Cara Menghentikan Iklan yang Muncul di Aplikasi Android

Punya hp yang sering muncul iklan di pop-up? atau terganggu dengan iklan yang muncul di beberapa aplikasi? Dengan dimulainya sistem operasi Android dan iOS, ponsel telah berkembang jauh melampaui fungsi panggilan dan SMS yang sederhana – ponsel sekarang menjadi perangkat pintar portabel yang mampu melakukan tugas yang sebelumnya dipercayakan ke laptop dan PC. Hari ini kami menggunakan ponsel untuk mengambil foto, mengirim dan menerima email, berkomunikasi melalui aplikasi perpesanan dan jejaring sosial, untuk mengelola dompet digital dan aplikasi perbankan. 

Kata adware berasal dari istilah bahasa Inggris "advertising" (periklanan) dan "ware" dari perangkat lunak (atau program) dan dirancang agar pengembang dan produsennya menghasilkan pendapatan yang menarik, melalui setiap klik yang dilakukan pengguna. Faktanya, begitulah caranya masuk ke perangkat seluler Anda, dan ini adalah salah satu jenis malware yang paling mudah dikenali karena membombardir Anda dengan iklan invasif.

Bagaimana Anda Menghentikan Iklan Pop-Up di Android? Area notifikasi yang menampilkan romosi yang tidak perlu, baik di dalam aplikasi atau di layar beranda. Mungkin hal pertama yang Anda lakukan adalah menutup semua aplikasi Anda.Namun itu tidak menyelesaikan masalah. Baiklah, untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan iklan muncul di hp android.

Cara Menghentikan Iklan yang Muncul di Aplikasi Android

Cara Menghentikan Iklan yang Muncul di Aplikasi Android
 

Apakah Anda melihat iklan munculan yang tidak diinginkan di Android? Berikut cara menghentikan iklan pop-up di layar awal ponsel Android Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk hal ini, antara lain :

1. Ubah DNS untuk menghentikan iklan  (Versi Android 9 ke atas)

Anda bisa mengubah DNS secara manual tapi cara ini khusus untuk android 9 ke atas, karena pengaturan DNS manual atau DNS pribadi hanya ada di interface Android 9 ke atas. Caranya :

  • Buka halaman pengaturan
  • Pilih 'Koneksi'
  • Klik 'Private DNS'
  • Pilih opsi 'Private DNS Provider Hostname'
  • Ketikkan 'dns.adguard.com' atau 'us.adhole.org'
  • Tekan 'Save'

cara mengubah DNS android untuk stop iklan
Setelah itu kita tidak akan lagi melihat pop-ads, spanduk, atau iklan apapun yang muncul. Tetapi jika di browser bawaan memiliki setelan DNS sendiri, juga harus diisikan seperti di atas agar browser juga tidak muncul iklan. Tetapi jika tidak ada DNS bawaan maka sudah mengikuti DNS di pengaturan sehingga sudah otomatis terblokir


2. Cek Permission pada Aplikasi

Untuk android di bawah 9, tentu cara di atas tidak bisa diterapkan. Maka cobalah cara ini. Saat Anda melihat notifikasi untuk aplikasi yang tidak Anda sadari aktif, itu saat yang tepat untuk menekan lama notifikasi dan mengetuk tombol Lainnya. Tombol tersebut mungkin memiliki nama yang berbeda tergantung pada model ponsel Anda. Ini akan membawa Anda ke layar izin aplikasi, di mana Anda dapat beralih akses apa yang dimilikinya ke perangkat keras dan fitur ponsel Anda (seperti notifikasi).


 

Opsi lebih lanjut dapat ditemukan melalui Pengaturan > Aplikasi > Izin > Izin. Langkah-langkah spesifik akan bervariasi tergantung pada model ponsel Anda. Atau, Anda dapat membuka aplikasi Pengaturan dan mencari Izin di bilah pencarian teratas. Dari sini, Anda akan menemukan detail lengkap untuk aplikasi tersebut, yang akan mengungkapkan asosiasi apa pun; sebagai alternatif, Anda mungkin menemukan bahwa aplikasi tersebut tidak seperti yang Anda pikirkan.


3. Detektor Iklan

Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan pendeteksi jaringan iklan. Aplikasi ini dirancang untuk mendeteksi koneksi antara ponsel Anda dan jaringan iklan yang dikenal, dan memblokirnya. Hal ini bisa menunjukkan aplikasi mana yang memunculkan iklan. Beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan antara lain :

  • AppBrain Ad Detector (Free)
  • Mobile Security - Lookout (Free, in-app purchases available)
  • Addons Detector (Free, in-app purchases available)

Anda bisa mengunduhnya dan mencarinya di Google Playstore

AppBrain Ad Detector

 

Iklan pop-up di perangkat Android mungkin bisa dibilang mengganggu. Namun para penyedia aplikasi memang mendapatkan penghasilan dari tampilnya iklan. Sejatinya selama tidak merugikan seperti mencuri data atau menimbulkan Malware, ada baiknya tidak perlu dinonaktifkan sebagai bentuk penghargaan bagi pembuat aplikasi. Salah satu cara untuk menghindari iklan pop-up di Android adalah dengan memeriksa secara teliti aplikasi yang ingin Anda pasang sebelum menekan tombol unduh, baik di Google Play Store atau melalui pihak ketiga.

 

Secara opsional, Anda dapat menginstal aplikasi pemblokir iklan atau browser tanpa iklan. Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik untuk perangkat Android:

Free AdBlocker : Aplikasi ini dirancang khusus untuk menghapus iklan pop-up tetapi memiliki beberapa fitur tambahan seperti prakiraan cuaca, tema browser, kemampuan untuk melindungi browser Anda dengan kata sandi, dan banyak lagi.

AdGuard : Aplikasi pemblokiran iklan sederhana dengan kemungkinan untuk menerapkan filter iklan khusus.

adguard

 

DuckDuck Go Browser : Browser melakukan hal yang sama seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox tetapi bebas dari iklan pop-up.

 

Sayangnya, tidak ada tombol universal untuk menonaktifkan iklan pop-up di perangkat Android sama sekali. Sebaliknya, Anda harus berurusan dengan iklan pop-up dari setiap aplikasi satu per satu. Arahkan ke Pengaturan ponsel Anda, lalu ke "Aplikasi & Pemberitahuan". Ketuk "Lanjutan", lalu "Akses Aplikasi Khusus".

Saat Anda mengetuk ''Tampilkan'' di atas aplikasi lain, Anda akan melihat daftar aplikasi yang memiliki izin untuk mengirimkan iklan pop-up. Blokir iklan dari aplikasi tertentu dengan menggeser tombol sakelar di sebelah "Izinkan tampilan di atas aplikasi lain". Pilihan lainnya adalah memasang aplikasi pemblokiran iklan di Google Play store. Fitur dan keefektifan aplikasi semacam itu bervariasi, tetapi beberapa di antaranya dapat menghentikan iklan pop-up di android Anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghentikan Iklan yang Muncul di Aplikasi Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah