Mengatasi Speaker Atas iPhone Tidak Berfungsi atau Tidak Ada Suara

 Ada berbagai alasan mengapa Anda mungkin mengalami speaker atas iPhone tidak berfungsi. Apakah Anda kesulitan mendengar teman Anda menggunakan iPhone karena masalah speaker Telinga? Jika demikian, Anda harus tahu bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya. Ini bisa membuat frustasi ketika sumber privasi Anda sepertinya tidak berfungsi karena satu atau lain alasan. Namun, Anda dapat memperbaiki speaker atas iPhone yang tidak berfungsi di perangkat Anda tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari penyebab speaker telinga atau speaker atas untuk menelpon pada hp iPhone Anda tidak berfungsi dan cara memperbaikinya. 

Mengapa Speaker Atas iPhone Saya Tidak Berfungsi?

Ada berbagai alasan mengapa speaker telinga iPhone Anda mungkin tidak berfungsi. Terkadang, hal ini mungkin disebabkan oleh koneksi dengan perangkat Bluetooth, pengaturan suara, bug, atau versi iOS yang ketinggalan jaman. Hal ini juga dapat terjadi jika pemilik iPhone telah menggunakannya dalam waktu lama tanpa membersihkannya, dan biasanya kotoran dan debu menumpuk di speaker dan menghalangi jalur gelombang suara. Namun, jika Anda telah memeriksanya dan masih tidak dapat menemukan masalah speaker telinga yang tidak berfungsi di iPhone Anda, silakan ikuti pemecahan masalah di bawah ini.

Cara Mengatasi Speaker Atas iPhone Tidak Berfungsi


Jika speaker telinga iPhone Anda tidak berfungsi, berikut beberapa cara untuk memperbaiki speaker telinga di iPhone Anda.

 

Cara Mengatasi Speaker Atas iPhone Tidak Berfungsi

1: Periksa Pengaturan Suara

Jika iPhone Anda memiliki masalah dengan kualitas suara, atau jika Anda sulit mendengar suara orang dengan jelas karena bunyi berderak, periksa setelan suara (Suara & Haptik) di perangkat Anda dan lihat apakah ada yang Anda matikan. Jika masalah masih terjadi, tarik penggeser pendering dan Peringatan maju mundur, lalu mulai ulang perangkat Anda.  

 

2: Perbarui iPhone Anda ke versi iOS terbaru.

Seperti disebutkan sebelumnya, speaker telinga iPhone Anda tidak berfungsi mungkin disebabkan oleh versi iOS yang sudah ketinggalan zaman atau bug. Jadi memperbarui sistem iPhone Anda adalah cara terbaik untuk menghilangkan bug mendasar yang menyebabkan masalah speaker telinga. Untuk memperbarui iPhone Anda, Buka Setelan, buka Umum, lalu Pembaruan Perangkat Lunak, dan ketuk Unduh & Instal. 

 

3: Matikan Peredam Kebisingan Telepon

Meskipun demikian, peredam bising iPhone seharusnya membantu menghilangkan kebisingan di latar belakang dan mengurangi kebisingan sekitar selama panggilan telepon agar panggilan terdengar lebih jernih. Namun, ini mungkin menjadi masalahnya dalam kasus ini. Itu membuat panggilan telepon terdengar agak tidak jelas, jadi mematikannya bisa memberikan lebih banyak manfaat.

Untuk mematikan Peredam Kebisingan Ponsel Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  •      Buka Setelan
  •      Ketuk Aksesibilitas
  •      Ketuk Audio/Visual
  •      Ketuk Suara Latar Belakang
  •      Nonaktifkan Suara Latar Belakang.

 

4: Bersihkan speaker telinga

Kotoran dan debu biasanya menumpuk di speaker iPhone Anda, namun jika tidak dibersihkan setidaknya dua kali sebulan, hal ini dapat menghalangi jalannya gelombang suara dan memengaruhi kualitas suara iPhone.

Untuk membersihkan Speaker Telinga, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hindari penggunaan cairan, seperti alkohol, semprotan pembersih, atau cuka, untuk membersihkan speaker telinga (dapat menyebabkan kerusakan permanen)
  • Bersihkan secara perlahan kotoran, air, atau minyak yang terlihat dari kisi-kisi speaker telinga menggunakan sikat gigi berbulu lembut, sikat antistatis, atau Q-Tip.
  • Periksa apakah masalahnya sudah hilang. Jika tidak, ulangi langkah-langkahnya.


5: Mulai ulang iPhone Anda

Memulai ulang perangkat adalah tip lain yang dapat membantu memperbaiki speaker telinga iPhone Anda, karena hal itu akan membantu meningkatkan kinerjanya, terutama jika Anda menghadapi gangguan. Untuk memulai ulang model iPhone apa pun, buka aplikasi Setelan, ketuk Umum, lalu Matikan, lalu seret ikon Daya ke kanan. Lalu, tunggu 30 detik dan tahan tombol Sisi hingga Anda melihat logo Apple.

 

6: Tingkatkan volume speaker telinga

Tampaknya mustahil untuk mematikan speaker telinga iPhone Anda, tetapi hal itu mungkin dilakukan. Anda mungkin secara tidak sengaja mengatur tingkat volume terlalu rendah selama panggilan telepon, jadi kami menyarankan Anda melakukan ini terlebih dahulu sebelum mencoba metode lainnya. Saat mengatur volume, Anda juga dapat mengatur Keseimbangan Volume Audio dalam prosesnya. Untuk menyesuaikan Keseimbangan volume Audio, Buka Setelan > Aksesibilitas > Audio/Visual, dan di bagian Keseimbangan. Gunakan penggeser untuk menyesuaikan keseimbangan Volume ke kiri dan kanan.

 

7: Hapus semua protektor layar dan casing

Jika membersihkan speaker telinga tidak sepenuhnya menghilangkan masalah, pelindung layar dan casing ponsel mungkin menjadi penyebabnya. Ini dapat memblokir speaker iPhone dan menyulitkan Anda mendengar suara apa pun. Anda harus melepas semua pelindung layar dan casing dan melihat bagaimana hasilnya.

 

Mengapa Speaker Atas iPhone Saya Tidak Berfungsi

 

8: Atur Ulang Semua Pengaturan

Jika Anda masih mengalami masalah dengan speaker telinga iPhone setelah mencoba semua metode di atas, Anda harus menyetel ulang setelan. Untuk menyetel ulang semua setelan di iPhone Anda, buka aplikasi Setelan, buka Umum > Transfer atau Reset iPhone > Setel Ulang, lalu tap Setel Ulang semua setelan.

Setelah pengaturan ulang selesai, Anda harus menyambungkan kembali dan mengatur semuanya. Anda juga dapat memilih untuk mengonfigurasi opsi privasi dan aksesibilitas sesuai keinginan Anda.

 

9: Matikan Bluetooth

Jika Anda menggunakan earphone dengan iPhone, audio mungkin tetap berada dalam mode earphone bahkan setelah earphone dilepas. Untuk mengeluarkan iPhone dari mode earphone, buka Setelan > Bluetooth dan putuskan sambungannya. Itu akan membantu memutuskan sambungan perangkat lain yang terhubung ke iPhone Anda.
 

10: Nonaktifkan Keamanan Headphone

Fitur keamanan Headphone adalah alasan lain mengapa speaker telinga di iPhone Anda tidak berfungsi. Volume maksimum untuk fitur keamanan headphone iPhone Anda mungkin disetel pada tingkat rendah untuk melindungi pendengaran Anda. Untuk menonaktifkan keamanan headphone Buka aplikasi Setelan di iPhone Anda > Suara & Haptik, lalu tap Keamanan Headphone > Matikan Keamanan Headphone.

 

11: Periksa iPhone Anda dari kerusakan akibat cairan.

Jika Anda tidak dapat menemukan masalah pada speaker iPhone setelah melakukan semua metode ini, periksa iPhone Anda apakah ada kerusakan akibat air. Sebagian besar perangkat iPhone dilengkapi dengan Indikator Kontak Cairan (LCI), sehingga Anda dapat mengetahui apakah iPhone Anda mengalami kerusakan akibat air dengan melepas tempat SIM dan memeriksa apakah slot kartu SIM berwarna merah atau merah muda (warna indikator biasanya Putih atau Perak, namun bila jika terkena air, warnanya akan menjadi merah seluruhnya).

Jangan gunakan pengobatan rumahan seperti beras untuk mengeringkan iPhone Anda, jika iPhone rusak karena air, bawalah ke ahlinya.
 

12: Paksa Mulai Ulang iPhone Anda

Jika speaker iPhone Anda masih bermasalah, Anda memiliki metode untuk memulai ulang secara paksa. Melakukan hal ini akan membantu menghilangkan semua masalah yang disebabkan oleh gangguan bug, atau memori yang mudah menguap. Ini akan membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan menyegarkan perangkat dan membersihkan memori.



Untuk iPhone 6 Plus & model lama: 

Tahan tombol samping dan beranda bersamaan hingga logo Apple muncul di layar.


Untuk iPhone 7 & 7 Ditambah: 

Tahan tombol tidur/bangun dengan tombol volume bersamaan hingga logo Apple muncul di layar. 

 

Untuk iPhone 8 atau Lebih Baru:

Tekan dan lepaskan tombol volume atas dengan cepat, lalu tekan dan lepaskan tombol volume bawah dengan cepat. Setelah selesai, tahan tombol samping hingga logo iPhone muncul di layar.

 

Jika tidak ada solusi yang tercantum yang berfungsi untuk perangkat Anda, kemungkinan speaker telinga iPhone Anda rusak, dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya. Kerusakan tersebut mungkin disebabkan oleh masalah perangkat keras, atau mungkin karena terjatuh, dan jika demikian, Anda mungkin perlu membawa ponsel Anda ke Apple Store untuk diperbaiki. Kami harap panduan kami tentang 'cara memperbaiki speaker telinga iPhone tidak berfungsi' bermanfaat bagi Anda.


Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Speaker Atas iPhone Tidak Berfungsi atau Tidak Ada Suara"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah