Cara Mengatasi Chrome Error dns_probe_finished_nxdomain di HP Android

Pernah mengalami dns_probe_finished_nxdomain saat browsing melalui Chrome? Nah jika anda pernah mengalami ini? tepat jika anda membaca dan menyimak pembahasan kali ini mengenai Cara Mengatasi Chrome Error dns_probe_finished_nxdomain di HP Android baik browsing melalui chrome atau aplikasi browser lain bawaan, atau iPhone melalui Safari. Cukup menyebalkan untuk tidak dapat mengakses situs yang kita tuju ketika sedang ingin browsing. Dan yang lebih membingungkan adalah muncul  pesan kesalahan seperti DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Tapi jangan dulu untuk panik. Masalah Google Chrome ini agak umum dan dapat terjadi pada perangkat Windows, Mac, dan Android. Ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda ambil untuk memecahkan masalah dan memperbaiki masalah.


Salah satu kesalahan yang paling sering terlihat yang menampilkan konsep tersebut adalah DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Ini adalah salah satu masalah umum yang dilihat oleh hampir semua pengguna komputer biasa sekali dalam siklus penggunaannya. Pesan tersebut datang di browser web umum, membuat pengguna tidak dialihkan ke situs web target. Sebelum ke pembahasan penanganan masalah, kita harus mengenal dahulu apa itu DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

 

Apa itu DNS_PROBE_NXDOMAIN?

Untuk memahami apa arti 'DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN', mungkin akan membantu untuk memecah pesan kesalahan terlebih dahulu. DNS, yang merupakan kependekan dari Domain Name System, bertanggung jawab untuk menangani proses penerjemahan nama domain menjadi alamat IP. Setiap situs web memiliki alamat IP yang terlihat seperti '123.123.12.1'. Daripada mengingat dan mengetik serangkaian angka setiap kali Anda ingin mengunjungi sebuah situs, Anda dapat memasukkan nama domain atau URL yang mudah digunakan, seperti 'yourdomain.com'.

DNS secara efektif berfungsi sebagai direktori untuk internet. Dalam prosedur yang dikenal sebagai resolusi nama DNS, saat Anda memasukkan nama domain ke browser, ia meminta server web untuk mencari alamat IP dan kemudian mengembalikan situs web. Anda dapat mengunjungi situs web setelah browser dan server web ditautkan. Namun, jika terjadi kesalahan dengan proses—misalnya, jika dihentikan atau tidak diselesaikan dengan benar—pesan kesalahan terkait DNS akan ditampilkan.

Anda mungkin menemukan halaman kesalahan dengan pesan DNS PROBE FINISHED NXDOMAIN sebagai pengganti situs web yang Anda coba akses. Pemberitahuan yang berbunyi "Situs ini tidak dapat dijangkau" atau "Situs ini tidak dapat diakses" sering ditampilkan di sampingnya.


Apa yang menyebabkan Kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN?


Pengguna Chrome mungkin melihat berbagai macam pesan kesalahan. Namun jika Anda menerima pemberitahuan yang diawali dengan "DNS", biasanya ini menandakan bahwa resolusi nama DNS gagal berfungsi sebagaimana mestinya. DNS tidak berhasil menemukan alamat IP yang sesuai dengan domain yang Anda tentukan, seperti yang ditunjukkan oleh kesalahan ini. Faktanya, ini tidak berarti bahwa domain tersebut tidak benar-benar ada; sebaliknya, itu hanya berarti bahwa DNS mengalami masalah dalam menemukan dan menginterpretasikan nama domain.

Biasanya, Anda dapat mengisolasi masalah ke masalah dengan pengaturan perangkat atau browser Anda. Dalam keadaan lain, masalah dapat muncul begitu saja karena memasukkan URL yang salah ke browser Anda. Di lain waktu, penyebab utama ditentukan sebagai konflik dengan program pihak ketiga yang diinstal di komputer Anda, seperti perangkat lunak antivirus atau Virtual Private Network (VPN). Hal ini paling sering terjadi akibat pengaturan DNS yang usang atau tidak dikonfigurasi dengan benar.


Cara memperbaiki DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Sebagai pengguna Browser, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menentukan apakah error ini terjadi pada website yang kita kunjungi atau memang pada setingan HP kita. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

 

Pastikan Alamat URL benar.

Kami akan mulai dengan penjelasan yang paling mudah mengapa Anda bisa melihat kesalahan DNS PROBE FINISHED NXDOMAIN: Anda hanya salah mengetik nama domain. Periksa kembali URL untuk setiap kesalahan yang mungkin Anda buat saat mengetiknya di browser. Siap untuk beralih ke teknik berikutnya setelah Anda yakin tidak ada kesalahan.


Restart Perangkat

Melakukan restart HP Anda adalah jawaban langsung tetapi terkadang efisien untuk masalah ini. Coba matikan lalu hidupkan kembali tablet atau ponsel Anda jika Anda menerima jawaban DNS PROBE FINISHED NXDOMAIN dari salah satu perangkat ini. Ini mungkin menjengkelkan jika Anda sering membuka banyak tab browser dan program. Akibatnya, Anda bebas untuk memesan pilihan ini sampai Anda kehabisan pilihan lainnya. Namun perlu diingat bahwa untuk banyak dari solusi ini, Anda setidaknya perlu memulai ulang browser Anda.

 

Setel ulang Chrome ke Default

Kemungkinan lain masalah banyaknya ekstensi. Mengubah fitur atau ekstensi browser Anda mungkin mengubah setelan Chrome. Selain itu, ini terkadang dapat mengganggu pengaturan DNS, yang mengakibatkan munculnya pesan kesalahan. Jadi masuk akal untuk mengembalikan bendera Chrome ke default aslinya. Masukkan chrome:/flags ke bilah browser Anda dan klik Enter untuk melakukannya.

 

Sebagian besar solusi yang telah kami sebutkan sejauh ini ditujukan terutama untuk perangkat desktop. Namun, kesalahan juga mungkin muncul di aplikasi Android Chrome, yang merupakan browser default. Mari kita lihat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini di perangkat seluler Android Anda, termasuk:

  • Periksa Sistem Android dan Aplikasi Chrome
  • Hapus Browser Chrome dan Data Aplikasi Anda
  • Ubah Pengaturan Jaringan Android

 

Periksa Pembaruan Sistem Android dan Aplikasi Chrome

Jika Anda sudah mencoba memulai ulang perangkat Anda, kemungkinan alasan Anda melihat kesalahan di Android adalah karena perangkat lunak Anda sudah usang. Untuk memeriksa pembaruan sistem Android, navigasikan ke Pengaturan > Sistem. Setelah Anda mengklik Pembaruan sistem, itu akan memberi tahu Anda apakah ada yang tersedia. Jika ada, perbarui dan coba kunjungi situs itu lagi.

 

Kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

 

Nonaktifkan Antivirus atau VPN

Pengaturan jaringan dan konfigurasi server DNS terkadang menjadi tidak kompatibel dengan VPN dan perangkat lunak antivirus. Oleh karena itu, pesan kesalahan DNS mungkin berasal dari salah satu dari mereka jika Anda menginstalnya di mesin Anda. Program atau teknologi apa yang Anda gunakan akan menentukan cara menonaktifkan perangkat lunak antivirus atau VPN Anda. Namun, biasanya Anda dapat melakukannya dengan mengeklik kanan perangkat lunak setelah menemukannya di antara aplikasi dan program perangkat Anda. Cari opsi "disable" atau "uninstall".

 

Bersihkan Cache Browser

Membersihkan cache browser Anda adalah metode yang lebih populer dan efisien untuk menyelesaikan masalah DNS dengan Chrome. Membuka tab baru, memilih tiga titik vertikal di pojok kanan atas, lalu memilih Alat lainnya > Hapus data penelusuran adalah cara paling sederhana untuk melakukannya. Pastikan kotak di sebelah Cookie dan data situs lainnya serta gambar dan file dalam cache dicentang di tab Lanjutan jendela yang baru dibuka. Setelah selesai, tekan tombol Hapus data. Refresh browser Anda, lalu kembali ke situs web.

 

Ubah Server DNS
 
Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda biasanya akan memilih server DNS untuk Anda. Namun, untuk sementara mengalihkannya ke server DNS yang berbeda, seperti DNS publik Google bisa menjadi solusi yang Anda butuhkan untuk mengakhiri masalah ini selamanya. Spesifikasi teknik ini sekali lagi bergantung pada perangkat dan Sistem Operasi (OS) yang Anda gunakan.

 

Kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN paling sering terjadi di Chrome. Ini dapat terjadi di desktop dan perangkat seluler, termasuk Windows, Mac, dan OS Android. Namun, meskipun sebagian besar merupakan error khusus Chrome, error DNS terkadang juga dapat terjadi di browser lain, seperti Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan Apple Safari. Kata-kata pesan kesalahan mungkin sedikit berbeda, seperti “Kami kesulitan menemukan situs itu.” atau “Safari Tidak Dapat Menemukan Server”.

Kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN terjadi ketika browser web Anda tidak dapat menemukan situs web yang ingin Anda kunjungi. Pada dasarnya, DNS (Sistem Nama Domain) tidak dapat terhubung atau menemukan alamat IP yang terkait dengan domain yang Anda coba gunakan. 


Demikian beberapa Cara Mengatasi Chrome Error dns_probe_finished_nxdomain di HP Android yang bisa anda coba saat melakukan browsing dan menemukan masalah ini. Salam

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Chrome Error dns_probe_finished_nxdomain di HP Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah