HP Dicharger atau Dicas tidak Masuk? Ini Memperbaikinya

Tips Smartphone - Cara mengatasi Ponsel yang tidak bisa dicas atau HP dicas tidak penuh. Banyak faktor penyebab HP atau Smartphone tidak bisa dicas, mungkin salah satu penyebabnya adalah meminjam charger teman, atau buru-buru membeli charger atau baterai baru. Padahal belum tentu charger atau baterai ponsel Anda yang rusak.

HP dicas malah berkurang atau Jika ponsel tak mau nge-charge, apakah anda pernah melakukan suatu hal? Masalah charge HP, baterai gak penuh penuh bahkan sudah lama di cas. Hal seperti ini sering saya alami. Sudah lama cas hp, dayanya gak nambah nambah malah yang bikin pusing, baterai malah berkurang. Memang ada beberapa hal yang menyebabkan baterai gak nambah atau malah berkurang saat di cas, tapi untuk kebanyakan kasus, masalahnya ada pada charger.

Namun, bagaimanapun hal lain bisa saja menyebabkan baterai gak bisa dicharge. Terhitung sudah 3 jam saya cas hp, baterainya gak kunjung penuh. Jangankan penuh, nambah sedikit aja kagak. Untuk kebanyakan kasus, masalah yang saya temui adalah pada charger hp. Bisa saja charger rusak/ada hal lain yang menyebabkan charger rusak.

Beberapa hal yang menyebabkan charger rusak seperti; sering menggulung kabel charger, tidak mencabut charger pada saat tidak digunakan dan beberapa hal sepele lain yang dapat mempersingkat umur charger. Pada dasarnya jika melakukan penggunaan dan perawatan yang sesuai, kemungkinan permasalahan seperti ini jaarang sekali terjadi. Bisa juga akibat terlalu sering gonta ganti charher karena meminjam charger sembarangan tanpa melihat kapasitas input outputnya di masing-masing charger.

Cara Mengatasi HP dicas Tidak Masuk

HP dicas tidak masuk

Mudahnya begini, saat dicas dan daya baterai gak nambah, coba ganti charge dengan charge yang sama lalu perhatikan apakah daya baterai bertambah, kalau ternyata baterai nambah, jelas masalahnya ada pada charger.Segera beli charger yang baru, pastikan daya output yang dihasilkan sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan oleh bateri ponsel anda.

Segera saja ganti dengan charger yang baru. Agaknya harus mulai berhemat menggunakan charger. Namun, masalah lain seperti pada lubang port dapat menjadi penyebab daya baterai gak bertambah atau malah berkurang pada saat di charger. Bukan tidak mungkin lubang pada charge bisa kotor, terganjal sesuatu, dan lain lain dan lain lain. Periksa juga hal-hal kecil seperti itu.

Tapi untuk kebanyakan, masalahnya ada di charger. Jika memang demikian, tinggal ganti charger lama dengan yang baru.

Sebelum memastikan bahwa pengisian batteray ke hendphone anda tidak bisa karena kerusakan pada handphone anda.sebaiknya anda cek dulu charger nya,berikut tips tipsnya:
  1. Coba charger anda gunakan untuk mengecas ponsel lainnya.dan gunakan charger lain untuk mengecas Hp anda.dengan begitu anda bisa memastikan kalau charger ponsel anda masih bagus atau tidak.
  2. Periksa juga batteray ponsel anda dengan mengganti batteray lain yang masih bagus.coba lakukan isi  ulang batteray menggunakan charger yang masih normal.karena kadang pengisian ulang tidak bisa hanya karena batteray yang sudah jelek.
  3. Setelah itu baru kita menguji kerusakan pada Ponsel,jika pada layar muncul pesan "Not Charging"atau saat melakukan isi ulang(charging) ada indikator berjalan tapi batteray tidak bertambah,atau juaga mengisi ulang(charging)tetapi indikator batteray diam saja maka bisa dipastikan kerusakan ada pada IC-Chargernya.maka gantilah IC-Chargernya dengan yang baru.
  4. Ponsel selesai isi ulang(batteray full)tetapi indikator pengisian tetep jalan terus maka IC-Powernya yang rusak.dan gantilah yang baru

Handphone tidak sedang dicas,tetapi indikator batteray jalan terus berarti software(SW) yang rusak.lakukan program ulang(flash)dengan versi yang lama.Ponsel setiap mau dicharge selalu mati maka IC-Charge atau IC-Powernya rusak,lakukan pengecekan dan pengetesan pada kedua IC tersebut ,setelah itu digantu.

Setelah mengisi ulang(charger) ponsel dengan charger ,ada kebocoran listrik sebelum tombol power on ditekan.setelah ditekan tidak mau nyala,dan itu bisa disebabkan ada kebocoran pada kapasitas power suplai,sasarannya tetap IC power,IC UI,IC PA yang terhubung dengan tegangan batteray VBATT ,unit unit yang rusak dan sering menimbulkan masalah adalah IC Power,IC UI.karena IC Power merupakan BGA yaitu IC yang terintregasi maka metodenya dengan melepas IC UI,kemudian mengisi ulang(charge)kembali ponsel.perhatikan apa ada kebocoran listrik ,jika tidak IC UI yang rusak.jika ada berarti IC Power yang rusak.dan solusinya dengan mengganti IC yang rusak tersebut.

Jika ponsel anda menggunaka iPhone, anda bsia melihat di Cara Mengatasi iPhone Dicas tidak masuk

Kita mengisi ulang(charge)ponsel ,kemudian tekan tombol ON.tapi ponsel tidak nyala, tidak ada arus listrik yang masuk ke ponsel.maka lakukan pengecekan pada R224jika kedua ujung tidak memiliki tegangan VBAT 3,2V. berarti IC Power rusak atau penyolderan yang kurang baik pada IC Power.dan gantilah IC Power yang rusak atau lakukan penyolderan ulang.

Dan coba lakukan flash ulang ponsel anda agar masalah HP dicas tidak masuk teratasi. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "HP Dicharger atau Dicas tidak Masuk? Ini Memperbaikinya"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah