Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Pada Xiaomi

Pernah nggak ngalamin Jaringan Selular tidak Tersedia di HP Xiaomi. Masalah ini sangat berhubungan dengan sinyal. Karena jika sinyal lemah atau bahkan hilang, biasanya memang akan muncul pesan “jaringan seluler tidak tersedia”. Hal ini juga tidak terjadi hanya pada Xiaomi saja melainkan bisa juga terjadi pada semua HP termasuk Samsung, Vivo, Oppo, Meizu, hingga iPhone. Kasusnya kadang jika terhubung Wifi atau hotspot bisa muncul sinyal, tetapi saat muncul sinyal tersebut digunakan untuk cek pulsa atau untuk menelpon akan muncuk jaringan tidak tersedia. Dan jika Wifi mati atau sudah tidak terhubung, sinyal kembali hilang.

Jaringan Tidak Tersedia atau sinyal hilang di Xiaomi dialami oleh beberapa orang yang mengeluh akan hal ini. Sebenarnya ada dua kemungkinan, yaitu kemungkinan kerusakan pda hardware atau chip penangkap sinyalnya, bisa juga pada software atau sistem penangkap sinyalnya. Untuk lebih jelasnya kita sudah merangkup cara mengatasinya dengan beberapa cara.

Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Pada Xiaomi


Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Pada Xiaomi

 Sebelum melangkah ke penyebabnya pada Smartphone atau HP, pastikan bahwa kartu yang anda gunakan saat ini terdapat sinyal atau ada sinyal dari provider dan memang hp yang tidak muncul sinyal, bukan kartunya. Karena bisa saja terjadi :
  • Provider sedang gangguan: Biasanya kalau sedang gangguan, sinyal akan hilang, dan membuat kartu SIM jadi tidak tersedia. Kadang pada kondisi tertentu seperti hujan lebat atau cuaca yang buruk.
  • Sinyal lemah: Karena area anda berada saat ini tidak mendapatkan sinyal yang cukup
Nah, jika sudah dipastikan misalnya dengan melihat hp teman yang menggunakan kartu atau provider yang sama tetapi tidak bermasalah berarti kemungkinan masalahnya ada di HP Xiaomi anda. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sebelum melangkah ke penggantian part atau komponen, antara lain:

Cara mengatasi hp Xiaomi Tidak ada Sinyal/sinyal lemah


1. Update MIUI
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan update atau pembaharuan sistem dari MIUI.Biasanya jika ada update pembaharuan banyak sekali yang mengabaikan sehingga ketika ada sistem bermasalah kita tidak tahu bahwa masalahnya ada pada hal tersebut. Untuk melakukan update :
Masuk ke menu Pengaturan
  • Kemudian scroll ke bawah dan pilih Tentang Ponsel
  • Setelah itu klik Pembaharuan Perangkat lunak
  • Kemudian setelah masuk, pilih Perbaharui Sistem
Untuk melakukan pembaharuan pastikan baterai anda cukup karena file lumayan besar. Juga koneksi Wifi yang bagus. Karena posisi masalahnya ada pada sinyal maka anda harus menggunakan jaringan wifi untuk terkoneksi internet.


2. Jaringan Manual
Coba untuk melakukan pengecekan setingan atau pengaturan jaringan, pastikan pengaturannya otomatis bukan manual. Jika pengaturannya manual, ubah menjadi otomatis agar segera mencari sinyal. Cara menggantinya:
  • Buka menu Setelan
  • Kemudian masuk ke menu Kartu SIM.
  •  Pilih jenis SIM yang dipakai (jika dual sim)
  • Lalu masuk ke pengaturan Operator Jaringan, dan pilih opsi Otomatis

3. Test Jaringan
Setelah sebelumnya memastikan provider tidak bermasalah, kita juga bisa melakukan pancingan jaringan agar bisa mencari secara manual. Caranya :
  • Ketik *#*#4636#*#* pada papan menu telepon
  • Setelah itu, masuk ke menu Informasi Telepon. Kalau Dual SIM ada lebih dari satu, tes saja.
  • Kemudian ubah Jaringan menjadi  3G > 4G. Lakukan bolak-balik untuk memancing penangkapan sinyal

4. Reset Factory
Jika beberapa cara diatas tidak menyelesaikan masalah, sebelum kita mengarah kepada hardware atau komponen, ada baiknya coba lakukan reset pengaturan awal melalui Setelan > Cadangkan dan Setel Ulang > Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.


5. Kerusakan Komponen Hardware
Nah, jika masalahnya ada disini, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Jika anda tidak berpengalaman dalam mengganti komponen ada baiknya coba hubungi service center atau teknisi ponsel terdekat untuk konsultasi. Tetapi ada beberapa yang bisa jadi referensi kerusakannya. Kemungkinan besar IC PA (Integrated Cisrcuit Power Amplifier) atau IC RF (Radio Frekwensi)


Penyebab IC power amplifier HP android rusak itu adalah kebiasaan-kebiasaan buruk dari penggunanya seperti misalnya Handphone sering terjatuh atau terbentur benda keras,Terlalu lama melakukan panggilan telepon, Sering menggunakan smartphone hingga suhunya tinggi atau panas berlebih, terlalu sering gonta ganti kartu SIM Card, dan juga satu lagi, sering charging lama dan tidak dicopot ketika sudah penuh. Untuk melakukan penggantian IC, anda harus memahami skema jalurnya. Jika anda belum berpengalaman disarankan untuk berkonsultasi dengan pakar teknisi smartphone terdekat.
 
Demikian beberapa cara mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Pada Xiaomi yang bisa anda coba sendiri di rumah. Semoga hal ini bisa memberikan referensi yang sesuai dengan kebutuhan masalah anda. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar dan pertanyaan jika ada keluhan terkait artikel ini atau ingin request pembahasan mengenai masalah smartphone lainnya. Salam


Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Pada Xiaomi"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah