Cara Efektif Mengatasi Volume HP Android yang Naik Turun Sendiri

Tips HP Android - Pernah alami Volume HP Naik Turun Sendiri? kadang keras kadang lirih. Terdapat beberapa hal yang sangat mengganggu kenikmatan dan kenyamanan ketika menggunakan ponsel. Yaitu terjadinya masalah pada HP Android kesayangan kita. Di artikel ini lebih spesifiknya adalah masalah yang menyerang Volume HP. Saat awal kita membeli HP baru, tentunya masalah ini tidak pernah terjadi, semua baik-baik saja tanpa ada masalah, tapi seiring pemakaian yang terus menerus dan semakin lama usia ponsel maka akan banyak sekali masalah yang akan menghampiri. Salah satunya adalah masalah di Volume HP ini. Masalah-masalah ini misalnya Volume HP yang susah ditekan, Volume HP yang semakin lama semakin keras waktu dipencet, volume akan naik turun sendiri padahal sedang tidak dikendalikan dan masih banyak lagi masalah yang muncul pada volume yang membuat kita terganggu waktu menggunakan HP Android.


Cara Mengatasi Volume Suara HP Keras Sendiri Seperti saya sampaikan di awal khusus pada artikel ini, kita akan membahas tentang masalah Volume HP yang Naik Turun Sendiri, tentang penyebab dan bagaimana solusi terbaik mengatasinya.


Jika kamu sekarang berada pada halaman ini, sudah pasti saat ini kamu sedang resah dan bingung menghadapi masalah volume HP yag naik turun sendiri, maka saya sarankan untuk membaca artikel ini hingga usai, karena artikel ini akan banyak membantu kamu mengatasi masalah ini. Jangan tergesa-gesa pergi ke Service Center sebelum kamu mencoba cara-cara yang saya rekomendasikan dibawah ini.
Sebelum kita masuk lebih jauh kedalam solusi mengatasi volume HP yang naik turun sendiri ini ada baiknya kita mengetahui kemungkinan-kemungkinan penyebab masalah ini terjadi.

 

Cara Mengatasi Volume Naik Turun Sendiri

Mengatasi Speaker Hp Keras Sendiri

Volume naik turun sendiri ini bisa terjadi karena factor luar, bisa juga terjadi karena system yang error. Beberapa diantaranya adalah sebagi berikut:
•    Seringnya menekan tombol volume terlalu keras
•    Menekan tombol volume menggunakan kuku yang tentunya membuat tekanan dibagian tertentu saja tidak bisa secara keseluruhan.
•    Menggunakan headset yang tidak cocok dengan HP kamu
•    Memaksakan kehendak dengan mencolokkan hedseat yang ternyata sudah rusak.
•    Penggunaan speaker aktif yang terlalu sering
•    Disebabkan oleh error system.
Factor diatas bisa menjadi masalah error pada volume terjadi. Apalagi terlalu sering mencolok kabel headset menggunakan speaker aktif bisa membuat semkin parah kondisi kerusakan volume HP ini.
Bisa jadi, tombol volume HP kamu sudah mengalami kekendoran karena sering ditekan terlalu kuat dan bisa juga didalamnya sudah berkarat karena sudah terlalu lama pemakaiannya.

Cara Mengatasi Volume Naik Turun Sendiri

Dibawah ini adalah beberapa opsi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah Volume HP yang Naik Turun sendiri sebelum kamu membawa ke Service Center jika memang nanti diperlukan. Ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah kondisi bagian volume ini benar-benar parah ataukah masih bisa kamu atasi sendiri.

Kita akan coba membagi menjadi 2 yaitu pengecekan software yaitu sistem karena bisa jadi hanya setingan, dan coba dari sisi hardware kalau memang ada perangkat yang rusak 


Pengecekan Software
 

Berikut step-step yang bisa kamu lakukan:


1. Restart HP
Cara ini memang bisa dibilang sangat classic untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul di HP Android. Bisa jadi, masalah ini karena system yang error dan menjadikan volume naik turun sendiri. Maka ada baiknya mencoba restart HP kamu. Atau bisa juga kamu matikan HP kamu untuk beberapa saat, lalu dinyalakan kembali. Dengan melakukan restart maka system akan memuat ulang kembali, tidak menutup kemungkinan volume HP yang error akan teratasi otomatis. Silahkan mengecek HP jika sudah aktif kembali, apakah masalah Volume HP ini sudah teratasi atau masih error.


2. Membersihkan Bagian Dalam HP
Jika ternyata opsi pertama belum membawa hasil yang kamu inginkan, maka kamu bisa mencoba opsi kedua, yaitu dengan membersihkan bagian dalam HP android kamu.
Cara ini memang tidak mudah, jadi butuh keahlian tersendiri untuk membuka casing belakang HP kamu. Karena kita akan coba mengecek kemungkinan terjadinya kendor pada plat kuningan atau mungkin ada yang nyangkut sehingga responsibilitasnya menurun.
 

Langkah pembersihan adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan sedikit alcohol, kapas atau cottonbud dan lap kering
  • Pastikan kondisi HP dalam keadaan mati, lalu kemudian buka casing belakangnya. Untuk langkah ini, sialahkan kamu membuka Google atau YouTube dan cari bagaimana tutorial membuka casing belakang HP sesuai dengan type HP kamu.
  • Setelah itu teteskan alcohol ke cottonbud dan silahkan bersihkan perlahan bagian plat kuningan dibagian tombol volume tersebut.
  • Cek kembali apakah plat kuningan tersebut sudah tepat pada tempatnya apakah mungkin ada yang bergeser.
  • Jangan lupa juga untuk mengecek karet tombol yang ada pada casing apakah ada masalah atau tidak.
  • Kemudian kamu bisa mengelap dengan lap kering sampai benar-benar kering dan tidak ada cairan tertinggal.
  • Baru kemudian pasang kembali casing HP kamu dan silahkan coba nyalakan kembali.

 

3. Reset Factory HP Android Kamu
Jika cara sebelumnya juga belum bisa mengatasi masalah ini, maka opsi ini bisa kamu lakukan, yaitu dengan Reset Factory HP kamu. Dengan melakukan Reset Factory, HP kamu akan kembali seperti pengaturan pabrik dengan kata lain HP akan kembali seperti baru lagi. Yang artinya semua data dan aplikasi akan terhapus. Maka sebaiknya kamu melakukan pencadangan data dan aplikasi sebelum melakukan Reset, supaya tidak ikut terhapus ketika melakukan proses Reset.
 

Caranya adalah sebagai berikut: 

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan
  • Scroll kebawah dan klik menu Additional Setting
  • Lalu tap menu Back Up dan Reset
  • Lalu pilih Back Up dulu, untuk mencadangkan data dan aplikasi di SD Card atau email kamu.
  • Baru selanjutnya kamu bisa tap menu Factory Reset.

 

4.  Menggunakan Bantuan Aplikasi Ketiga
Opsi ini adalah opsi tambahan yang mungkin bisa kamu coba lakukan untuk mengatasai volume yang naik turun sendiri. Yaitu dengan bantuan aplikasi tambahan yaitu untuk pengganti tombol volume.
Dengan menggunakan aplikasi ini, mungkin bisa menjadi solusi untuk menunda penggantian komponen yang error. Nama aplikasi ini adalah Volume Control yang bisa kamu coba cari di Google Play Store. Aplikasi ini bisa kamu gunakan karena ukurannya yang ringan dan tampilannya yang bisa dibilang sangat sederhana sehingga mudah dipahami.
 

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama silahkan buka aplikasi Google Play Store
  • Search aplikasi Volume Control
  • Kemudian install aplikasi tersebut
  • Setelah selesai, buka aplikasinya dan akan muncul opsi pengaturan volume
  • Selanjutnya kamu tinggal atur sendiri volumenya dengan mengunci volume sesuai keinginan kamu supaya tidak naik turun sendiri lagi.

 

Jiks semua cara diatas tentang mengatasi suara hp android naik turun sendiri sudah kamu coba, dan ternyata tidak membuahkan hasil yang berarti, mau tidak mau kamu harus membawanya ke Service Center Resmi sesuai dengan merk HP kamu atau bisa juga ke konter service HP terdekat. Karena mungkin ada beberapa komponen bagian yang harus dilakukan penggantian supaya volume HP berfungsi normal kembali seperti sedia kala. Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat. Terimakasih.


Belum ada Komentar untuk "Cara Efektif Mengatasi Volume HP Android yang Naik Turun Sendiri"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah