Solusi Baterai HP Androidmu Boros

Tips Smartphone - Kenapa hp android boros? Apa yang menyebabkan HP Android Cepat Panas? dan Mengapa HP Android Boros? Banyaknya fitur dan aplikasi yang disuguhkan oleh smartphone masa kini memang sangat memberikan hiburan. Tetapi hal ini akan berbanding lurus dengan pemakaian daya. Semakin banyak aplikasi yang digunakan semakin banyak pula daya yang dibutuhkan. Begitu juga lama kerja dari sebuah hp android. Itulah kenapa Ponsel Android cenderung cepat panas dan boros baterai. Terlebih dituntut untuk selalu dalam keadaan online sehingga koneksi terus berjalan. Sistem yang terus berjalan ini aka terus membutuhkan daya khususnya untuk mentsabilkan sinyal yang masuk. Dan paling kerasa cepat habis biasanya ketika sinyal susah maka daya yang dibutuhkan oleh sistem penangkap sinyal akan lebih besar.

Baterai HP yang cepat habis ada banyak faktor, salah satunya kinerja ponsel terus berjalan tanpa henti, itulah dasar dari kenapa hp cepat panas dan baterai cepat habis Selain cepat panas, penggunaan baterai juga tentu sangat boros. Efek jangka pendek yang paling sering kita alami biasanya android restart sendiri.

Lalu apakah jika smartphone yang baterainya cepat habis itu normal? dan apa efek jangka panjang jika baterai sampai habis atau hp cepat panas? Segala gejala ketidaknormalan selalu akan berakibat buruk. Ada baiknya jika anda membeli smartphone baru sempatkan untuk membaca buku panduan didalamnya untuk perawatan yang sesuai dan tidak salah dalam penanganan. Penggunaan yang tepat juga berpengaruh pada umur baterai dan perangkat lainnya.

Batrei Hp boros dan cepat panas bisa juga dikarenakan oleh virus atau malware pihak ketiga yang menyerang pada sistem dalam smartphone. Tentu hal ini kita perlu mengetahui apakah batrei hp kita cepat panas masuk dalam kategori normal atau tidak. Sehingga kita bisa mengetahui apa yang harus dilakukan agar life time dari smartphone milik kita. Lalu apa yang menyebabkan batrei Boros? berikut beberapa penyebab dan kemungkinan yang menyebabkan batrei android cepat habis dan panas :

Penyebab Baterai Smartphone Boros dan Panas

Cara mengatasi baterai cepat habis

Mengatasi Baterai HP cepat Habis

1. Kecerahan Layar
Layar yang terlalu terang merupakan salah satu penyebab baterai cepat habis. Semakin tinggi tingkat kecerahan maka semakin banyak daya yang dibutuhkan. Ada baiknya jika di malam hari tidak perlu terang karena dengan kondisi yang gelap, kecerahan yang rendah pun layar sudah terlihat jelas

2. Tutup Aplikasi
Multitasking meruapakmn salah satu fitur Android yang digunakan untuk membuka lebih dari satu aplikasi tanpa menutup aplikasi yang lain. Biasanya hal ini tidak disadari oleh pengguna. Alikasi yang sudah dibuka belum tertutup sehingga banyaknya aplkiasi dengan status terbuka akan menambah pemakaian daya. Dan hal ini juga akan mempengaruhi hp cepat panas.

3. Aplikasi Online atau Game Online
Aplikasi atau game yang mengharuskan data hidup atau online, seringkali memakai data secara otomatis dan biasanya akan ada iklan yang berjalan. Game Android salah satu aplikasi yang banyak menggunakan daya baterai pada ponsel Android anda. Satu game yang sedang berjalan pada umumnya akan menjalankan beberapa fitur seperti sound, kedap kedip layar, dan CPU yang terus bekerja. Untuk itu, hindari menggunakan game yang terlalu lama agar hp tidak boros dan tidak cepat panas.

4. Wi-Fi, GPS, Bluetooth, Koneksi
Kelengkapan fitur tidak didukung dengan daya yang mampu ditampung (Kapasitas Batterai), biasanya terjadi dari pabrikan hp android murah yang mengandalkan banyak fiur namun minim power. Fitur seperti wi-fi, bluetooth, atau aplikasi online adalah aplikasi-aplikasi yang seperti game, memakan banyak daya. Kadang yang tidak kita sadari adalah GPS. Beberapa aplikasi memungkinkan kita memaksa untuk menyalakan GPS, seperti misalnya instagram yang menyatakan lokasi, atau facebook, dan lain-lain.


Cara Mengatasi Baterai HP Boros

Berikut langkah untuk mengatasi baterai ponsel anda jika boros berlebihan :
  1. Pertama, siapkan power supply untuk mendeteksi daya yang masuk. Setelah itu hubungkan ponsel dengan power supply. Isi daya dengan power supply
  2. Pada kondisi normal, ponsel yang mati tidak akan mengambil daya, artinya jarum power supply bergerak.
  3. Jika jarum power supply tidak bergerak berarti bisa dipastikan IC PA dari pengisian rusak.
  4. Ganti IC PA agar baterai tidak boros.
  5. Untuk harga IC bervariatif sesuai dengan tipe ponsel dan merk masing-masing smartphone anda.
  6. Penggantian IC PA jika memang belum berpengalaman, disarankan mengganti pada service center di masing-masing produsen atau merk ponsel anda atau berkonsultasi dengan teknisi handphone langganan anda.  

Baca Juga Mengatasi HP dicas Baterai Malah Berkurang

Demikian cara mengatasi hp cepat habis atau boros dan cara mengatasi hp cepat panas. Penggunaan yang tepat dapat membantu memperpanjang umur pakai dari baterai dan juga smartphone menjadi lebih awet.

Belum ada Komentar untuk "Solusi Baterai HP Androidmu Boros"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah