Cara Mengatasi SIM Tidak Ada Layanan di Slot SIM 1 atau SIM 2

Ada masalah dalam membuat kartu SIM baru Anda berfungsi? Pesan kesalahan "SIM tidak ada Layanan SIM 2" membuat frustrasi, namun mudah diperbaiki. Kesalahan "SIM tidak tersedia" terjadi ketika kartu SIM Anda tidak lagi dapat berbagi informasi antara ponsel dan penyedia Anda. Hal ini dapat terjadi bila Anda memiliki ponsel baru dengan kartu SIM baru atau saat Anda mentransfer kontak ke kartu SIM baru. Kesalahan "SIM tidak tersedia untuk panggilan" berarti Anda tidak dapat melakukan panggilan suara. Hal ini biasanya disebabkan oleh terputusnya saluran Anda dari akun operator Anda. Anda mungkin melihat kesalahan "eSIM tidak ada layanan" jika Anda beralih dari kartu SIM fisik ke eSIM.

Menukar kartu SIM dan mendapatkan pesan kesalahan di ponsel Anda? Kesalahan "SIM 2 ada layanan" cukup mudah untuk diperbaiki, tetapi apa maksudnya? Mari kita lihat cara memperbaiki kesalahan kartu SIM ini dan memastikan Anda dapat menghindari hal serupa terjadi lagi di masa mendatang.

Jika masalahnya SIM tidak terbaca atau muncul Tidak ada Kartu SIM, maka anda bisa lihat caranya di Mengatasi Kartu SIM tidak terbaca (Tidak ada Kartu SIM)

Cara Mengatasi SIM Tidak Ada Layanan di Slot SIM 1 atau SIM 2

penyebab kartu sim tidak ada layanan


Kartu SIM berisi informasi tertentu yang membantu identifikasi akun ponsel Anda. SIM memungkinkan ponsel diidentifikasi sebagai milik Anda di jaringan seluler (berkat nomor IMEI). Ini memungkinkan Anda melakukan panggilan dan terhubung ke internet seluler. Untuk memahami mengapa ponsel Anda menampilkan pesan kesalahan "SIM tidak ada layanan", ada baiknya jika Anda mengetahui arti dari kata "layanan". Layanan dapat diartikan sebagai tindakan menyediakan atau menyuplai sesuatu. Dalam hal kartu SIM Anda, itu tidak disediakan jika tidak lagi dapat berbagi informasi antara ponsel Anda dan penyedia Anda.

Kesalahan "SIM tidak ada layanan" hanya akan memengaruhi pengguna yang perlu mendaftarkan kartu SIM baru. Jika ini terjadi di lain waktu, ini mungkin menandakan ada masalah dengan kartu SIM dan Anda harus mencari penggantinya.

Ketika kesalahan "Kartu SIM tidak ada layanan" muncul, Anda dapat melacaknya kembali ke salah satu hal berikut:

  • HP rusak (slot kartu SIM sudah tidak bisa Terbaca)
  • Kartu SIM rusak tidak bisa lagi terbaca
  • Server penyedia jaringan seluler Anda tidak tersedia (jika Anda menggunakan iPhone, server Apple juga harus online).
  • Ada masalah dengan penempatan kartu SIM.


Pesan kesalahan SIM lainnya mungkin terjadi, tergantung situasi Anda. Misalnya, jika kartu SIM terkunci pada telepon tertentu, saat Anda memasukkannya ke perangkat baru, Anda mungkin melihat pesan "SIM tidak valid". Membuka kunci SIM akan memungkinkan Anda menggunakannya di ponsel apa pun yang kompatibel.

Apa Artinya "SIM Tidak Ada Layanan"?

Jika kesalahan "SIM Tidak Ada Layanan" menunjukkan nomor SIm1 atau SIM 2, hampir pasti hal tersebut disebabkan oleh Anda menggunakan ponsel dual-SIM. Setiap slot diberi nomor, sehingga Anda mungkin melihat kesalahan "SIM 1 Tidak Ada Layanan" dan "SIM 2 Tidak Ada Layanan". Hal ini tidak terlalu perlu dikhawatirkan. Artinya, jika Anda mengikuti langkah empat di bawah, Anda menjalankan proses tersebut dua kali, untuk setiap kartu SIM.
 

Cara Memperbaiki Kesalahan "SIM Tidak Ada Layanan".


Cobalah trik berikut untuk mengaktifkan kembali kartu SIM Anda dan mengakhiri kesalahan "SIM tidak tersedia" di ponsel Android Anda.

1. Perbarui Layanan Operator 

Seperti kebanyakan hal di ponsel Anda, komunikasi antara perangkat dan jaringan seluler dikontrol melalui aplikasi. Layanan Operator adalah aplikasi Google yang sudah terpasang di Android dan menerima pembaruan rutin. Jika Anda menemukan kesalahan "Kartu SIM tidak disediakan MM#2" terjadi tanpa Anda menukar ke ponsel baru atau memasukkan SIM baru, hal ini mungkin disebabkan oleh masalah pada Layanan Operator.

Untuk memperbaikinya:

  • Buka halaman Layanan Operator di Google Play Store.
  • Jika tombol Perbarui terlihat, ketuk tombol tersebut untuk memperbarui aplikasi, lalu lihat apakah tindakan tersebut menyelesaikan masalah.
  • Jika tidak ada pembaruan atau tidak menyelesaikan masalah, penyebab errornya adalah hal lain.


2. Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Pesawat

Mungkin yang paling sederhana dari semua potensi kesalahan "SIM tidak ada layanan" adalah menonaktifkan semua konektivitas di ponsel atau tablet. Hal ini mudah dilakukan berkat Mode Pesawat, sebuah keadaan di mana perangkat seluler apa pun dapat dialihkan dengan satu ketukan. Mengaktifkan Mode Pesawat akan menonaktifkan koneksi ke internet seluler dan jaringan seluler dasar; dengan menonaktifkan Mode Pesawat selanjutnya, tujuannya adalah untuk membangun kembali koneksi baru untuk mengatasi kesalahan SIM tidak tersedia.
 

Untuk mengaktifkan Android ke Mode Pesawat:

  •  Gesek ke bawah dari atas layar dengan dua jari.
  • Di layar Pengaturan Cepat, ketuk Mode Pesawat.
  • Tunggu perubahannya (beberapa detik saja).
  • Jika Anda siap mengaktifkan kembali, cukup ulangi langkah 1-2.
Cara Mengatasi SIM Tidak Ada Layanan


Pada saat itu, koneksi baru harus dibuat dengan jaringan seluler. Jika SIM berfungsi dengan baik, kesalahan "SIM tidak disediakan MM2" tidak akan muncul lagi.
 

3. Mulai Ulang Ponsel Anda 

Ini mungkin tampak tidak mungkin, tetapi mematikan ponsel Anda saja dapat mengatasi kesalahan SIM yang tidak disediakan. Ambil langkah-langkah biasa untuk me-restart telepon dan tunggu. Beberapa saat kemudian Anda akan melihat bahwa pesan kesalahan tidak lagi muncul, dan kartu SIM Anda diaktifkan.

 

4. Masukkan Kartu SIM dengan benar 

Jika masalahnya bukan pada aktivasi kartu SIM atau jaringan, mungkin SIMnya tidak pas. Hal ini mungkin disebabkan oleh masalah pada bentuk SIM itu sendiri atau desain slot kartu SIM (atau caddy) yang buruk.

Untuk memeriksa apakah SIM terpasang dengan benar, matikan ponsel Anda, lalu temukan kartu SIM:

  • Jika Anda memiliki ponsel lama atau lebih murah, temukan kartu SIM dengan membuka panel belakang. Anda mungkin perlu melepas baterai untuk mengakses slot kartu SIM.
  • Pada ponsel andalan atau tanpa baterai yang dapat dilepas, slot kartu SIM biasanya berada di samping handset. Ini biasanya berupa caddy tempat kartu SIM berada—Anda memerlukan alat pelepas SIM kecil untuk membukanya. Cari lubang kecil di sepanjang sisi ponsel Anda dan dorong alat tersebut ke dalam untuk mengeluarkan SIM.


Pastikan untuk mengeluarkan kartu SIM dan bukan kartu penyimpanan microSD, karena sering kali menggunakan slot yang sama. Melepaskan kartu SIM bisa jadi rumit. Anda mungkin perlu menggunakan pinset, atau mengeluarkannya dari bawah jika menggunakan baterai yang dapat dilepas. Setelah kartu SIM dikeluarkan, tiuplah, dan mungkin bersihkan dengan cepat menggunakan kain tidak berbulu. Pasang kembali kartu SIM yang sudah dibersihkan, hati-hati dan letakkan sesuai petunjuk. Biasanya terdapat stiker di sebelah slot kartu SIM, atau ukiran yang menggambarkan orientasi SIM yang benar.

Ganti kartu SIM di telepon Anda, dan hidupkan kembali. Kesalahan "SIM tidak ada layanan" seharusnya tidak muncul lagi. Jika ya, coba SIM di telepon lain.

 

5. Aktifkan Kartu SIM Anda 

Biasanya, kartu SIM akan diaktifkan secara otomatis dalam waktu 24 jam setelah dimasukkan ke telepon baru. Jika ini tidak terjadi, biasanya tersedia tiga opsi untuk mengaktifkan aktivasi:

  • Hubungi nomor otomatis.
  • Kirim SMS.
  • Masuk ke halaman aktivasi di situs web operator.


Jika Anda sudah beralih ke eSIM, kemungkinan SIM fisik lama Anda masih aktif. Anda tidak dapat mengikat dua SIM ke nomor telepon yang sama, jadi pastikan Anda mengaktifkan eSIM untuk menonaktifkan SIM lama.

Semua opsi ini cepat dan mudah, tetapi bergantung pada apakah operator mendukungnya. Dalam kebanyakan kasus, SIM Anda harus diaktifkan, dan kesalahan "SIM tidak ada layanan" teratasi

 

6. Hubungi Operator atau Penyedia Jaringan Anda 

Jika SIM tidak aktif, saatnya melakukan panggilan (dari perangkat lain!) ke operator atau jaringan Anda. Jelaskan kepada mereka pesan kesalahan dan langkah-langkah yang telah Anda ambil sejauh ini. Seperti disebutkan di atas, mungkin ada masalah dengan server aktivasi, yang menyebabkan kartu SIM Anda tidak dapat diaktifkan. Hal ini akan menyebabkan pesan kesalahan "SIM tidak ada layanan".

Operator Anda biasanya akan terus menghubungi Anda saat mereka menyelidiki masalahnya. Jika masalahnya ada pada server aktivasi, mungkin ada penundaan dalam mengaktifkan SIM. Sisi positifnya, Anda akan mengetahui alasan kesalahan tersebut dan kemungkinan tanggal penyelesaiannya.

 

7. Ganti SIM baru

Jika kerusakan memang pada kartu SIM, tentu solusinya ganti SIM baru. Datang ke kantor penyedia layanan, lalu minta kartu baru dengan nomor yang sama. Jika nomor yang anda daftarkan sesuai dengan identitas KTP anda maka bisa dilakukan penggantian sesuai nomor sebelumnya. Pada titik ini, Anda harus memahami mengapa ponsel Anda menampilkan pesan kesalahan "SIM tidak ada layanan". Jika tidak ada yang berhasil, Anda harus menghubungi operator/penyedia jaringan Anda untuk meminta kartu pengganti. Setelah semuanya beres, kartu SIM Anda akan berfungsi tanpa masalah.

Sayangnya, kesalahan kartu SIM baru terus muncul, namun tidak butuh waktu lama bagi internet untuk bersatu dan mulai memberikan solusi di rumah. Jika Anda mengalami masalah SIM, ada baiknya melakukan pencarian online cepat untuk melihat apakah seseorang telah menemukan solusi atau solusi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi SIM Tidak Ada Layanan di Slot SIM 1 atau SIM 2"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah