Mengatasi iPhone Kecerahan Layar Berubah Sendiri

Jika Anda mengalami masalah dengan iPhone yang mengubah kecerahannya sendiri, Anda tidak sendirian, tetapi apa yang menyebabkan masalahnya? Mengapa iPhone saya mengubah kecerahannya dengan sendirinya? IPhone Anda kemungkinan besar mengubah kecerahannya sendiri karena 'Auto-Brigntess' atau 'Night Shift' diaktifkan. Untuk mencegah iPhone berubah kecerahannya sendiri, nonaktifkan mode 'Kecerahan Otomatis' atau 'Pergeseran Malam' di pengaturan perangkat.

Setelah menelusuri forum pemecahan masalah Apple, saya telah mengumpulkan informasi yang cukup untuk menentukan apa yang menyebabkan iPhone mengubah kecerahannya sendiri. Penelitian saya menunjukkan bahwa Apple melengkapi iPhone dengan sejumlah fitur yang secara otomatis mengubah kecerahan, itulah sebabnya pengguna sering mengalami gejala ini pada perangkatnya.

Ingat, dengan memahami penyebab di balik penyesuaian kecerahan otomatis iPhone dan mengetahui cara mengontrolnya, Anda dapat memperoleh kembali kendali atas tampilan perangkat dan memastikan pengalaman menonton yang lebih konsisten.

 

Mengatasi iPhone Kecerahan Layar Berubah Sendiri

 

Mengatasi iPhone Kecerahan Layar Berubah Sendiri

Poin Penting

  •      IPhone Anda mengubah kecerahannya sendiri karena 'Auto-Brigntess' atau 'Night Shift' diaktifkan.
  •      Untuk mencegah iPhone mengubah kecerahannya sendiri, nonaktifkan mode 'Kecerahan Otomatis' atau 'Pergeseran Malam' di pengaturan perangkat.
  •      Anda dapat mengubah kecerahan iPhone Anda secara manual dengan menyesuaikan penggeser kecerahan di pengaturan atau dari pusat kendali.


Kenapa Kecerahan layar iPhone berubah sendiri

Sebelumnya kita pernah bahas masalah layar iPhone diantaranya:

Kenapa Kecerahan layar iPhone berubah sendiri

IPhone adalah salah satu ponsel pintar paling andal di pasaran, dan setiap model baru memperkenalkan fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Meskipun sebagian besar fitur ini dimaksudkan untuk menyederhanakan penggunaan iPhone, namun sering kali memiliki efek sebaliknya bagi sebagian orang. Salah satu masalah yang dialami banyak pengguna iPhone adalah layar mereka berubah kecerahan secara otomatis, yang sering kali membuat iPhone Anda terasa memiliki kehidupannya sendiri. Meskipun mudah untuk panik dan berasumsi bahwa ada kerusakan serius pada iPhone Anda, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh fitur 'Auto-Brightness' atau "Night Shift’ yang diaktifkan.


Apa itu Auto-Brightness?

Pernahkah Anda merasakan gangguan dari tampilan terang di ruangan gelap? Atau harus memicingkan mata untuk melihat layar di hari yang cerah? Kita semua pernah mengalaminya, itulah sebabnya Apple memperkenalkan kecerahan otomatis ke iPhone. Ini adalah fitur unggulan yang memungkinkan iPhone menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis berdasarkan kondisi pencahayaan fisik di lingkungan tempat Anda berada. Jika iPhone Anda menjadi lebih gelap atau terang dengan sendirinya, kecerahan otomatis biasanya menjadi alasan di baliknya.


Apa itu Mode Night Shift?

Kita memiliki lebih banyak waktu menatap layar dalam rutinitas sehari-hari dibandingkan sebelumnya, yang dapat berdampak buruk pada mata kita. Warna-warna tertentu pada layar iPhone sangat merusak mata, seperti warna biru dingin. Mode Night Shift adalah fitur di iPhone yang pada dasarnya berfungsi sebagai filter cahaya biru, mengubah warna layar menjadi lebih hangat saat matahari terbenam. Fitur ini dapat memengaruhi kecerahan layar iPhone Anda, dan dapat menyebabkan kecerahan layar berubah sepanjang hari.


Cara Memperbaiki iPhone Yang Terus Berubah Kecerahannya Sendiri

Meskipun banyak pengguna menikmati mode kecerahan otomatis dan Night Shift di iPhone mereka, fitur-fitur ini tidak untuk semua orang. Berurusan dengan layar yang terus berubah kecerahannya bisa jadi membosankan dan mengganggu, itulah sebabnya banyak orang lebih memilih untuk menonaktifkan pengaturan ini.


Mematikan Auto-Brightness di iPhone

Saat iPhone mulai mengubah kecerahan layarnya dengan sendirinya, kemungkinan besar fitur kecerahan otomatis adalah penyebabnya. Menonaktifkan fitur ini adalah salah satu hal pertama yang dilakukan banyak pengguna saat membeli iPhone, dan hal tersebut dapat dimaklumi. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mematikan kecerahan otomatis di iPhone:

  •      Buka Pengaturan
  •      Pilih Aksesibilitas
  •      Pilih Tampilan dan Ukuran Teks
  •      Gulir ke bawah dan temukan 'Kecerahan Otomatis'
  •      Alihkan kecerahan otomatis ke posisi Mati


Mengapa Layar iPhone Saya Terus Meredup saat Auto-Brightness Mati?

Layar iPhone Anda mungkin menjadi redup karena sejumlah alasan jika Kecerahan Otomatis mati. Mode Daya Rendah, True Tone atau Night Shift diaktifkan, dan bahkan iPhone Anda menjadi terlalu panas dapat menyebabkan masalah ini. Untungnya, beberapa perbaikan dapat menghentikan peredupan layar Anda. Biasanya layar iPhone meredup terus-menerus, itu karena Kecerahan Otomatis dihidupkan. Ini adalah fitur yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar Anda berdasarkan berbagai kondisi pencahayaan. Layar dimaksudkan menjadi lebih terang saat Anda berada di luar ruangan di bawah terik matahari dan lebih gelap di malam hari.

 

Periksa Kembali Apakah Auto-Brightness Mati

Meskipun Anda merasa Kecerahan Otomatis telah dimatikan, sebaiknya periksa ulang apakah memang demikian. Untuk melakukannya, buka Pengaturan dan Aksesibilitas, lalu pilih Tampilan dan Ukuran Teks. Gulir ke bawah dan lihat apakah itu diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika Kecerahan Otomatis diaktifkan, matikan. Anda harus tahu bahwa menonaktifkan fitur ini dapat memengaruhi masa pakai baterai iPhone Anda tergantung pada seberapa terang Anda mengatur layar Anda. Namun, jika kecerahan disetel sangat rendah, hal ini tidak menjadi masalah.


Mematikan Mode Night Shift di iPhone

Mengapa iPhone Saya Mengubah Kecerahannya Sendiri? Kami telah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa lampu biru pada layar sangat merusak mata, itulah sebabnya Apple menghadirkan mode Night Shift di iPhone. Meskipun mode Night Shift memang memiliki daya tarik, namun juga bisa sangat mengganggu untuk ditangani, terutama jika Anda ingin melihat tampilan iPhone Anda sebagaimana seharusnya.

Jika Anda bosan berurusan dengan iPhone yang mengubah kecerahannya secara otomatis, Anda harus mempertimbangkan untuk mematikan mode Night Shift untuk melihat apakah masalahnya hilang. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mematikan mode Night Shift di iPhone:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Tampilan & Kecerahan
  • Pilih Shift Malam
  • Alihkan Night Shift dari 'Dijadwalkan' ke posisi Mati


Jika Anda memutuskan ingin menggunakan Night Shift sesekali di iPhone, ada cara cepat untuk mengaktifkan kembali mode ini tanpa harus melalui pengaturan perangkat. Cari ikon 'matahari' di iPhone Anda dan ketuk untuk mengaktifkan kembali mode Night Shift.

Alternatifnya, jika Anda ingin mengaktifkan mode Night Shift pada waktu yang berbeda, Anda dapat menyesuaikannya di pengaturan. Cukup ikuti langkah-langkah yang sama yang disebutkan di atas untuk mengakses pengaturan Night Shift iPhone dan membuat jadwal untuk fitur tersebut berdasarkan kapan Anda ingin mode tersebut diaktifkan.

 

Periksa untuk Melihat apakah True Tone Diaktifkan 

True Tone adalah fitur iPhone yang memungkinkan warna layar Anda berubah berdasarkan pencahayaan di lingkungan mana pun Anda berada, baik di dalam maupun di luar ruangan. Terkadang, kondisi pencahayaan tertentu dapat menyebabkan layar iPhone Anda tiba-tiba menjadi lebih redup dari yang Anda inginkan.

Jika tips di atas sejauh ini tidak membantu, Anda dapat memeriksa True Tone dengan membuka Pengaturan, lalu Tampilan dan Kecerahan. Jika True Tone dihidupkan, Anda dapat mengaturnya ke posisi mati untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah peredupan layar Anda. 

 

Matikan Mode Daya Rendah

Jika Anda adalah pengguna berat iPhone, Anda mungkin sudah familiar dengan Mode Daya Rendah. Fitur ini memungkinkan Anda menghemat masa pakai baterai sehingga Anda dapat terus menggunakan iPhone lebih lama jika Anda jauh dari pengisi daya atau saat ini tidak dapat menggunakannya. Ini menyesuaikan dan menonaktifkan fitur tertentu pada perangkat.

Penting untuk diketahui bahwa Mode Daya Rendah juga meredupkan layar iPhone Anda sebagai cara untuk menghemat daya baterai. Jika Anda rutin mengaktifkannya, ada baiknya Anda mematikannya agar layar Anda bisa lebih terang. Buka Pengaturan, Baterai, dan alihkan Mode Daya Rendah ke posisi mati.
 

Periksa untuk Melihat apakah Reduce White Point Aktif

Tujuan dari Reduce White Point adalah untuk mengurangi intensitas kecerahan pada layar iPhone Anda. Namun, hal ini menyebabkan tampilan Anda menjadi lebih redup. Jika saran di atas masih belum membantu dalam mengurangi keredupan di layar iPhone Anda, Anda dapat memeriksa apakah Reduce White Point diaktifkan. Ini adalah fitur yang ditemukan di bawah Pengaturan, Aksesibilitas, dan Tampilan dan Ukuran Teks. Gulir ke bawah ke opsi Reduce White Point .

Jika fitur ini diaktifkan, Anda dapat menonaktifkannya. Atau, jika Anda memilih untuk terus menggunakannya, Anda cukup menyeret penggeser ke kiri untuk menyesuaikannya sehingga layar Anda tidak menjadi terlalu redup saat menyesuaikan warna-warna cerah.


Cara Mengubah Kecerahan iPhone Secara Manual

Cara Mengubah Kecerahan iPhone Secara Manual

Sebagian besar pengguna suka mengontrol iPhone mereka, itulah sebabnya mereka lebih suka mengubah pengaturan seperti kecerahan secara manual. Ini adalah pendekatan yang dilakukan banyak orang, dan menyesuaikan kecerahan secara manual memastikan bahwa Anda tidak harus berurusan dengan layar yang membuat perubahan kecerahan dengan sendirinya. Cobalah salah satu metode berikut untuk mengubah kecerahan iPhone Anda secara manual.
 

Metode 1: Pusat Kontrol 

Jika Anda menggunakan iPhone X atau model yang dirilis setelahnya, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar. Ini akan membuka pengaturan kecerahan cepat iPhone Anda sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan tanpa mengakses pengaturan.

Jika Anda menggunakan iPhone 8 atau versi lebih lama, Anda perlu menggesek layar dari bawah ke atas untuk mengakses pengaturan ini.

 

Metode 2: Pengaturan Perangkat

Alternatifnya, Anda dapat mengubah kecerahan iPhone Anda melalui pengaturan perangkat dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  •      Buka Pengaturan
  •      Pilih Tampilan & Kecerahan
  •      Sesuaikan penggeser kecerahan


Bagaimana Jika Layar iPhone Anda Masih Terlalu Redup?

Jika Anda masih mengalami masalah dengan layar iPhone yang terlalu redup, mungkin ada masalah lain yang menyebabkannya. Ini mungkin masalah perangkat lunak. Periksa Pengaturan, Umum, dan Pembaruan Perangkat Lunak untuk melihat apakah ada versi baru iOS yang siap diunduh dan diinstal.

Terkadang, masalah seperti layar iPhone menjadi terlalu redup mungkin hanya disebabkan oleh perangkat yang memerlukan pembaruan perangkat lunak. Biarkan iPhone melakukan boot ulang setelah selesai dan lihat apakah ini menyelesaikan masalah.

Alasan lain mengapa layar iPhone Anda mungkin terlalu redup adalah masalah perangkat lunak kecil yang tidak memerlukan pembaruan iOS. Anda dapat memulai ulang perangkat yang mendukung Face ID dengan menekan dan menahan tombol samping dan tombol volume secara bersamaan hingga muncul layar untuk mematikannya. Mulai ulang setelahnya untuk melihat apakah layar kembali normal.


Jika iPhone Anda menggunakan Touch ID, Anda dapat memulai ulang dengan menekan dan menahan tombol daya lalu mematikannya saat ikon muncul di layar. Tekan dan tahan tombol untuk memulai ulang untuk melihat apakah ini menyegarkan layar iPhone Anda. 

Jika memulai ulang iPhone secara sederhana tidak berhasil, Anda mungkin ingin mencoba melakukan hard reset. Untuk melakukan ini di iPhone dengan Face ID, tekan dan lepaskan Volume Naik, lalu Volume Turun, lalu tekan dan tahan tombol samping. Anda akan melihat logo Apple muncul untuk menandakan bahwa perangkat sedang melakukan boot ulang.

  • Pada iPhone 8 atau iPhone SE yang bukan versi aslinya, tekan dan lepaskan tombol Volume Naik, lakukan hal yang sama untuk tombol Volume Turun lalu tekan dan tahan tombol samping hingga muncul logo Apple.
  • Untuk iPhone 7, tekan dan tahan tombol Volume Turun dan Tidur/Bangun secara bersamaan hingga logo Apple muncul.


Jika Anda menggunakan iPhone 6s atau iPhone SE generasi pertama, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan tombol Home secara bersamaan hingga logo Apple muncul. 

 Alasan lain mengapa layar iPhone berubah sendiri seperti menjadi terlalu redup saat Anda berada di luar ruangan – atau bahkan di dalam ruangan jika cuaca panas dan Anda tidak memiliki AC – adalah karena suhunya terlalu panas. IPhone akan secara otomatis meredup sebagai cara untuk mencegah terjadinya masalah perangkat keras dalam situasi ini. Jika ini penyebabnya, Anda harus membiarkan iPhone Anda menjadi lebih dingin agar dapat terus berfungsi normal.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi iPhone Kecerahan Layar Berubah Sendiri"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah