Cara Mengatasi LCD Berbayang(Ngeblur) di Android

Tips Smartphone - Bagaimana Cara Mengatasi LCD Berbayang di Android? Selain masalah android restart sendiriada beberapa pengguna Android yang mengeluh masalah Layar atau LCD berbayang atau gambarnya ada bayang-bayang. Hal ini dipengaruhi atau disebabkan oleh beberapa faktor. Lalu bagaimana cara mengatasinya jika layar sentuh tidak jelas atau mulai tampak kabur? Berbeda dengan Layar Sentuh yang Tergores, android yang layar berbayang ada yang dipengaruhi hardware ada pula yang software. Jika hardware bisa jadi hanya kendor pada soket LCD atau touchscreen, itu yang kerusakan ringan. Namun tidak menutup kemungkinan kerusakan berat sehingga bisa diharuskan untuk mengganti layar sentuh atau LCD.

LCD android buram atau ngeblur atau ada yang menyebutnya layar berbayang bila tidak diakibatkan benturan seperti misalnya terjatuh atau terbentur sesuatu setahu saya masih aman, apalagi dioperasikan layar sentuhnya masih normal. Kemungkinan paling hanya kendor atau kotor saja, jadi masih ada kemungkinan masih bisa kembali normal. Jika dari software biasanya LCD atau layar sentuh touchscreen-nya sulit dioperasikan. Atau memang ada malware atau virus yang menyerang pada kinerja layar sentuh sehingga fungsional dari layar sentuh menjadi terganggu, salah satunya LCD tampak berbayang atau tidak jelas pada bagian layar terutama di sisi tengah. Sebenarnya banyak kemungkinan dan faktor penyebab, namun kita akan membahas kemungkinan-kemungkinan yang sering dialami, semoga bisa memberikan pandangan bagi yang memiliki masalah yang sama.

Cara Perbaiki LCD Handphone Android Berbayang tentunya kita harus paham minimal faktor kerusakannya, bukan sekedar menebak atau langsung memutuskan ganti LCD karena menganggap bahwa LCD sudah rusak. Padahal belum tentu pasti karena banyak faktor yang akan mempengaruhi. Atau bahkan tidak rusak memang hanya kotor atau ada yang kendor saja sehingga transfer visual gambar tidak maksimal hasilnya yang tertampil pada LCD.

Layar yang berbayang/Shadow beberapa kali permasalahan ini dialami oleh pengguna android dari advan baik Tablet advan atau HP advan. Atau banyak juga terjadi pada ponsel merk china lainnya seperti Oppo, Infinix, Xiaomi, juga Meizu. Mulai dari LCD bergaris, Layar Blang Putih, LCD ngeblur, Layar Sentuh error, atau layar muncul bayang-bayang). Nah berikut ini kita coba untuk melakukan pengecekan untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi yang tepat agar tidak terjadi masalah lain.

Cara Mengatasi LCD Ngeblur di Android

Cara Mengatasi LCD Ngeblur di Android


Berikut beberapa cara mengatasi LCD ngeblur :

LCD Ngeblur

analisa pertama jika soket kendor atau kotor, lakukan langkah ini:
  1. Lepas Cover atau Casing belakang
  2. Buka baut untuk membuka
  3. Lepas soket LCD dan semprot dengan Contact Cleaner atau alkohol
  4. Diamkan agar kering atau dengan disemprot angin

LCD Buram

Bila soket kotor atau kendor, maka cara ini sudah bisa membantu. Namun jika belum normal, ada kemungkinan lain. Lakukan langkah kedua, yaitu :
  1. Periksa konektor dan soket apakah ada yang putus atau sobek. Jika ada lakukan penyambungan dengan  solder
  2. Jika semuanya sudah baik coba untuk menyemprot contact cleaner pada bagian rangka ponsel dan sikat perlahan dengan sikat kecil.
  3. Untuk melakukan penyambungan, usahakan dibawah lampu yang terang karena jika ada jalur yang tersambung bisa menyebabkan konsletingda, pastikan masalahnya sudah sesai dengan  mencoba menghidupkan.
Bila hal ini sudah dicoba semua, perhatikan pula masa waktu atau lifetime dari LCD, bisa jadi memang sudah waktunya ganti. Untuk memastikan, buka buku petunjuk manual book yang dulu didapatkan saat membeli. Ini bisa digunakan untuk acuan lifetime dari layar Sentuh. Setiap merk atau tipe ponsel memiliki lifetime yang berbeda. bahkan dengan merk yang sama pula pasti kualitasnya berbeda. Hal ini sangat bergantung pada penggunaan di masing-masing orang dan juga selain itu, terkadang ada yang memang cacat pabrik. Untuk itulah mengapa sebuah perusahaan selalu memberikan garansi dan menyediakan service center hp untuk masing-masing produsen. Salah satunya untuk melayani klaim garansi dan juga masalah akibat kerusakan yang timbul akibat hasil produksi pabrik karena setiap produk dibuat secara masal. 

Jika permasalahan anda pada LCD yang tidak berfungsi sebagian, mungkin perlu melakukan langkah di : Cara Mengatasi layar sentuh tidak berfungsi sebagian.

Demikian Cara mengatasi layar sentuh ngeblur atau muncul bayangan. Semoga bisa membantu anda yang memiliki masalah LCD berbayang. Perbaikan yang tepat akan membantu memelihara komponen lain agar tidak terjadi kerusakan sebelum waktunya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi LCD Berbayang(Ngeblur) di Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah