya mengatur ulang ponsel Anda kembali ke spesifikasi pabrik. Ini dapat berguna jika Anda telah menginstal aplikasi rusak yang memengaruhi tampilan Anda.
  9. Memilih Factory Reset akan menghapus semua data, termasuk gambar, musik, dll., dari ponsel Anda, jadi jika memungkinkan, buat cadangan ponsel Android Anda sehingga Anda dapat memulihkan data setelah ponsel berfungsi dengan baik. Jika HP anda Samsung, anda bisa menggunakan Samsung Smart Switch untuk menghubungkan ponsel Anda ke komputer, lalu coba akses, reboot, atau cadangkan dari sana.
  10. Nyalakan ulang ponsel Anda pada Safe Mode. Safe Mode memungkinkan Anda menavigasi telepon untuk memulai ulang, menghapus cache. 
  11. Bersihkan cache di ponsel Android Anda. Ini menghapus file sementara dan membebaskan sumber daya, yang dapat menyelesaikan masalah apa pun yang mencegah tampilan menyala.
  12. Jika tidak satu pun dari langkah-langkah ini berhasil, ada baiknya coba ke service center terdekat karena kemungkinan masalah ada pada hardwarenya yang perlu ganti

 

mengatasi layar hp blank hitam

Secara keseluruhan, layar blank hitam di Android adalah masalah yang belum terselesaikan yang hanya dapat diatasi dengan solusi diatas atau penggantian LCD. Ada kemungkinan besar bahwa salah satu solusi di atas akan berfungsi dan memperbaiki perangkat Anda. 


Itulah cara mengatasi layar hp Blank Hitam dengan berbagai cara yang bisa anda lakukan sendiri. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar jika ada pertanyaan, atau jika ada masukan dan cara lain yang mungkin bisa membantu pembaca lain setelah anda. Salam

Belum ada Komentar untuk "Layar HP Android Blank Hitam Tapi Hidup? Begini Solusinya"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah