8 Cara Memperbaiki “Google Play Store No Connection"

Tips Play Store - Pernah mengalami ketika buka play store muncul “Google Play Store No Connection"? Pada dasarnya masalah koneksi biasa terjadi pada jenis aplikasi apapun dan device apapun. Bisa pada smartphone atau ponsel, tablet, atau komputer. Tapi, Terkadanghal ini membuat kita jengkel dan sebel. Ketika sedang ingin mengakses Google Playstore tiba-tiba muncul “Connection Timed Out” di google play store, akhirnya kita tidak akan dapat menginstal aplikasi apa pun atau gagal memasang aplikasi. Artikel ini untuk pengguna android yang sering menghadapi masalah ini. Untuk memperbaiki masalah “Connection Timed Out” dan juga “Google Play Store No Connection", bisa kita coba dengan beberapa metode.

Mengatasi  “Google Play Store No Connection" biasanya, masalah jenis ini terjadi ketika ponsel atau tab Android Anda mengalami beberapa masalah konektivitas. Ini bisa disebabkan oleh pengaturan proxy yang salah, VPN, tanggal & waktu yang salah, dll. Cache yang rusak dan data juga dapat menyebabkan ini tidak ada masalah koneksi.

Cara Mengatasi  “Google Play Store No Connection"

Cara Mengatasi  “Google Play Store No Connection" 

Terkadang masalah ini menunjukkan pesan yang berbeda seperti “No Connection - Retry” atau "Request Time Out". Apa pun itu,  berikut adalah metode paling umum yang dapat membantu Anda menyingkirkan masalah batas waktu koneksi play store ini.

Mengatasi Pesan No Connection - Retry


1. Pengaturan Waktu & Tanggal yang Benar
Jika Anda terus-menerus menghadapi masalah ini, Coba periksa pengaturan waktu & tanggal Anda. Terkadang, pengaturan yang salah dapat menyebabkan beberapa masalah konektivitas. Untuk memeriksa pengaturan ini :
  • Masuk ke menu Pengaturan> Pilih pengaturan Tanggal & Waktu
  • Pindahkan pengaturan ke pengaturan ke otomatis. Jika dengan otomatis menunjukkan waktu & tanggal yang salah, cek zona, untuk indonesia GMT+7

Setelah melakukannya, Buka play store dan periksa apakah itu memperbaiki masalah kita.



2. Bersihkan Cache Play Store
Sebenarnya, menghapus cache adalah cara umum untuk menyelesaikan banyak kesalahan terkait android dan play store. Karena cache yang rusak dapat membatasi aplikasi apa pun untuk berjalan secara normal, dan juga hanya mengganggu kinerja aplikasi, disarankan untuk dibersihkan. Jika ini alasan dibalik play store yang bermasalah pada koneksi, artinya dengan menghapus bisa menyelesaikan masalah ini. Untuk menghapus cache :
  • Pertama-tama, Buka Pengaturan> kemudian pilih Aplikasi> cari aplikasi Google Play Store.
  • Lalu, Ketuk pada Hapus Cache

3. Nonaktifkan VPN dan Proksi
Pada beberapa ponsel android, VPN dan Proxy dapat membuat beberapa masalah, Ketika ini tidak berfungsi dengan benar. Jika Anda menggunakan VPN atau Proxy, Cobalah untuk menonaktifkannya. Ini dapat memperbaiki masalah batas waktu koneksi google play store.

4. Ubah DNS:
Dalam kebanyakan kasus, masalah koneksi dibuat oleh masalah DNS. Dalam hal ini, Mengubah pengaturan DNS android dapat menyelesaikan masalah. Cara mengubahnya:
  • Buka Pengaturan> kemudain pili Konektifitas > ketuk pada Wi-Fi.
  • Tekan dan tahan pada koneksi Wi-Fi yang saat ini terhubung dan ketuk pada Ubah jaringan.
  • Gulir ke bawah dan periksa Opsi Tingkat Lanjut.
  • Pilih dan ubah menjadi Statis
  • Kemudian, Tetapkan DNS Anda sebagai 8.8.8. dan 8.8.4.4
  • Sambungkan kembali ke Wi-Fi dan cek apakah masalah tadi masih muncul atau sudah tidak lagi

5.Reinstalasi Play Store
Ada kemungkinan lain yaitu Pembaruan terbaru dari play store tidak melalui cara yang diharapkan. Ini bisa menjadi alasan menghadapi masalah seperti tidak ada koneksi - coba lagi atau koneksi habis. Jika demikian, Memulihkannya ke versi Playstore awal dapat membantu. Berikut ini cara untuk mengembalikan Google Playstore ke awal.
  • Pertama-tama, Buka Pengaturan> Aplikasi> Google Play Store.
  • Sekarang, Ketuk pada Copot Instalasi Pembaruan.
  • Setelah itu Playstore akan menjadi versi lama

6. Gunakan Koneksi Lain
Terkadang, masalah penyedia internet Anda bisa menjadi alasan di balik masalah ini. Dalam hal ini, saya sarankan Anda untuk mencoba dari jaringan yang berbeda. Jika play store bisa dengan koneksi lain misalnya minta tethering teman, atau menggunakan hotspot lain, kemungkinan besar masalahnya ada pada koneksi seperti koneksi yang lambat atau IP dari koneksi tersebut sudah diblokir Google.

7. Tambahkan Ulang Akun Google
Sebenarnya, 6 metode pertama sudah cukup. Tapi, Jika Anda masih mengalami masalah ini, Coba tambahkan kembali akun google Anda. caranya:
  • Buka Pengaturan> Akun> Google.
  • Hapus akun Anda yang ada kemudian restart
  • Setelah menyala, tambahkan akun google lagi atau buat akun google baru

8. Hapus Partisi Cache
Menyeka partisi cache dapat bekerja untuk Anda. Untuk melakukannya, Anda harus boot ke mode pemulihan atau Recovery Mode. Berikut ini cara masuk ke Recovery Mode:
  • Matikan Ponsel Anda.
  • Tekan dan tahan Tombol Daya + Vol naik + Vol turun tombol. Ponsel yang berbeda mungkin memiliki cara yang berbeda untuk melakukannya. Jadi, Coba cari di google, Sebelum melakukannya.
  • Sekarang, Anda akan melihat opsi lanjutan. Pilih Boot ke mode pemulihan.
  • Pilih dan proses Hapus partisi cache.

Saya harap, ini akan memperbaiki kesalahan konektivitas play store.

Solusi Alternatif lain untuk Memperbaiki Masalah Waktu Habis Koneksi Google Play Store
  • Di banyak forum, Banyak orang menyarankan untuk menginstal ulang google play store. Jika memungkinkan, Anda dapat mencoba.
  • Anda juga dapat mengatur ulang preferensi aplikasi. Cukup, Buka Pengaturan> Aplikasi dan ketuk tiga titik. Kemudian ketuk atur ulang preferensi aplikasi.
  • Jika tidak ada yang berhasil, Anda dapat mengatur ulang ponsel Android Anda atau Reset Factory untuk memperbaiki masalah batas waktu koneksi play store. Tapisebelumnya, lakukan back-up data dahulu

Jika selain Palystore, atau ada aplikasi lain yang ternyata tidak bisa dibuka, anda bisa coba cara lainnya di Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa dibuka.

Nah, ternyata Cara Memperbaiki “Google Play Store No Connection" tak sesulit yang dibayangkan bukan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Anda dapat menambahkan metode yang disarankan di kotak komentar atau mengajukan pertanyaan agar bisa bermanfaat bagi pembaca setelah anda. Salam

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Memperbaiki “Google Play Store No Connection""

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah