Cara Memperbaiki Titik Koordinat Lokasi di Google Maps

Tips Android - Bagaimana cara Mengatasi Lokasi Google Maps yang Error? Seringkali pada saat menggunakan Google Maps kita menemukan ketidakakuratan titik lokasi. Maka hal itu akan menyebabkan tujuan kita menjadi salah, dan ternyata jauh sekali dari titik lokasi yang seharusnya kita tuju. Kenapa Google Maps ini sangat penting? Bagaimana tidak, hampir smua aplikasi berhubungan dengan Google Maps. Beberapa akses layanan sperti peta dan transportasi online misalnya. Jika titik tersebut tidak pas maka akan sangat menyulitkan semua pihak yang bersangkutan. Seperti driver online yang muter-muter mencari titik lokasi kita yang ternyata tidak akurat.


Memperbaiki titik Google Maps sebenarnya sangat penting. Jadi sebenarnya Google Maps tidak bisa sepenuhnya mengetahui persis setiap lokasi yang ada. Itu kenapa Google yang berperan sebagai penyedia layanan memberikan kita sebagai pengguna kebebasan mengedit sendiri Titik Lokasi supaya akurat. Google Maps sendiri merupakan aplikasi bawaan android yang sudah otomatis terpasang di smartphone. Aplikasi ini sangat membantu kita dalam mencari lokasi tujuan, lengkap dengan peta dan jarak tempuh. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan aplikasi ini sering sekali mengalami error dengan ketidakuratannya. 

 

Kadang masalah error lainpun sering terjadi seperti Google Maps tidak bisa jalan, tidak bisa dibuka atau bahkan terkadang muncul pesan “Sayangnya Google Maps telah berhenti.” Tetapi pada kesempatan kali ini yang akan kita ulas adalah masalah error yang terjadi pada Google Maps yaitu Titik Lokasi yang tidak menunjukkan keakuratan pada lokasi yang kita tuju.

Cara Memperbaiki Titik Lokasi di Google Maps

cara merubah titik koordinat di google maps
 

Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Google Maps yang tidak akurat.


1. Memastikan pengaturan GPS Selalu Always On

Hal ini adalah paling sepele yang bisa dilakukan tapi terkadang sering dilupakan pengguna. Yaitu mengaktifkan GPS di HP android. Karena jika pengaturan tersebut masih belum diaktifkan, maka system navigasi pada aplikasi Google Maps tidak akan bisa mendeteksi lokasi dengan akurat. Selama HP kamu sudah support GPS maka pengaturan ini akan terdapat disana.
 

Berikut langkah-langkah untuk menyalakan GPS, yaitu:

  • Buka Setting pada Smartphone
  • Pilih menu Lokasi
  • Aktifkan GPS 



2. Update Google Maps Versi Terbaru
Dengan memperbarui versi aplikasi dengan versi terbaru akan secara otomatis memperbaiki bugs atau kerusakan yang terjadi pada Google Maps. Tetapi tidak hanya itu, memperbarui dengan versi terbaru akan memunculkan beberapa fitur dan tampilan  yang lebih fresh dari sebelumnya. Yang perlu Kamu perhatikan sebelum memperbarui aplikasi adalah siapkan memori HP Kamu, siapkan cukup ruang untuk menginstal versi baru.


Cara yang bisa Kamu lakukan sangat mudah:

  • Buka Google Play Store
  • Kemudian kamu bisa melakukan pencarian aplikasi Google Maps
  • Klik pada tombol Update jika tersedia. Jika memang tidak tersedia berarti Kamu belum perlu melakukan update.



3.  Pastikan Jaringan Internet Tidak Lemot
Karena beberapa hal yang mungkin bisa terjadi adalah jaringan internet yang lambat dan sangat berpengaruh terhadap keakuratan Google Maps dan hal itu terkadang tanpa kita sadari adalah penyebab utama yang membuat error Titik Lokasi google maps. Tanpa koneksi internet yang bagus, system navigasi pada GPS tidak akan bisa berjalan dengan baik karena tidak tersambungnya dengan satelit yang bertugas mendeteksi lokasi.
 

Bagaimana cara mengecek lambat atau tidaknya jaringan internet kamu, caranya gampang, kamu bisa melakukan Speed Test yang tersedia di Google Play Store. Jika memang koneksi kamu bagus,tetapi masalah belum teratasi,  coba kamu cek kuota, mungkin sudah habis dan pelu kamu membeli lagi paket kuota yang baru.



4. Bersihkan Cache

Tidak menutup kemungkinan, Cache yang banyak dan akhirnya menumpuk adalah penyebab aplikasi menjadi error sehingga tidak menunjukkan keakuratan suatu lokasi. Dan satu-satunya solusi adalah dengan secara rutin kamu menghapus data cache aplikasi. Caranya adalah sebagi berikut:

  • Buka Settings
  • Buka Google Maps
  •  Dibagian info, ketik Clear Cache


5. Nyalakan Mode Akurasi Tinggi di Smartphone
Sebelum kamu menggunakan cara yang satu ini, kamu perlu mempersiapkan kuota yang lebih banyak dari biasanya dan juga baterai yang akan lebih boros dari biasanya. Karena mode akurasi tinggi akan menggunakan seluruh komponen untuk bisa mendapatkan GPS yang dengan keakuratan yang bagus. Misalnya dengan memanfaatkan Bluetooth, Wifi, GPS, hingga koneksi internet. Caranya adalah sebagi berikut:

  • Buka settings pada HP android kamu
  • Klik pada Lokasi dan pastikan bahwa layanan lokasi telah aktif
  • Dibagian bawah Location pilih mode lalu klik High Accuracy untuk mendapatkan signal GPS dengan akurasi maximal.



6.  Kalibrasi Kompas
Bagaimana membuat Google Maps bisa lebih akurat lagi dengan Kalibrasi Kompas. Tidak menutup kemungkinan, kalibrasi ulang kompas akan membatu smartphone kamu untuk mendeteksi lintang dan bujur dengan lebih valid. Langkah-langkah yang bisa kamu ambil dalam melakukan kalibrasi ulang di Google Maps cukup mudah, yaitu :

  • Pertama-tama buka aplikasi Google Maps di Smartphone
  • Lalu tap titik Biru pada peta
  • Tap tombol Calibrate Compass dibagian pojok kiri bawah layar.
  • Gerakkan HP Kamu dengan membentuk angka 8 atau simbul tak tehingga (∞)
  • Klik Done jika Akurasi Kompas sudah meningkat.

 

Saya sarankan proses kalibrasi ini dilakukan secara rutin bisa seminggu sekali atau mungkin 2 minggu sekali. Agar akurasi Google Maps Kamu tetap bisa selalu prima ketika dibutuhkan.



7.  On-Off Airplane Mode
Kamu bisa mencoba langkah ini, yaitu dengan menyalakan lalu mematikan Airplane Mode. Airplane Mode ini biasanya harus dinyalakan saat sedang naik pesawat atau jika Kamu ingin mematikan data internet untuk sementara waktu. Cara ini dapat menyebabkan koneksi di HP secara langsung akan ter-reset, termasuk pada signal HP dan GPS. Caranya kamu coba aktifkan airplane mode terlebih dahulu dan tunggu kurang lebih 10 detik lalu Kamu bisa nonaktifkan lagi. Jadi signal yang ada pada smartphone Kamu akan otomatis melakukan deteksi ulang.  Lalu aktifkan pengaturan GPS pada HP kamu, lalu cek  sekali lagi, lokasi sudah akurat atau belum.


8. Unroot SmartPhone
Cara ini bisa juga kamu lakukan yaitu dengan Unroot Smartphone.  Akses system dapat dihilangkan sehingga bisa kembali dalam keadaan semula jika Kamu melakukan unroot ini. Setiap tipe HP mempunyai cara sendiri untuk melakukan Root, jadi Kamu bisa mencari di YouTube atau Google tutorial bagaimana untuk melakukan unroot HP disesuaikan dengan tipe HP kamu.



9.  Update System Smartphone
Apabila cara-cara diatas ternyata belum berhasil juga untuk mengatasi titik lokasi yang tidak akurat, tidak menutup kemungkinan terdapat kerusakan atau bug pada system perangkat. Hal inilah yang menyebakan akurasi tidak maximal.  Kamu bisa melakukan update system untuk memperbaiki bug tersebut. Biasanya memang akan muncul notifikasi untuk melakukan pembaruan. Tetapi kamu bisa melakukan dengan cara manual yaitu sebagai berikut caranya:

Menu setelan >> Tentang HP >> Update System

 

Diatas adalah beberapa yang bisa saya bagikan mengenai cara memperbaiki titik Lokasi di Google Maps yang tidak akurat. Beberapa cara di atas adalah cara yang sudah dicoba dan bisa mengatasi atau memperbaiki titik lokasi koordinat google maps yang tidak akurat. Jika ada cara lain yang lebih efektif seiring perkembangan waktu dan teknologi, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar sehingga bisa kita update dan bisa bermanfaat bagi pembaca lain. Salam


Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Titik Koordinat Lokasi di Google Maps"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah