Cara Sederhana Transfer Data dari Android ke iPhone

 Baru saja membeli iPhone baru? Berikut adalah dua cara yang sangat mudah untuk mentransfer data dari Android ke iPhone dengan aman dan terlindungi. Apakah Anda baru saja beralih dari Android ke iPhone, atau Anda berencana untuk melakukannya, pertanyaan besar yang harus ditanyakan adalah bagaimana Anda mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Berpindah dari ponsel Android ke ponsel lain adalah satu hal. Beralih Pindah data Android ke iPhone adalah hal yang sama sekali berbeda.

Untungnya, menjadi berbeda bukan berarti lebih sulit. Bahkan, saya telah melakukannya hampir setiap tahun, ketika model iPhone baru muncul dan saya perlu mentransfer foto, video, dan file saya yang berharga di seluruh platform.

Tergantung pada seberapa banyak data yang dipindahkan, prosesnya bisa berkisar dari beberapa menit hingga satu jam lebih. Namun, tidak peduli berapa lama pun waktunya, "caranya" tetap sama, dan di bawah ini saya telah mencantumkan tidak hanya satu, tetapi dua metode untuk memindahkan semua data Anda dari titik A ke B, dengan aman dan terlindungi.

Cara Transfer Data dari Android ke iPhone

Transfer Data dari Android ke iPhone

Sebelum Anda mulai mentransfer data apa pun, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini:

  • Isi daya setidaknya 75%: Semakin tinggi, semakin baik. Tergantung pada seberapa banyak data yang Anda transfer, wajar jika ponsel Anda menjadi panas dan, oleh karena itu, menguras baterainya dengan lebih cepat.
  • Memiliki koneksi Wi-Fi yang stabil: Kami akan memindahkan data secara nirkabel, yang berarti sinyal yang kuat dan statis diperlukan untuk transfer yang paling optimal. 
  • Periksa kembali jumlah data yang akan Anda pindahkan: iPhone Anda mungkin memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup atau tidak untuk menerima semua file. Jika tidak, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengatur file lama Anda di ponsel Android, menentukan apa yang harus disimpan, apa yang harus disimpan di drive eksternal, dan apa yang harus dihapus sebelum dipindahkan.

 

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya:

Cara 1 : Transfer data melalui Pindah ke iOS 

Metode pilihan saya untuk mentransfer file adalah layanan Pindah ke iOS dari Apple. Layanan ini sudah dimuat sebelumnya di iPhone Anda, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh aplikasi Move to iOS di perangkat Android Anda melalui Google Play Store.

Agar layanan ini berfungsi, Anda harus berada di iOS Setup Assistant, yang merupakan halaman pengaktifan saat pertama kali menyalakan iPhone baru Anda - halaman yang bergantian antara "Halo" dalam berbagai bahasa. Jika Anda telah mengatur iPhone dan dapat mengakses layar beranda, Anda harus mengatur ulang dari pabrik untuk menggunakan Pindah ke iOS.  

  • Mulai dengan iPhone Anda : Dari iOS Setup Assistant, lihat slide penyiapan awal, termasuk koneksi Wi-Fi, membuat kode sandi, dan menerima syarat dan ketentuan diagnostik Apple. 
  • Ketuk Pindahkan Data dari Android : Lalu ketuk Lanjutkan. 
  • Pada perangkat Android Anda, buka aplikasi Pindah ke iOS. Setujui kebijakan privasi Apple, berikan akses aplikasi ke file dan lokasi Anda, lalu tekan Lanjutkan saat Anda sampai di layar Temukan Kode Anda.  
  • Layar iPhone Anda akan menampilkan kode satu kali : Masukkan kode ini pada ponsel Android Anda. Ini akan memulai proses pemasangan, setelah itu Anda dapat memilih file apa yang ingin Anda transfer. Daftar ini mencakup pesan, kontak, info kalender, akun Google, foto dan video, dan pengaturan pengguna.
  • Biarkan Android dan iPhone Anda tidak tersentuh : Biarkan ponsel tetap menyala saat transfer sedang diproses. Tergantung pada seberapa banyak data yang Anda pindahkan dari ponsel ke ponsel, transfer dapat memakan waktu 30 menit atau lebih.

 

pindah data android ke iphone tanpa reset

Cara 2: Transfer data melalui akun Google  

Terakhir, Anda bisa menggunakan Gmail untuk mentransfer data melalui cloud. Metode ini sangat ideal jika ada file tambahan yang lupa Anda pindahkan pada metode pertama atau jika Anda sudah mengatur iPhone dan tidak dapat menggunakan Pindah ke iOS.

  • Buka aplikasi Pengaturan di Android. Cari tab Google, ketuk Cadangan, dan alihkan ke kategori apa yang ingin disinkronkan di seluruh perangkat. Anda dapat memeriksa ulang apa yang disalin dengan memperluas data Akun Google di daftar detail Pencadangan. Tunggu hingga sinkronisasi cadangan selesai.
  • Menyelaraskan akun Google dengan iPhone. Buka pengaturan iPhone > Mail > Akun > Tambah Akun > dan masukkan kredensial Gmail Anda.  Data dari akun Google Anda akan disinkronkan dengan iPhone dan secara otomatis mulai mengimpor.
  • Bonus alternatif Google. Anda juga bisa mengunggah file ke dalam folder Google Drive dan mengunduhnya ke iPhone. Perlu diketahui bahwa akun Google standar dan gratis dilengkapi dengan penyimpanan 15GB. Anda harus membayar untuk penyimpanan cloud yang lebih besar.


Dapatkah menggunakan aplikasi 'Pindah ke iOS' meskipun sudah mengatur iPhone?
Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan layanan transfer file jika Anda telah menyelesaikan Asisten Pengaturan iOS. Saran terbaik saya adalah mencadangkan apa pun di iPhone baru Anda yang ingin Anda simpan, mengatur ulang iPhone dari pabrik, menggunakan layanan Pindah ke iOS, lalu mengambil apa yang telah dicadangkan. Sekali lagi, pastikan Anda memiliki penyimpanan yang cukup untuk menampung semuanya.

Apa cara tercepat untuk mentransfer data dari Android ke iPhone? Layanan Pindah ke iOS dari Apple adalah layanan pemindahan yang paling lancar dan efisien yang pernah saya gunakan, terutama ketika saya masih dalam tahap awal penyiapan. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan program desktop seperti AnyTrans, menghubungkan kedua ponsel ke komputer, dan memindahkan file secara lokal. Namun, saya biasanya tidak suka menggunakan perangkat lunak yang tidak berpemilik ketika memindahkan informasi pribadi, jadi saya akan tetap menggunakan dua metode di atas untuk keamanan.

Dapatkah mentransfer data dari Android ke iPhone setelah penyiapan? Tentu saja. Metode terbaik adalah mencadangkan informasi apa pun yang ingin Anda transfer ke Gmail atau Google Drive, lalu mengunduhnya dari iPhone. Cara ini membutuhkan lebih banyak pekerjaan manual, tetapi sangat bagus jika Anda hanya ingin memindahkan file tertentu dan tidak semua.

Belum ada Komentar untuk "Cara Sederhana Transfer Data dari Android ke iPhone"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah