Cara Mengatasi Wifi Tanda Silang (Tidak Bisa On) pada Laptop

Apakah anda termasuk yang mengalami masalah Wifi tidak bisa mendeteksi? Bagaimana cara mengatasi Wifi tanda silang dan tidak terdeteksi wifi sekitar? Saya pernah mengalami masalah ini. Ketika dalam jangkauan beberapa jaringan hotspot tapi laptop tidak bisa mendeteksi adanya wifi dan muncul tanda silang merah di tanda Wifi. Apa yang menyebabkan masalah ini dan bagaimana mengatasinya?

Penyebab Wifi tanda silang dan tidak mendeteksi terjadi akibat beberapa hal. Bisa akibat rusaknya driver software untuk wifi atau bisa juga driver tidak bermasalah tetapi masih dalam kondisi disable. Sebenarnya banyak faktor kalau bsia dibilang. Karena proses update windows juga bisa menyebabkan masalah wifi muncul tanda silang dan tidak bisa on. Nah ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini sekaligus mengetahui penyebabnya.

Cara Mengatasi Wifi Tanda Silang (Tidak Bisa On) pada Laptop

Cara Mengatasi Wifi Tanda Silang (Tidak Bisa On) pada Laptop

Ada beberapa penyebab yang bisa mempengarhui munculnya wifi error di laptop, kita mulai dari penyebab yang paling simpel hingga lebih mendetail, antara lain :

Wifi Muncul Tanda Silang di Laptop akibat Driver Tidak Terpasang

cara kerja dari Wifi untuk menangkap sinyal hotspot sangat ditentukan oleh Driver yang bekerja. Jika driver bermasalah atau terdeteksi tidak terbaca maka Wifi pun akan Error. Jika sebelumnya tidak masalah atau Wifi biasanya bisa digunakan dan kemudian sekarang error, kemungkinan bisa akibat driver rusak atau terdeteksi tidak terpasang. Untuk mengeceknya, bukalah pada 'Contol Panel' dan pilih 'Hardware and Sound'. Setelah itu klik Device Manager.

Pada Device Manager, cek bagian Network Adapter. Jika muncul tanda pentung maka perlu melakukan install ulang driver. Cari driver yang sesuai dengan spesifikasi laptop yang anda gunakan. Atau jika dengan cara cepat menggunakan Windows + R dan akan muncul kolom run, lalu ketik  mmc devmgmt.msc

Wifi Muncul Tanda Silang di Laptop Karena OFF

Nah, penyebab paling simpel lagi adalah tombol on/off. Sebagian merk laptop memang ada yang tidak auto on Wifi sehingga perlu mengaktifkan dahulu. Caranya dengan menekan tombol Windows + X lalu pilih Turn Wireless On. Setelah itu jika tanda silang belum hilang cobalah untuk merestart laptop anda.

Wifi Muncul Tanda Silang Karena Disable

Biasanya hal ini terjadi ketika kita baru menginstall software baru. Kadang ada beberapa software yang meminta izin akses ke komputer dan men-disable Wifi. Untuk mengecek statusnya buka Dievice Manager seperti pada poin pertama. Selanjutnya pilih Network Adapters, dibawahnya ada beberapa koneksi yang digunakan. Klik kanan pada Wireless LAN dan cek apakah Disable atau enable. Jika muncul pilihan Disable artinya statusnya enable. Begitu juga sebaliknya, jika ada plihan Enable artinya sebelumnya berstatus Disable. Klik pada Enable untuk mengaktifkan.

Wifi Muncul Tanda Silang Tidak Terdeteksi Karena Update

Beberapa pengguna Laptop kadang tidak mematikan update Windows, apalagi bagi pengguna Windows 10 yang sering auto-update meski sudah dimatikan. Kegagalan proses update Windows bisa menyebabkan rusaknya driver pada laptop termasuk driver Wifi. Itulah salah satu alasan kenapa saat update kita dianjurkan tidak menutup koneksi dan tidak mematikan laptop.

Jika masalah ini yang terjadi, anda cukup menginstall ulang drivernya setelah proses update Windows selesai. Untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan Wifi, anda juga bisa menggunakan keyboard yang ada di Laptop tanpa harus masuk ke Device Manager. Cari logo wifi pada tuts keyboard pada barisan F(biasanya ada di F11). Aktifkan dengan cara menekan tombol Fn disertai tombol F11.

Jika ingin mencoba mengetes performa baterai atau melihat akurasi dan melakukan kalibrasi, anda bisa melihat caranya pada halaman Cara Kalibrasi Baterai Laptop

Demikian beberapa cara menghilangkan tanda silang merah pada icon wifi yang bisa anda coba untuk mengaktifkan kembali Wifi anda dan bsia menangkpa jaringan di sekitar anda. Penanganan yang tepat dapat menjaga performa Laptop anda dan mengatasi masalah tanpa harus mengganti part baru. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Wifi Tanda Silang (Tidak Bisa On) pada Laptop"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah