Cara Mengatasi Xiaomi yang Tidak Terdeteksi di PC/Laptop

Tips Smartphone - Bagaimana cara Mengatasi Xiaomi yang Tidak Terdeteksi di Laptop? Pada dasrnya setiap smartphone jika dihubungkan ke komputer atau laptop tentunya terdeteksi, terlebih lagi ponsel berbasis android yang jika dihubungkan akan melakukan koneksi baik mengisi baterai ataupun transfer data. Lalu bagaimana jika terjadi tidak bisa dideteksi komputer? Kali ini kita akan bahas mengenai hal ini, namun lebih sepsifik pada Xiaomi, karena secara pengalaman, penulis mengalami kasus ini pada smartphone Xiaomi.

Xiaomi tidak terdeteksi Komputer memiliki banyak faktor penyebab. Bisa akibat memang ada kerusakan sistem bisa juga hanya karena faktor setingan, misalnya setelan USB Debugging belum aktif. Bagi pengguna Xiaomi baru, meski sudah terbiasa dengan android, interface Xiaomi berbeda dengan android kebanyakan seperti Samsung. Xiaomi memiliki interface UI yang tentunya memiliki tata letak dan navigasi berbeda. Nah, untuk mengatasi agar XIaomi terdeteksi di Komputer atau terhubung pada Laptop berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya :

Mengatasi Xiaomi yang Tidak Terdeteksi di Laptop

Mengatasi Xiaomi yang Tidak Terdeteksi di Laptop

Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi Xiaomi tidak terdeteksi di Laptop atau istilahnya tidak bisa melakukan Mi PC Suite :


1. USB Debugging Belum Aktif

Salah satu kemungkinan terbesar adalah USB Debugginng belum aktif, ini jika memang dari pertama membeli belum pernah melakukan penyambungan ke Laptop. Atau kemungkinan kasus ini jika sebelumnya tidak terjadi apa-apa. Untuk mengatasinya kita harus mengaktifkan USB Debugging. Untuk Versi android 4.2 ke bawah, untuk mengaktifkan USB Debugging harus melalui Developer Option dahulu, namun generasi Redmi Note 2 ke atas atau android versi 4.2 ke atas sudah terdapat pilihan USB Debugging namun hanya dalam status hidden atau tersembunyi.

Cara Mengaktifkan USB Debugging Tersembunyi di Xiaomi
  • Masuk ke Settings/Setelan 
  • Klik pada pilihan About Phone/Tentang Telepon, biasanya di bagian bawah
  • Kemudian tap MIUI Version tujuh kali, maka Developer Options sudah aktif atau status enable.
  • Selanjutnya masuk ke Settings/Setelan > Additional settings > Developer Options.
  • Sekarang kita dapat mengaktifkan USB debugging melalui Devloper Options.




2.  Tidak Tersedia USB Setting di Xiaomi

Bagi yang memiliki Xiaomi built-up atau yang bukan resmi untuk pasar indonesia, biasanya tidak terdapat bahasa indonesia. Nah selain itu, kadang fitur USB Setting juga tidak tersedia sehingga ketika dihubungkan ke PC atau Laptop tidak mendeteksi adanya koneksi. Untuk mengatasinya kita harus mengunduh MIUI USB Settings. Anda bisa mengunduhnya di Playstore dengan mengetik MIUI USB Settings kemudian installl pada ponsel Xiaomi kamu.
     

3. Xiaomi Anda Tidak Support USB Setting

Jika langkah nomer 2 sudah dilakukan namun tetap belum bisa, yang perlu dilakukan adalah mengisntall Mi PC Suite pada Laptop atau Komputer yang ingin dihubungkan.

Ketiga, Karena xiaomi anda mungkin tidak support usb setting, dan harus menggunakan aplikasi official (Mi PC Suite)

jika masih tidak terdeteksi di MI PC Suite dan persen hanya ( 30% ) itu karena Official Download Mi PC Suite yang bermasalah, saya akan memberi berkas (MI PC Suite ) yang akan membuat handphone xiaomi anda terhubung ke PC. Untuk mengunduhnya bisa mengunjungi website resminya di https://pcsuite.mi.com/

Untuk penggunaan bisa baca pada website tersebut, sudah terdapat tutorialnya dengan detail.

Cara diatas bisa dilakukan untuk tipe Hp Xiaomi :
Xiaomi Mi 4S, Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi 4, Xiaomi Mi Note, Xiaomi Mi Pad, Redmi Note, Xiaomi Mi Note Pro, Xiaomi Mi Pad 2, Redmi 3, Redmi 2/Prime, Xiaomi Mi 4i, Xiaomi Mi 4c, Redmi Note 3, Redmi Note 3 Pro, Redmi Note 2, Redmi Note 2 Prime, Redmi Note Prime, Xiaomi Mi 3, Redmi 1S, Redmi 1, Xiaomi Mi 2A, Xiaomi Mi 2/2S, Xiaomi Mi 1/1S

Jika anda mengalami masalah mengenai Android yang tidak bsia membuak menu, mungkin anda bisa membaca pada Cara Mengatasi Android tidak bisa buka menu.

Xiaomi yang tidak bisa terlihat di Laptop sebenarnya pada intinya hanya terdapat pada sistemdan pengaturan saja. Jika memang pengaturan sudah sesuai dan semua sistem sudah benar, namun masih belum bisa, kemungkinan besar yang bermasalah adalah Laptop atau PC tersebut, bisa jadi untuk setingan USB Device belum diaktifkan. Atau untuk lebih jelasnya mungkin anda bisa mendatangi Service Center Xiaomi terdekat di kota anda.

Demikian mengenai Cara Memperbaiki Xiaomi yang tidak bisa terdeteksi di Laptop, semoga bisa membantu anda yang mengalami masalah ini dan tidak harus menggati komponen hingga mengeluarkan banyak biaya. Salam

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Xiaomi yang Tidak Terdeteksi di PC/Laptop"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah