Cara Menghapus Akses Pihak Ketiga ke Akun Google di Android dan iPhone

 Banyak aplikasi dan layanan di internet mengharuskan Anda membuat akun untuk menggunakannya. Tetapi jika Anda memiliki akun Google, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya menggunakan opsi "Masuk dengan Google" dan menyelamatkan diri Anda dari kesulitan membuat akun terpisah. Yang mengatakan, meskipun ini sangat membantu, ini memiliki satu kelemahan: Kecuali jika Anda menghitung layanan yang Anda berikan akses ke akun Google Anda, jumlahnya bisa menjadi sangat besar dari waktu ke waktu, yang dapat menimbulkan risiko keamanan. . 

Oleh karena itu, sebaiknya tetap periksa akses pihak ketiga ke akun Google Anda dan hapus aplikasi dan layanan yang tidak lagi Anda gunakan atau perlukan. Berikut panduan untuk membantu Anda meninjau dan menghapus akses pihak ketiga ke akun Google Anda.

Cara Menghapus Akses Pihak Ketiga ke Akun Google di Android dan iPhone

Cara Menghapus Akses Pihak Ketiga ke Akun Google



Jika Anda tidak memiliki desktop, Anda masih dapat mencabut akses akun Google Anda dari aplikasi dan layanan pihak ketiga. Langkah-langkah untuk melakukan ini sama di Android dan iPhone, kecuali Anda perlu mengunduh aplikasi Google dari App Store untuk mengakses pengaturan ini di iPhone Anda. Caranya:

  • Buka Pengaturan, pilih Google dan ketuk Kelola Akun Google Anda.(iPhone: Buka aplikasi Google, ketuk ikon profil Anda, dan pilih Kelola akun Google Anda)
  • Buka tab Keamanan dan gulir ke bawah ke bagian Koneksi Anda ke aplikasi & Layanan pihak ketiga.
  • Ketuk aplikasi atau layanan dan tekan tombol Lihat detail untuk mempelajari lebih lanjut tentang aksesnya.
  • Sekarang, tergantung pada jenis layanan dan aksesnya, tekan tombol Hapus akses, Berhenti menggunakan Masuk dengan Google, atau tombol Hapus koneksi yang sesuai untuk memutuskan akun Anda darinya.

 

Menghapus Akses Pihak Ketiga ke Akun Google di Android dan iPhone

Hapus Akses Pihak Ketiga ke Akun Google di PC


Alat pengelolaan akun Google memudahkan pengelolaan akses akun Anda ke aplikasi dan layanan pihak ketiga. Anda dapat mengaksesnya melalui browser web di desktop dan menghapus akses aplikasi pihak ketiga menggunakan langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman Akun Saya di browser favorit Anda.
  • Masuk ke akun Google Anda.
  • Pilih tab Keamanan dari panel kiri.
  • Gulir ke bawah ke bagian Koneksi Anda ke aplikasi & layanan pihak ketiga dan ketuk Lihat semua koneksi.
  • Di sini, Anda akan melihat jumlah total aplikasi dan layanan dengan akses ke akun Google Anda. Plus, Anda juga akan melihat tiga tab, yang dapat Anda ketuk untuk memfilter daftar:
    Saya. Masuk dengan Google: Menampilkan daftar aplikasi dan layanan yang telah Anda masuki menggunakan akun Google Anda.
  • Akses ke: Menampilkan semua aplikasi dan layanan tersebut dengan akses ke berbagai layanan Google seperti Drive, Gmail, dll.
  • Akun tertaut: Menampilkan daftar akun yang telah Anda tautkan dengan akun Google Anda untuk membuka fitur.
  • Setelah Anda memutuskan untuk mencabut akses ke aplikasi atau layanan, ketuk dan tekan Lihat detail untuk melihat detail tentang akses tersebut.
  • Tekan tombol Berhenti menggunakan Masuk dengan Google dan tekan Konfirmasi untuk berhenti menggunakan akun Google Anda untuk layanan itu. Alternatifnya, ketuk tombol Hapus akses untuk mencabut akses aplikasi atau layanan ke layanan Google atau tombol Hapus koneksi untuk memutuskan tautan akun Google Anda dengannya.

Setelah Anda menghapus akses ke aplikasi dan layanan pihak ketiga yang tidak lagi Anda perlukan dari akun Google Anda, Anda hanya akan memiliki aplikasi dan layanan yang benar-benar Anda gunakan dan butuhkan.

Sebagai tindakan yang baik ke depan, pastikan untuk secara teratur memeriksa aplikasi dan layanan dengan akses ke akun Google Anda. Selain itu, Anda juga harus sedikit lebih rajin saat memberikan akses akun Google Anda ke aplikasi dan layanan pihak ketiga, sehingga Anda tidak perlu repot mencabut aksesnya di masa mendatang.


Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus Akses Pihak Ketiga ke Akun Google di Android dan iPhone"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah