Cara Cepat Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Tips Android - Pernah mengalami aplikasi di android tidak bisa dibuka? gimana nih Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka. Apakah perlu di root hp android kita? tunggu dulu, sebenarnya masalah ini tidakbegitu berat. Hanya masalah kinerja smartphone yang bermasalah atau system yang tidak bekerja maksimal sebagaimana fungsinya sehingga menyebabkan aplikasi gagal terbuka baik Google Playstore, ataupun aplikasi lainnya.

Aplikasi tidak bisa dibuka berbeda kasusnya dengan aplikasi android menutup sendiri yang kemudian berpindah ke halaman awal. Ada beberapa kasus dimana aplikasi yang sering mengalami masalah ini, biasanya jika kita menginstall aplikasi dari pihak ketiga atau bukan dari google playstore dan mengalami masalah ini, kemungkinan besar disebabkan oleh aplikasi itu sendiri. Namun berbeda pula kasusnya jika sebelumnya aplikasi sudah pernah atau sudah sering dibuka dan digunakan tetapi beberapa kali ini kita coba membukanya ternyata tidak terbuka sama sekali.

Aplikasi tidak merespon atau gagal terbuka memang kemungkinan berbeda penyebabnya di masing-masing hp android, tetapi ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini, bahkan beberapa cara ini juga bisa untuk mengatasi aplikasi menutup sendiri "sayangnya Google Telah Terhenti" seperti yang pernah kita bahas sebelumnya.

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android


Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android

 Dalam mengatasi masalah aplikasi yang error seperti ini, ada beberapa yang harus kita lakukan sesuai dengan penyebab yang menjadi munculnya masalah ini.

Aplikasi Tidak Bisa Dibuka dan menutup Sendiri

Jika kasusnya aplikasi tidak bisa dibuka, atau kadang bisa dibuka tetapi menutup sendiri atau Force Close, artinya kemungkinan besar masalah ada pada aplikasi tersebut jika aplikasi lainnya tidak ada masalah. Yang perlu dilakukan adalah :
  • Clear Cache aplikasi tersebut. Buka pengaturan >> aplikasi>> pilih aplikasi yang bermasalah tadi dan klik, Tekan tombol clear cache dan tunggu hingga proses selesai. 

Aplikasi tidak bisa dibuka Dari Pertama Pemasangan

Jika masalahnya adalah aplikasi belum pernah berhasil dibuka, kemungkinan besar juga aplikasinya bermasalah. Bisa karena versinya tidak kompatible dengan versi android di hp atau smartphone kita, bisa karena aplikasinya yang memang corrupt, bisa juga aplikasinya memiliki enkripsi yang membutuhkan ijin akses untuk android bisa membaca dan mensinkronisasikannya. Jika masalahnya ini, maka yang perlu dilakukan:
  1. Cek update aplikasi, karena kemungkinan versi yang tidak compatible dengan versi android anda. Jika tidak ada update berarti memang versi android anda dengan aplikasi tersebut tidak syncronice.
  2. Hapus dan install ulang melalui playstore, biasanya terjadi karena kita menginstall aplikasi bukan dari playstore atau menggunakan mentahan APK. Jika aplikasi tersebut berasal dari playstore mending download langsung melalui playstore

 Penyebab Aplikasi tidak bisa dibuka

 Jika biasanya dibuka dan digunakan sering tetapi tiba-tiba tidak bisa dibuka, ada beberapa kemungkinan antara lain:
  1. Aplikasi terbaru bermasalah, jika anda mengaktifkan update otomatis dan ternyata aplikasi tersebut baru saja mengalami pembaharuan berarti aplikasi dengan versi terbarunya tidak sesuai dengan versi android yang anda gunakan. Ada baiknya hapus dan coba cari aplikasi mentahan dengan versi sebelumnya saja.
  2. Smartphone bermasalah, jika yang terjadi atau tidak bsia dibukan bukan hanya satu biasanya, kemungkinan yang bermasalah ada di hp kita. Bisa akibat cache atau cookies yang menumpuk terlalu banyak sehingga gagal terbuka aplikasinya akibat beratnya aplikasi karena ketika proses membuka, otomatis data dari cache ikut sehingga kinerja menjadi lebih berat pada smartphone, apalagi jika dengan hp spek minim atau dengan RAM kecil.
  3. Sistem Android Corrupt. nah ini yang juga biasanya sering terjadi, yaitu ada corrupt pada sistem android kita sehingga menyebabkan beberapa perintah program tidak berjalan dan berpengaruh pada kinerja aplikasi membuka menjadi tidak bekerja, apalagi aplikasi yang mengharuskan online karena memerlukan ijin akses penggunaan data. 

Mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka

Dari beberapa masalah tersebut, memiliki solusi masing-masing sesuai penyebab yang menimbulkan masalah itu, diantaranya :

Reboot System
Ada kemungkinan juga firmware yang rusak. Yang harus dilakukan adalah memulihkan CWM atau TWRP yang tidak diinstal di dalamnya, caranya:
  • Matikan smartphone
  • Nyalakan dengan menekan tombol power dan home bersamaan dengan tombol volume up(+) (Masing-masing smartphone memiliki cara sendiri. Yang paling umum yaitu dengan mematikan smartphone kemudian nyalakan dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol home dan power up beberapa detik hingga masuk ke recovery mode)
  • Setelah berhasil masuk ke recovery Mode, lakukan penghapusan cache dahulu. Untuk mengegrakkan pilihan gunakan tombol volume, + untuk naik dan - untuk turun dan untuk memilih menggunakan tombol power.
  • Kemudian pilih "Reboot system Now"
  • Tunggu hingga proses selesai

Upgrade Sistem
Beberapa tipe smartphone mengharuskan untuk mengupgrade versi android ke versi lebih tinggi untuk menjalankan aplikasi yang ada. Cobalah untuk melakukan upgrade setingkat lebih tinggi dari android versi yang anda miliki saat ini. Jangan mengupgrade versi yang terlalu tinggi jika kapasitas smartphone tidak mencukupi. Anda bisa mencari informasi mengenai tipe ponsel anda dan bisa diupgrade ke versi android apa saja.

Demikan cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka dan beberapa penyebab aplikasi yang menutup sendiri. Beberapa cara diatas mungkin tidak bisa bekerja atau tidak bisa digunakan di beberap merk ponsel dan tidak ada pengaruhnya, tetapi cara-cara di atas sudah dicoba di beberapa merk ponsel. Jika ada cara lain yang lebih efektif jangan ragu untuk meninggal kan komentar agar bisa kami update tulisan ini sehingga bisa berguna bagi pengunjung lainnya. Salam

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah