Bisakah Scan Dokumen dengan HP Android? Begini Caranya

Saat dunia merangkul internet dengan tangan terbuka, digitalisasi segala sesuatu di sekitar kita sudah bisa diduga. Lebih dari separuh informasi pribadi seseorang sebagian besar disimpan di ponsel pintar, sehingga mereka tidak perlu repot mengelola dan menyimpan dokumen fisik, sehingga menghemat waktu dan memiliki manfaat bagi lingkungan. Salah satu hal yang telah kita ubah menjadi entitas digital sepenuhnya adalah dokumen. Memindai atau Scan dan menyimpan dokumen menggunakan smartphone menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Scan dokumen menyelamatkan Anda dari kerepotan membawa dokumen fisik dan menyimpan dengan mudah. Sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan fungsi pemindaian dokumen bawaan, bahkan ada yang sudah tertanam di dalam aplikasi Kamera. Aplikasi seperti Files by Google and Adobe Scan adalah cara terbaik untuk memindai dokumen di mana saja.Inilah cara scan dokumen di android.

Ponsel Anda mungkin sudah memiliki pemindai dokumen, tergantung pada produsen perangkat. Produsen seperti Samsung, OnePlus, dan Nothing hadir dengan pemindai dokumen dalam aplikasi kamera mereka. Google Pixels dan yang lainnya harus mengandalkan fitur Pindai Google Drive, Files App, dan meskipun pemindai bawaannya bagus, namun tidak memiliki fleksibilitas atau fitur aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Scan.

Cara Scan Dokumen dengan HP Android


Ada beberapa cara yang bisa digunakan, salah satunya dengan aplikasi Files By Google 

cara scan dokumen di hp android

Sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan aplikasi Files Google atau Google Drive yang sudah diinstal sebelumnya, dan Anda dapat memindai dokumen menggunakan pemindai dokumen bawaannya. Aplikasi Files memungkinkan Anda menyimpannya dalam penyimpanan di Folder Pindaian, sedangkan aplikasi Drive meminta Anda untuk mengunggahnya ke penyimpanan cloud. Karena sebagian besar dari kita mungkin akan menyimpan dokumen kita, berikut ini cara menggunakannya di aplikasi Files by Google.

  • Instal aplikasi Files by Google dari Play Store jika Anda belum memilikinya.
  • Luncurkan aplikasi dan ketuk tombol Pindai di bagian kanan bawah

cara scan dokumen ke pdf di hp

  • Pindahlah ke tempat yang cukup terang dan sejajarkan dokumen di bawah kamera smartphone Anda.
  • Jika dalam mode Auto capture, UI akan mencari ujung-ujungnya, mengambil gambar, menyelaraskan tepinya, dan membuat perspektifnya rata.
  • Jika pengambilan gambar secara otomatis tidak berhasil, tunggu sampai garis biru sejajar dengan dokumen, lalu tekan tombol Shutter.
  • Anda dapat melanjutkan pengambilan gambar jika dokumen Anda memiliki beberapa halaman dan menyimpannya sebagai PDF dengan mengetuk Selesai.


Pemindai dokumen di Google Drive dan Files by Google memungkinkan Anda untuk Memangkas, Menyaring, Membersihkan, dan Mengambil ulang gambar dokumen. Anda juga dapat menarik dan melepas untuk mengatur ulang halaman dokumen. Fitur Bersihkan sangat membantu dalam membersihkan noda atau tinta yang buruk dari halaman.

 

Aplikasi yang kedua dengan menggunakan Aplikasi Adobe Scan

Salah satu aplikasi terbaik yang saya rekomendasikan untuk memindai dokumen di Android adalah Adobe Scan. Aplikasi ini cukup sederhana dan mudah digunakan serta merupakan salah satu aplikasi pemindai paling komprehensif di Google Play Store. Selain itu, aplikasi ini juga mengunggah PDF Anda ke Adobe Cloud sehingga Anda dapat mengunduhnya nanti.

  • Instal Adobe Scan dari Google Play Store.
  • Luncurkan aplikasi dan masuk ke akun Anda.

cara scan dokumen di hp

  • Arahkan kamera ponsel Anda ke dokumen dan Adobe Scan akan secara otomatis mencari dokumen tersebut dan menyimpannya.
  • Pada titik ini, Anda dapat mengetuk Simpan PDF untuk menyimpan dokumen yang dipindai di ponsel Anda. Atau, Anda dapat melanjutkan memindai lebih banyak halaman dengan mengetuk Terus pindai.

Salah satu sorotan utama dari Adobe Scan adalah daftar lengkap fiturnya yang sudah terpasang. Dari berbagai filter hingga fitur penandaan, pengubahan ukuran, pemangkasan, dan pembersihan, aplikasi ini siap membantu Anda. 

Kamera ponsel cerdas Anda bisa mengenali Anda dan benda-benda di sekelilingnya. Oleh karena itu, ketika Anda mengarahkannya ke dokumen, sebagian besar aplikasi kamera akan meminta Anda untuk menggunakan pemindai dokumen bawaan (jika ada) untuk menyimpan dokumen. Tentu saja, pemindai dokumen bawaan mungkin tidak selengkap aplikasi yang disebutkan di atas, tetapi mungkin cukup memadai untuk digunakan sesekali.

Belum ada Komentar untuk "Bisakah Scan Dokumen dengan HP Android? Begini Caranya"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah