Cara Mengatasi Touchscreen Xiaomi Tidak Berfungsi Sebagian Atau Error

Tips Xiaomi - Bagi pengguna Xiaomi, adakah yang mengalami toch screen tidak fungsi sebagian atau layar sentuh error? Ada beberapa pengguna Xiaomi khususnya Redmi Note yang mengeluh mengenai layar sentuh setengah tidak fungsi atau sering meleset. Hal ini terjadi tiba-tiba saja padahal sebelumnya tidak ada masalah apapun, tidak terjatuh atau tertekan oleh benda keras. Apa yang menjadi masalah ini dan bagaimana memperbaikinya tentunya kadang kita bingung, apakah dari hardware atau touchscreen LCD yang rusak ataukah dari software system yang error saja?

Touchscreen Xiaomi tidak berfungsi ada yang mengalami tidak berfungsi sebagian ada yang tidak berfungsi sama sekali. Hal ini  tentunya penanganan atau mengatasinya pun berbeda. Ada yang menyebut masalah ini adalah Ghost touch atau loncat sendiri. Ada juga yang menyebut deadspot. Tetapi pada prinsipnya adalah ternyadi masalah pada layar sentuh baik berfungsi sebagian, tidak berfungsi, maupun bergerak sendiri. Nah untuk mengatasinya. kita bisa mencoba beberapa langkah sesuai dengan masalah yang kita alamai.


Cara Mengatasi Touchscreen Xiaomi Tidak Berfungsi Sebagian Atau Error

redmi note toch setengah tidak fungsi

Sebenarnya ada beberapa penyebab dan masalah yang dialami ketika layar sentuh android error. Bisa hanya karena system yang mengalami beban berlebih akibat kerja ram yang terlalu berat sehingga menyebabkan kinerja dari sensitivitas layar menjadi kacau, bisa juga memang secara hardware dari layar sentuh sudah menurun sehingga kinerja menjadi berbeda. Ada beberapa cara yang bisa kita coba sendiri untuk mengatasi layar sentuh tidak fungsi sebagian, mulai dari yang paling mudah.

Memperbaiki layar sentuh xiaomi tidak fungsi sebagian

Cobalah untuk melakukan kalibrasi layar, seperti yang pernah kita bahas disini Mengatasi layar sentuh Error, pada prinsipnya sama. Setiap tipe ponsel memiliki cara yang berbeda dalam melakukan kalibrasi, tapi pada umumnya seperti ini; Untuk melakukan kalibrasi, caranya:
  • masuk ke menu setelan atau setting atau pengaturan
  • Setelah itu pilih display atau Tampilan
  • Masuk ke menu kalibrasi layar atau Calibration. 
  • Setelah itu akan tampil layar putih kemudian disertai dengan perintah untuk menyentuh layar
  • Lakukan perintah hingga selesai
Jika cara ini berhasil artinya layar sentuh atau touchscreen milik anda masih bagus hanya karena error di kalibrasi awal saja. Tetapi jika poin ini tidak menyelesaikan masalah, maka kita perlu melakukan cara selanjutnya.

Mengatasi Layar Sentuh xiaomi Loncat

Jika mengalami masalah layar sentuh yang loncat atau kadang bergerak sendiri, kemungkinan ada socket yang kendor di bagian fleksibelnya. Untuk mengatasinya buka casing dan penutup menggunakan obeng kecil hingga terlihat LCD dan kabel scoketnya. Lepas kabel fleksinya dan semprot menggunakan contact cleaner kemudian pasang kembali. Pastikan pemasangan sesuai dan tidak ada kaki yang patah. Jika ada kaki yang patah maka inilah penyebab masalahnya dan harus mengganti hardware.

Mengatasi Touchscreen xiaomi tidak berfungsi

Cara kali ini cukup beresiko, untuk itu lakukan dengan hati-hati. Jangan lupa siapkan pemantik korek magnetik atau pemantik korek yang menyulut apa di ujungnya seperti ini :

cara memperbaiki touchscreen dengan korek
Jangan lupa siapkan dahulu aplikasi Touchscreen Tester yang bisa diunduh di playstore.

Langkah-langkah memperbaiki layar sentuh:
  • Buka aplikasi Touchscreen Tester setelah selesai menginstall
  • Selanjutnya akan muncul beberapa kotak-kotak pada layar, jentikkan pemantik pada masing-masing area pada permukaan layar sentuh yang dianggap error dengan ujung pemantik.
  • Jika berhasil maka layar sentuh akan bereaksi atau kotak pada aplikasi akan hilang.
  • Lakukan pada semua titik area dimana layar yang error hingga selesai
  • Kemudian jika sudah selesai, restart smartphone anda.

Sekalipun cara ini berhasil, disarankan untuk mempersiapkan budget penggantian LCD karena pada dasarnya cara ini hanya memperpanjang usia LCD saja dan LCD perlu diganti.

Satu lagi cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan reset factory atau kembali ke pengaturan awal/pabrik untuk mengetahui layar sentuh merupakan kerusakan hardware atau software. Jika setelah dilakukan reset factory masih belum sembuh penyakit error di layar sentuh berarti bsia dipastikan ada kerusakan pada layar sentuhnya.

Jika memang beberapa cara di atas belum mampu menyelesaikan, kemungkinan besar masalahnya ada di hardware. Bila smartphone anda masih garansi, lebih baik segera hubungi customer service atau layanan klaim garansi agar dilakukan penggantian. Biasanya jika masih masa garansi kita akan dibebankan biaya sesuai dengan ketentuan garansi dan biaya jasa gratis. Untuk komponennya, tergantung dari kebijakan garansi sesuai dengan yang tertera di kartu garansi.

Satu pesan yang perlu diperhatikan meskipun sepele. Untuk pengguna HP Xiaomi disarankan selalu menggunakan charger ori atau bawaan dari hp, tidak disarankan menggunakan charger lain, apalagi mengecas di laptop/komputer, mengisi baterai di mobil, dll karena xiaomi sangat rentang terhadap arus yang masuk. Hal ini bisa berpengaruh pada kinerja komponen lain sehingga memicu timbulnya masalah mulai dari baterai hingga LCD atau layar sentuh.

 Untuk melakukan pengecekan layar Xiaomi, anda bisa melihat caranya di Cara Mengecek LCD Layar Sentuh Xiaomi.

Demikian mengatasi touchscreen xiaomi yang tidak berfungsi sebagian mulai dari xiaomi redmi note, xiaomi mi4, atau xiaomi redmi lainnya yang bisa juga digunakan cara ini ketika mengalami permasalahan yang sama pada layar sentuhnya. Salam

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Touchscreen Xiaomi Tidak Berfungsi Sebagian Atau Error"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah