Mengatasi Android Tidak Bisa Masuk Ke Menu

Tips Smartphone - cara memperbaiki hp android yang tidak bisa masuk ke menu dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri. Bagaimana Mengatasi HP Android tidak mau masuk menu? Pernahkah anda mengalami hal seperti itu? tiba-tiba HP android anda tidak bisa buka menu ketika kita pada tampilan pertama. Yang biasanya kita tekan logo menu dan masuk menu, kini hanya diam saja tak berubah. Apa yang menjadi penyebab hp tidsk bisa masuk menu di kasus tersebut? nah kita akan kupas bersama kali ini. Semoga apa yang anda alami tidak harus mengganti perangkat atau harus ke service karena akan memakan banyak biaya.

Android tidak bisa masuk tampilan menu biasanya terjadi akibat beberapa hal diantaranya adanya kesalahan sistem atau adanya sistem yang erroa. Sistem yang error atau bermasalah ini penyebabnya biasanya karena kinerja ponsel yang terlalu berat sehingga menyebabkan smartphone anda mengalami error. Lalu bagaimana mengatasinya? jika anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang mengalami masalah ini, tidak perlu cemas. Android merupakan salah satu sistem operasi yang bsia dibilang canggih dan mudah dalam segi troubleshooting sehingga kesalahan sistem masih memungkinkan untuk diperbaiki.

Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki hp yang tidak bisa buka menu

Cara mengatasi Android Tidak Bisa Masuk Menu


Kerusakan sistem yang terjadi merupakan sesuatu yang wajar, terlebih jika ponsel kita sudah dipakai lama sperti misalnya dari tahun lalu atau bahkan usia ponsel sudah 3 tahun lebih. Hal ini memang menjadi wajar, namun tidak perlu panik sebab hal ini masih bsia kita perbaiki. Berikut beberapa cara mengatasi hp tidak bisa masuk menu android yang bisa anda coba

cara memperbaiki hp android yang tidak bisa masuk ke menu


1. Factory Reset dari Menu Pintas

Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan masuk ke pengaturan, caranya :
  • Pada posisi ponsel menyala, buka menu pintas. Biasanya terdapat di bagian atas dengan cara mengusap layar ke bawah dan muncul warna hitam yang berisi menu-menu pintas. Klik ikon gear di kanan atas untuk masuk ke pengaturan
  • Setelah masuk ke pengaturan, akan banyak pilihan, pilih Akun(Account)
  • Pada menu akun akan ada pilihan Backup dan Reset, klik menu tersebut. Jangan lupa untuk centang 'Back up My Data dan Automatic Restore' agar data kita masih dapat dikembalikan nantinya
  • Kemudian klik Factory Reset, maka ponsel akan kembali ke pengaturan seperti baru
  • Pada saat proses Factory Reset jangan sampai ponsel mati, jadi pastikan baterai masih ada atau masih cukup untuk proses tersebut.
Jika masalah yang anda alami adalah tidak bisa masuk menu dan tidak bsia buka menu pintasan, maka anda perlu melakukan fatory reset lewat menu booting, berikut caranya:


2. Factory Reset Lewat Booting

Untuk melakukan Fatroy Reset jika ponsel anda sama sekali tidak bisa diklik atau jika diklik atau disentuh tidak ada pengaruhnya, caranya :
  • Copot dan pasang kembali baterai (hal ini bertujuan untuk mereset. Jika smartphone anda atau tablet anda merupakan jenis baterai tanam atau non-removable maka cukup matikan saja)
  • Setelah ponsel benar-benar mati, tekan bersamaan pada tombol "Power+Home+Volume down" bersamaan dan jangan melepas sebelum menyala. Biasanya jika menyala akan langsung muncul pilihan
  • Jika sudah menyala, cari FActory reset,. Untuk menggeser pilihan gunakan tombol volume(ke atas atauke bawah)
  • Jika sudah ketemu, pilih dengan menekan tombol home maka ponsel akan melakukan Factory Reset
  • Poses ini membutuhkanw aktu sekitar 40-50detik atau satu menit.
Pada pilihan ini akan ada efek bahwa data yang ada di dalam ponsel akan hilang. Jika dulu anda mengaktifkan fitur back up maka ketika ponsel menyala dan anda memasukkan gmail yang lama maka data akan kembali tetapi jika anda tidak mengaktifkan fitur back up maka akan hilang semua.

Jika ponsel anda adalah hp Samsung yang tidak bisa masuk menu, anda bisa menggunakan aplikasi atau software resmid ari Samsung. Barikut caranya:

3. Kiss Samsung
Kiss Samsung merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mendukung dari gadget samung anda. Cara menmgatasi hp tidak masuk menu dengan cara ini, adalah :
  • Unduh aplikasi Kiss Samsung dari website resmi Samsung. Disarankan mengunduh dari website resmi samsung karena jika dari situs lain bisa jadi mengandung virus.
  • Cara ini harus menggunakan Laptop atau Komputer(PC) karena nantinya aplikasi Kiss Samsung harus diinstall di komputer
  • Pada aplikasi tersebut semuanya sudah lengkap seputar pengendalian ponsel
  • Setelah aplikasi tersebut terinstall, colokkan ponsel anda menggunakan kabel data ke laptop dan akan terdeteksi di laptop.
  • Selanjutnya, gunakan aplikasi tersebut untuk mendeteksi masalah. Pada aplikasi ini nantinya akan dideteksi masalah dan cara memperbaikinya.

Jika Hp android anda mati total tiba-tiba setelah kehabisan baterai kemudian dicas tidak mau menyala, mungkin anda bisa mencoba mengatasinya dengan cara ini : Cara Mengatasi HP Mati Total Habis Baterai

Demikian beberapa cara mengatasi hp android tidak bisa menampilkan menu. Memperlakukan smartphone atau tablet anda dengan baik sesuai dengan kemampuan dan spesifikasi akan membuat ponsel anda lebih awet. bagi yang memiliki ponsel dengan kategori spek minimum, jangan terlalu banyak menginstall aplikasi apalagi game yang berat agar kinerja ponse tidak terlalu berat.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Android Tidak Bisa Masuk Ke Menu"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah