Cara Mengatasi Speaker HP Android Mati Tidak Bersuara Kena Air Dengan Cepat

Mengatasi HP Android - Pernah mengalami HP android Speaker kemasukan air? Menurut riset yang ada, tidak sedikit orang yang ternyata pernah mengalami HP kemasukan air. Banyak sekali penyebab hal tersebut terjadi. Entah karena kehujanan, masuk kedalam air dengan tidak sengaja, terkena air minum, ketumpahan kuah sayur dan lain sebagainya. Tentu saja, ponsel yang kemasukan air akan memunculkan banyak masalah error pada ponsel, salah satunya adalah speaker HP menjadi terganggu fungsinya. Jenis dari gangguan tersebut misalnya:

  • Mengeluarkan suara yang kecil
  • Suara menjadi tidak jelas
  • Suara menjadi pecah
  • Suara menjadi cempreng
  • Munculnya Noise (suara berisik atau kresek-kresek).
  • Atau mungkin malah tidak mengeluarkan suara sama sekali.

HP Android Suara Mati kena air memang bisa menimbulkan masalah kerusakan pada speaker, karena seperti kita tahu speaker adalah komponen yang relative sangat sensitive. Bagaimana tidak, kegunaan speaker akan sangat mempengaruhi aktifitas kita menggunakan ponsel sehari-hari, seperti saat kita mendengarkan music, menonton video, sedang bertelepon, suaranya jadi kresek-kresek  mengganggu kenyamanan saat kita menggunakannya.

Cara Memperbaiki Speaker HP Kemasukan Air

Komponen Speaker termasuk komponen yang bisa dilakukan penggantian ketika mengalami kerusakan, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi karena komponen tersebut bisa dibeli secara terpisah tanpa harus mengganti baru HP kamu. Tapi saya sarankan untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan untuk membawanya ke konter service melakukan penggantian speaker, apalagi terburu-buru untuk mengganti dengan HP Android baru.

 

 

Cara Memperbaiki Speaker HP Kemasukan Air

Memperbaiki speaker hp Terkena Air

Beberapa cara dibawah ini mungkin bisa kamu coba untuk mengatasi masalah Speaker HP kemasukan air ini. Berikut dibawah ini cara-caranya:
 

Periksa Pengaturan Volume HP

Pertama-tama coba kamu cek apakah suara yang dikeluarkan speaker masih normal atau tidak. Yaitu dengan cara menaikkan volume menjadi maximal.

  • Pertama silahkan buka menu Settings/ Pengaturan
  • Lalu kemudian buka menu Suara
  • Lalu atur Volume nya disana
  • Lakukan pengecekan suara ini dengan memutar music misalnya di MXPlayer atau aplikasi music lainnya.

Ketika melakukan pengecekan ini, pastikan apakah benar-benar kurang jelas dan kurang keras? Karena terkadang masalahnya bukan dari air yang masuk, melainkan pengaturan volume itu sendiri.


Gunakan Kode Rahasia untuk Test Speaker

Jika pada pengecekan sebelumnya ternyata benar suara speaker tidak keluar, maka selanjutnya kamu bisa mengecek hardwarenya. Bisa dibilang cara ini cukup akurat untuk mengetahui speaker sudah rusak atau baik-baik saja.
Disini, perlu diketahui, setiap HP memiliki kode berbeda untuk melakukan pengecekan speaker ini. Di  metode ini speaker HP akan dipaksa menyala. Berikut caranya:


1.    Silahkan buka menu Dial di HP
2.    Lalu silahkan ketik kode disesuaikan dengan merk HP kamu

  • Kode HP Samsung *#0*#
  • Kode HP Oppo *#800#
  • Kode HP Realme *#*#4636#*#*
  • Kode HP Vivo *#558#
  • Kode HP Asus *#*#2664#*#*
  • Kode HP Xiaomi *#*#64663#*#*

Bagi pengguna HP Android lainnya bisa kamu melakukan pencarian kode di Google.


3.    Kemudain disana akan muncul pengetesan Hardware
4.    Lalu cek Speaker dihalaman tersebut.
Jika sudah menggunakan metode ini dan speaker HP tetap tidak berbunyi, berarti benar speaker mengalami kerusakan.

 


 

Bersihkan Speaker HP 

Sudah bisa diketahui, jika memang HP kemasukan air, biasanya masih ada sisa-sisa embun yang tertinggal pada speaker, maka dengan begitu kita harus melakukan pembersihan.
Caranya dengan menggunakan jarum atau sejenisnya. Bersihkan perlahan bagian luar speaker, ini bisa sedikit membantu menghilangkan suara krsek-kresek yang muncul dari speaker. Karena letak speaker berbeda tiap merk dan tipenya, maka pastikan dulu letaknya, jika letak speaker ternyata dibelakang maka kamu harus membuka casing belakang HP dulu, caranya tiap type HP berbeda maka kamu bisa cari tutorial di YouTube atau Google bagaimana membuka casing HP belakang.

 

Keringkan menggunakan Hairdryer 

Seperti kita ketahui Hairdryer mengeluarkan angin panas yang mungkin bisa mengeringkan embun yang menempel pada speaker.
Caranya adalah sebagai berikut:
•    Silahkan nyalakan Hairdryer
•    Lalu silahkan arahkan ke speaker
•    Beri jeda sedikit, misalnya 10 detik dipanaskan
•    Dan 5 detik didinginkan
Perlu diperhatikan dalam mengatur suhu hairdryer ke mode paling rendah. Tujuannya agar suhu HP tidak terlalu tinggi ketika dikeringkan. Cara ini cukup bisa menjadi pilihan untuk type HP tipe baterai yang bisa dilepas. Jadi kamu bisa melepas casing HP dan lepas baterainya juga untuk memaximalkan pengeringan bagian dalam speaker.

 

Keringkan dengan Kipas Angin

Jika kamu tidak memiliki hairdryer, maka solusinya keringkan dengan kipas angin. Caranya tidak jauh beda, tinggal arahkan kipas angin ke speaker yang terkena air, tunggu sampai 3-5 jam baru kamu cek suaranya kembali. Apakah sudah bisa teratasi ataukah masih sama saja.  

 

Keringkan HP menggunakan Beras 

Jika kamu belum pernah mengetahuinya sebelumnya, beras adalah media yang bisa dipakai untuk mengeringkan HP yang kemasukan air. Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan cara ini untuk mengeringkan HP yang habis terkena hujan.
Menurut riset yang ada, beras memiliki sifat menyerap air yang baik, sehingga bagian-bagian komponen yang lembab bisa dikeringkan termasuk speaker tersebut.


Cara yang bisa kamu lakukan juga mudah sekali:

  • Siapkan beras secukupnya (sekitar 1 mangkuk, kira-kira HP kamu bisa tenggelam dalam beras menggunakan mangkok tersebut).
  • Lepas casing HP dan baterainya (jika memang removable baterai)
  • Kemudian kubur semua bagian HP kedalam beras tersebut dan tunggu semalaman atau lebih maximal lagi 2 sampai 3 hari.
  • Setelah itu kamu bisa mencoba menyalakan kembali HP kamu lalu kamu bisa mengecek speakernya.


Hubungi Teknisi Hardware untuk Penggantian Part 

Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu coba jika ternyata speaker masih belum berfungsi dengan baik, misal masih bersuara berisik atau malah masih belum mengeluarkan suara sama sekali. Kalau memang terjadi hal tersebut maka mau tidak mau harus dilakukan penggantian komponen speaker. Hal ini membutuhkan keahlian tersendiri, kerena memang tidak mudah, maka solusi terbaik adalah membawanya ke service center resmi atau ke konter service HP terdekat, Karena pasti akan ditangani orang yang professional dalam bidangnya.

 

Harga Ganti Speaker HP Android

Menurut pengalaman saya, untuk budget yang harus kamu persiapkan sekitar 100 sampai 300rb tergantung merk dan tipe HP kamu. Jika masih ada garansi, maka biasanya mendapatkan keringanan biaya atau mungkin malah gratis, tetapi memerlukan waktu yang sedikit lama. Memang diakui memperbaiki speaker HP yang terkena air , bisa menjadi masalah yang sedikit sulit. Solusinya sendiri bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Meski pada akhirnya memang harus ada penggantian komponen. Karena jika memang masalahnya ada dikomponen, kita sebagai orang awam kesulitan mengetahui apakah komponennya masih normal atau tidak. Maka lebih baik tenaga ahli yang mangatasi hal tersebut.


Demikian diatas beberapa tips yang bisa saya rekomendasikan untuk mengatasi speaker HP yang kemasukan air. Selamat mencoba. Semoga Berhasil. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Speaker HP Android Mati Tidak Bersuara Kena Air Dengan Cepat"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah